Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
-
Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
[image: Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional]
Emotional Intelligence - Daniel GolemanBuku ...
Ringkasan Materi : Alat Optik
Ada yang tahu gambar di samping?
Kornea berfungsi sebagai pelindung bagian mata yang ada di dalamnya. Kornea juga berfungsi sebagai penerima rangsang cahaya serta meneruskannya ke bagian mata yang lebih dalam.
Kekuatan lensa pada penderita hipermetropi bisa menggunakan rumus :
Dia adalah Cameron Diaz, artis Hollywood, yang sangat cantik berkat matanya yang indah.
Di usianya yang mendekati 50 tahun, kecantikan yang dimilikinya seakan tidak pernah pudar dengan kedua mata birunya yang indah.
Mata sebagai salah satu alat optik merupakan anugerah yang patut disyukuri agar selalu dijaga kesehatannya.
Sebelum belajar lebih lanjut tentang alat optik ini, perhatikan dulu peta konsep berikut.
A. Mata
Mata memiliki cara kerja seperti kamera. Mata terdiri atas kornea, pupil, iris, lensa, aquaous humour, vitreous humour, retina, dan otot siliar. Kamera terdiri memiliki lensa positif, diafragma, dan film.
Kornea berfungsi sebagai pelindung bagian mata yang ada di dalamnya. Kornea juga berfungsi sebagai penerima rangsang cahaya serta meneruskannya ke bagian mata yang lebih dalam.
Pupil (anak mata) merupakan tempat lewatnya cahaya yang menuju ke retina.
Iris berfungsi untuk mengatur lebar pupil sehingga banyaknya cahaya yang masuk ke mata dapat diatur. Iris ini yang menentukan warna mata seseorang.
Lensa mata berfungsi untuk memfokuskan cahaya atau bayangan mata agar tepat jatuh di retina. Kemampuan lensa mata untuk menjadi lebih cembung atau pipih disebut daya akomodasi.
Jarak pandang mata terletak pada 2 titik yaitu titik dekat (punctum proximum=pp) dan titik jauh (punctum remotum). Titik dekat merupakan titik terdekat yang masih dilihat dengan jelas oleh mata yang berakomodasi maksimum. Untuk orang normal antara 25 - 30 cm. Titik jauh adalah titik terjauh yang masih dapat dilihat dengan jelas oleh mata yang tak berakomodasi. Titik jauh mata normal terletak pada jarak yang tak terhingga (∼).
Gangguan Penglihatan
Jarak pandang mata normal (emetropi) : titik dekat = 25 - 30 cm dan titik jauh = ∼.
Rabun jauh (miopi) : titik dekat < 25 - 30 cm dan titik jauh < ∼.
Rabun dekat (hipermetropi) : titik dekat > 25 - 30 cm dan titik jauh = ∼.
Mata tua (presbiopi) : melihat benda yang jauh tidak jelas dan juga tidak dapat melihat dengan baik pada jarak baca normal.
Astigmatisma disebabkan karena kornea mata tidak sferik. Penderita ini akan jelas melihat garis-garis vertikal dan kabur ketika melihat garis-garis horizontal.
Kekuatan lensa pada penderita miopi dapat ditentukan dengan menggunakan rumus :
Jarak pandang mata terletak pada 2 titik yaitu titik dekat (punctum proximum=pp) dan titik jauh (punctum remotum). Titik dekat merupakan titik terdekat yang masih dilihat dengan jelas oleh mata yang berakomodasi maksimum. Untuk orang normal antara 25 - 30 cm. Titik jauh adalah titik terjauh yang masih dapat dilihat dengan jelas oleh mata yang tak berakomodasi. Titik jauh mata normal terletak pada jarak yang tak terhingga (∼).
Gangguan Penglihatan
Jarak pandang mata normal (emetropi) : titik dekat = 25 - 30 cm dan titik jauh = ∼.
Rabun jauh (miopi) : titik dekat < 25 - 30 cm dan titik jauh < ∼.
Rabun dekat (hipermetropi) : titik dekat > 25 - 30 cm dan titik jauh = ∼.
Mata tua (presbiopi) : melihat benda yang jauh tidak jelas dan juga tidak dapat melihat dengan baik pada jarak baca normal.
Astigmatisma disebabkan karena kornea mata tidak sferik. Penderita ini akan jelas melihat garis-garis vertikal dan kabur ketika melihat garis-garis horizontal.
Kekuatan lensa pada penderita miopi dapat ditentukan dengan menggunakan rumus :
s = 25 - 30 cm
Jika s = 25 cm berlaku :
B. Lup
Lup terdiri dari sebuah lensa cembung yang berfungsi untuk mengamati benda-benda kecil agar tampak besar dan jelas.
Sifat bayangan yang terbentuk pada lup sama dengan pembentukan bayangan pada lensa cembung jika benda terletak < f. yaitu maya, tegak, dan diperbesar.
Mata berakomodasi maksimum berlaku :
Mata tak berakomodasi berlaku :
C. Mikroskup
Mikroskop berfungsi untuk mengamati benda yang sangat kecil, seperti rambut, sel, bakteri sehingga tampak jelas. Mikroskop terdiri dari 2 lensa cembung, yaitu lensa obyektif dan lensa okuler.
