Home » , » Percobaan Fisika : Pompa Air

Percobaan Fisika : Pompa Air

Percobaan Pompa Air

Percobaan pompa air ini merupakan salah satu materi dalam  ujian praktikum fisika di sekolah yang saya ampu. Percobaan ini didasarkan pada panduan contoh percobaan mengenai hidrostatistika dan panas seperti yang diterbitkan oleh Wardhana.
Tujuan Percobaan : Menyelidiki cara kerja pompa air
Alat dan Bahan
No Nama Alat Jml No Nama Alat Jml
1. Dasar statif 2 9. Sumbat karet kecil 1 lubang 1
2. Batang statif pendek 1 10 Sumbat karet kecil tanpa lubang 1
3. Batang statif panjang 2 11. Gelas 3 arah 2
4. Klem universal 2 12. Bola gelas 2
5. Klem bosshead 2 13. Siring 50 ml 1
6. Selang plastik 2 14. Bak plastik 1
7. Selang silikon 1 15. Labu erlenmeyer 1
8. Gelas beaker 1 16. Air bersih (disiapkan) Cukup
Langkah Percobaan
1. Siapkan alat dan bahan
2. Rangkaian dasar statif, batang statif pendek dan panjang, klem bosshead dan universal serta siring 50 mL sesuai gambar 1.
image
3. Jepitkan gelas tiga arah pada klem universal dan hubungkan rapat-rapat sumbat karet 1 lubang pada ujung siring sehingga terbentuk seperti gambar 2.
image
4. Letakkan bak plastik dalam keadaan terbalik (tengkurap). Letakkan gelas beaker di samping bak plastik dan labu erlenmeyer di atas bak plastik. Tuangkan air ±200 mL ke dalam beaker dan atur (bila perlu geser klem bosshead ke atas/bawah) agar posisi ujung kedua selang plastik menjadi sesuai gambar 3.
image
5. Tarik penghisap siring arah ke atas dan tekan kembali arah ke bawah. Lakukan sebanyak 3 atau 4 sambil mengamati keadaan kelereng [1] dan [2] serta arah aliran air dalam selang [a] dan [b]. Catat hasil pengamatan ke dalam tabel.
6. Tarik penghisap arah ke atas dan amati arah gerak air di sepanjang selang [a]. Amati keadaan kelereng [1] dan [2].
7. Tekan pengisap arah ke bawah dan amati arah gerak air di sepanjang selang [a] dan selang [b]. Amati pula keadaan kelereng [1] dan [2].
Tabel Hasil Pengamatan
Penghisap siring Bola kelereng [1] Bola kelereng [2] Air dalam pipa [a] Air dalam pipa [b]
Diam
Ke atas (ditarik)
Ke bawah (ditekan)

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

1 Post a Comment:

  1. Manfaat website pompa air dapat memberikan informasi tentang konsumsi energi perangkat. Dengan data ini, pengguna dapat mengevaluasi efisiensi pompa air mereka dan mengambil tindakan untuk mengoptimalkan pemakaian energi.

    Dengan menyediakan aksesibilitas informasi, pemasaran efektif, peningkatan citra perusahaan, interaksi dengan konsumen, edukasi, serta kemampuan monitoring dan analisis, fungsi website pompa air menjadi investasi yang memberikan hasil jangka panjang.

    Memanfaatkan kelebihan website pompa air, bisnis dapat meningkatkan daya saing mereka, meraih pelanggan baru, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

    BalasHapus

Channel Youtube

Postingan Acak

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Pengikut