Alat Optik
Mata sebagai salah satu alat optik |
Untuk mata berakomodasi
Perbesaran mikroskop :
Arsyad Riyadi Mei 24, 2021 New Google SEO Bandung, Indonesia
Soal Grafik Hubungan Kecepatan Terhadap Waktu
Sebuah benda dilemparkan ke atas dari permukaan bumi, dengan kecepatan awal tertentu. Manakah dari grafik berikut yang tepat menggambarkan kecepatan benda terhadap waktu?
Soal Hubungan Massa, Berat, dan Volume
Sumber : https://icon-icons.com/id/download/59608/PNG/512/ |
B. Beban yang dibawa oleh Ahmad lebih berat dibanding yang dibawa oleh Budi
C. Volume air yang dibawa oleh Ahmad lebih kecil dibanding volume pasir yang dibawa oleh Budi
D. Volume air yang dibawa oleh Ahmad sama dengan volume pasir yang dibawa oleh Budi
Bahan |
Massa Jenis (kg/m3) |
Pasir basah |
1922 |
Pasir basah acked |
2082 |
Pasir dengan Kerikil basah |
2020 |
Pasir dengan kerikil kering |
1650 |
Pasir kering |
1602 |
Pasir kuarsa |
1201 |
Pasir longgar |
1442 |
Pasir menabrak |
1682 |
(Sumber : https://rumushitung.com/2013/05/31/tabel-massa-jenis-dan-berat-jenis/)
Berikut massa jenis berbagai baha bangunan
Bahan |
Massa Jenis (kg/m3) |
Batu alam |
2600 |
Batu belah, batu bulat, batu gunung |
1500 |
Batu karang |
700 |
Batu pecah |
1450 |
Kerikil, Koral, Split (kering/lembab) |
1800 |
Pasir |
1400 |
Sumber : https://www.kitasipil.com/2017/06/daftar-berat-jenis-material-konstruksi.html
Soal dan Pembahasan Konversi Suhu
Sumber : https://mafia.mafiaol.com/2012/08/menetapkan-skala-termometer.html |
Sumber : https://www.pinterpandai.com/rumus-termometer-celcius-fahrenheit-reaumur-kelvin/ |
Perhatikan skala F dan R
SKL UN/S IPA SMP
- Besaran dan Satuan
- Wujud Zat
- Konversi Suhu
- Kalor
- Gerak Lurus dan Hukum Newton
- Usaha dan Energi
- Pesawat Sederhana
- Tekanan
- Getaran dan Gelombang
- Bunyi
- Optik
- Listrik Statis
- Rangkaian Listrik
- Energi dan Daya Listrik
- Cara Membuat Magnet
- Induksi Elektromagnet
- Tata Surya
- Atom. Ion, dan Molekul
- Asam, Basa, dan Garam
- Unsur, Senyawa, dan Campuran
- Sifat Kimia dan Fisika
- Sifat Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari (1) dan Sifat Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari (2)
- Zat Adiktif dan Psikotropika
- Ciri-Ciri Makhluk Hidup
- Klasifikasi Makhluk Hidup
- Ekosistem
- Upaya Mengatasi Pencemaran/Kerusakan Lingkungan
- Kepadatan Populasi Manusia dan Pengelolaan Lingkungan
- Sistem Organ Manusia
- Sistem Pencernaan Manusia
- Sistem Pernapasan Manusia
- Sistem Peredaran Darah Manusia
- Sistem Ekskresi Manusia (1) dan Sistem Ekskresi Manusia (2)
- Sistem Reproduksi Manusia (1) dan Sistem Reproduksi Manusia (2)
- Sistem Saraf Pada Manusia (1) dan Sistem Saraf Pada Manusia (2)
- Sistem Indra Pada Manusia (1) dan Sistem Indra Pada Manusia (2)
- Gerak Pada Tumbuhan
- Fotosintesis
- Adaptasi Makhluk Hidup dan Seleksi Alam
- Hukum Mendel
- Bioteknologi
Contoh Ujian IPA Praktik Fisika 2021
Sebelumnya, saya akan mengingat-ingat Ujian Praktik yang pernah dilaksanakan dulu, khususnya di SMP Negeri 2 Pengadegan.
1. Menentukan percepatan gravitasi menggunakan ayunan matematis (pendulum)
Tali bandul bisa juga diganti dengan pegas, dengan memvariasi massa bendanya diberikan pertanyaan bagaimana pengaruhnya terhadap frekuensi dan periodenya.
Peta konsep Partikel Materi
Peta Konsep Partikel Materi |
Referensi :
https://www.toppr.com/ask/content/story/amp/thomsons-model-of-atom-55210/
https://www.seekpng.com/png/detail/347-3475492_daltons-model-of-the-atom-dalton-atomic-model.png
https://www.britannica.com/science/Bohr-model
https://www.britannica.com/science/Rutherford-model
http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/Nuclear/nucnot.html
https://arsyadriyadi.blogspot.com/2015/01/skl-un-ipa-18-atom-ion-dan-molekul.html
AKM Numerasi Level Pembelajaran 4 (Kelas 8)
AKM numerasi pada jenjang SMP/MTS terdiri dari 1 level pembelajaran yaitu kelas 8. AKM numerasi ini terdiri dari level pembelajaran 1 (kelas 2), level 2 (kelas 4), level 3 (kelas 6), level 4 (kelas 8), dan level 5 (kelas 8).
Hal ini berbeda dengan AKM literasi membaca (teks fiksi dan informasi) yang terdiri dari level pembelajaran 1 (kelas 1 dan 2), level 2 (kelas 3 dan 4), level 3 (kelas 5 dan 6), leve; 4 (kelas 7 dan 8), level 5 (kelas 9 dan 10), serta level 6 (kelas 11 dan 12). Jadi dalam literasi membaca untuk SMP terdiri dari 2 level pembelajaran yaitu level 4 (kelas 7 dan 8) serta level 5 (kelas 9).
Siswa dalam level SMP/Mts mempelajari 4 konten pembelajaran, yaitu bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar serta data dan ketidakpastian.
4 Konten AKM Numerasi SMP |
Level Pembelajaran 4 ( Kelas 8 )
A. Bilangan
1. Representasi
Memahami bilangan cacah (maks. enam angka).
Domain bilangan ini meliputi subdomain representasi, urutan, dan operasi. Representas dalam bentuk bilangan cacah dan pecahan. Levelnya juga akan ditingkatkan sampai bilangan bulat (khususnya negatif), bilangan desimal dan persen. Dalam level ini selain peserta didik mengurutkan juga menghitung hasil operasi dari bilangan pecahan atau desimal termasuk pangkat dua (kuadrat) atau pangkat tiga (kubik) dari suatu bilangan dengan 1 angka di belakang koma.
B. Geometri dan Pengukuran
1. Bangun Geometri
• Memahami sifat-sifat bangun datar dan hubungan antara bangun datar serta serta dapat menggunakan Teorema Pythagoras
• Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan(balok, kubus, prisma segitiga, tabung, dan bentuk kompositnya).
Pada level ini, peserta didik harus mengenal berbagai jenis bangun datar hingga menghitung luas permukaan dan volume benda dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk juga menilai pemahaman mengenai pengukuran panjang, berat, waktu, dan volume dan debit, serta satuan luas menggunakan satuan baku.
C. Aljabar
1. Persamaan dan Pertaksamaan
• Menyelesaikan pertaksamaan linier 1 variabel atau sistem persamaan linear 2 variabel.
2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)
• Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi obyek
• Memahami fungsi linier dan grafiknya, serta sifat-sifatnya.
3. Rasio dan Proporsi
• Memecahkan masalah aritmetika sosial yang terkait dengan rasio/persentase.
Pada subdomain persamaan dan pertidaksamaan, peserta didik akan diuji pemahamannya dalam menyelesaikan persamaan sederhana. Penggunaan sistem persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta sistem persamaan linier 2 atau 3 variabel diujikan untuk kelas 10.
Pada subdomain relasi dan pola, peserta didik akan diuji mengenai pengenalan pola gambar dan objek serta pola bilangan. Untuk level yang lebih tinggi akan sampai pada penyelesaian masalah menggunakan konsep fungsi.
Pada subdomain rasio dan proporsi, peserta didik akan dinilai pemahamannya mengenai bagaimana menyelesaikan permasalahan sehari-hari termasuk aritmetika sosial.
D. Data dan Ketidakpastian
1. Data dan Representasinya
• Menentukan dan menggunakan mean, median, dan modus.
2. Ketidakpastian dan Peluang
• Menghitung peluang kejadian sederhana.
Pemahaman mengenai data dan representasinya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Data yang dimaksud meliputi data penggunaan internet, data perdagangan, data kerusakan hutan, data kenakalan remaja, data penggunaan media sosial serta berbagai data lainnya. Demikian juga mengenai ketidakpastian dan peluang dapat ditemukan, misalnya untuk memprediksi suatu fenomena alam, ramalan cuaca, kecenderungan pasar, dan sebagainya.
Untuk itu siswa atau peserta didik harus mengenai berbagai cara merepresentasikan data baik dalam bentuk diagram, data dalam tabel, maupun grafik. Materi ketidakpastian suatu kejadian dapat berupa menggunakan ukuran memusat (kelas 8), penyebaran (kelas 10), serta rata-rata dan variasi suatu data.
Yang perlu ditegaskan di sini, meskipun AKM numerasi berkaitan erat dengan matematika tetapi peserta didik atau siswa tidak boleh terjebak pada konten. Berbagai materi yang disebutkan di atas sebagai pijakan atau dasar agar peserta didik atau siswa dapat menerapkan konsep matematika untuk mempermudah dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari.
AKM literasi bukan permasalahan konten, tetapi bagaimana menggunakan kemampuan numerasi untuk menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan.
Soal dan Pembahasan AKM : Memahami Fungsi Linier dan Grafiknya
Pada grafik di atas, titik awalnya diawali dengan angka 40 pada sumbu y-nya, sedangkan sumbu x-nya dimulai dari angka nol. Sehingga dapat dibaca kapasitas baterai mula-mula 40% atau 0,4. Jadi, hati-hati grafik tidak selalu diawali dengan titik (0,0) atau dalam bahasa matematika-nya y = mx + c, c nya tidak bernilai nol (tetapi bernilai 40 pada grafik tersebut).
Soal 2
Perhatikan grafik kapasitas baterai (persen) vs waktu (menit) dari pengisian ponsel milik Toni .
Toni mengecas ponselnya sebanyak 2 kali setiap hari hingga penuh. Toni biasa mengecas jika baterai ponselnya tinggal 10 persen. Berapa watt yang diperlukan oleh Toni dalam 1 bulan (30 hari) jika setiap 1 jam pengecasan memerlukan daya sebesar 2 Watt?
Pembahasan.
Dari grafik terlihat bahwa setiap 1 menit baterai ponsel akan bertambah sebanyak sebanyak 30 menit/ (100-40) persen = 30 menit/60 persen = 0,5 menit/1 persen atau setiap menit akan naik sebanyak 2 persen.
Baterai ponsel 10 persen sehingga butuh (100 – 10) persen = 90 persen untuk penuh.
Waktu yang dibutuhkan = 90 persen x 0,5 menit/persen = 45 menit
Dalam 1 hari membutuhkan waktu 2 x 45 menit = 90 menit
1 bulan membutuhkan waktu = 30 x 90 menit = 2700 menit = (2700/60) jam = 45 jam
Sehingga setiap bulan akan memerlukan daya sebanyak 45 x 2 = 90 watt.