Benda yang diamati terletak di antara F dan 2F dari lensa obyektif sehingga diperoleh bayangan yang bersifat nyata, diperbesar, dan terbalik. Bayangan ini akan menjadi benda bagi lensa okuler. Bayangan akhir yang dihasilkan adalah maya, diperbesar, dan terbalik dari pertama.
Mata berakomadasi :
; L = panjang mikroskop
Mata tak berakomodasi :
; L = panjang mikroskop
Dalam perkembangannya, dikenal 2 jenis mikroskop yaitu mikroskop optik dan bukan optik. Mikroskop optik menggunakan cahaya biasa untuk proses perbesaran bayangannya. Misalnya mikroskop majemuk, mikroskop binokuler, mikroskop binokuler stereoskopi yang menghasilkan gambar 3 dimensi, serta mikroskop ultraviolet.
Mikroskop bukan optik menggunakan bantuan radiasi panjang gelombang pendek untuk memperbesar bayangan bendanya. Misalnya mikroskop sinar-X, mikroskop ion, dan mikroskop elektron.
D. Teropong/Teleskop
1. Teropong/teleskop bintang
Teropong/Teleskop bintang digunakan untuk meliat benda-benda langit. Teropong ini terdiri dari 2 buah lensa cembung, yaitu lensa obyektif dan lensa okuler.
Mata berakomodasi
Perbesaran bayangan
Panjang teropong :
Mata tak berakomodasi
Perbesaran bayangan :
Panjang teropong :
2. Teropong bumi
Teropong bumi terdiri atas tiga lensa cembung yaitu lensa obyektif, lensa pembalik, dan lensa okuler.
Bayangan akhirnya bersifat maya, tegak, diperbesar.
Perbesaran anguler teropong :
Panjang teropong :
Teropong bumi ada beberapa macam, misalnya teropong sandiwara, teropong prisma dan periskop.
Pada teropong sandiwara berlaku panjang teropong sebagai berikut
d = fob - fok
Perbesaran bayangan :
3. Teropong Panggung/Galileo
Teropong panggung terdiri dari susunan lensa cembung-cekung. Lensa cembung sebagai lensa obyektif dan lensa cekung sebagai lensa okuler. Lensa cekung ini berfungsi sebagai lensa pembalik.
Agar mata tidak cepat lelah, maka benda maya terletak tepat di fokus okuler, sehingga perbesaran bayangannya adalah
Panjang teropong panggung :
L = fob + fok
Sumber gambar : http://www.tahupedia.com/content/show/1304/10-Selebriti-Hollywood-Dengan-Mata-Terindah
Bacaan lebih lanjut :
PR Fisika Kelas 2 SMU Tengah Tahun Kedua Intan Pariwara Arsyad Riyadi April 05, 2020 New Google SEO Bandung, Indonesia
Ringkasan Materi Optik
Sebelum belajar mengenai optika atau materi cahaya, perhatikan peta konsep di atas. Ringkasnya materi optik ini diawali dengan sifat-sifat cahaya. Ada 2 sifat cahaya yang dibahas yaitu pemantulan/refleksi dan pembiasan/refraksi.
A. Sifat-Sifat Cahaya
Cahaya memiliki sifat sebagai berikut :
- merambat lurus
- dapat dipantulkan
- dapat dibiaskan
- dapat digabungkan
- merambat dalam ruang hampa karena sebagai gelombang elektromagnetik
- memiliki kecepatan rambat sebesar 3.108 m/s
Benda-benda di sekitar kita dibedakan menjadi sumber cahaya dan benda gelap. Sumber cahaya adalah benda yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Sedangkan benda gelap adalah benda yang tidak dapat menghasilkan cahayanya sendiri. Contoh sumber cahaya adalah matahari, lampu, dan api.
Benda gelap dibedakan menjadi 3, yaitu benda tembus cahaya, benda tidak tembus cahaya, dan benda bening.
Benda tembus cahaya adalah benda yang dapat meneruskan sebagian cahaya.
Benda tidak tembus cahaya adalah benda yang tidak dapat meneruskan cahaya.
Benda bening adalah benda yang dapat meneruskan hampir seluruh cahaya yang mengenainya.
B. Pemantulan Cahaya (Refleksi)
Hukum Snellius tentang pemantulan :
1. Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar
2. Sudut datang = sudut pantul
Ada 2 jenis pemantulan, yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur.
1. Pemantulan teratur terjadi pada permukaan yang rata. Pantulan ini membuat mata silau. Misalnya pemantulan yang dihasilkan cermin datar.
2. Pemantulan baur terjadi pada permukaan yang tidak rata. Pemantulan pada bagian depan rumah/kelas menyebabkan bagian dalam rumah/kelas tampak terang meski tidak terkena cahaya secara langsung
Pemantulan Pada Cermin
1. Pemantulan pada cermin datar
Bayangan yang dibentuk pada cermin datar memiliki sifat sebagai berikut :
- tegak
- maya atau semu
Disebut maya karena bayangan berada di belakang cermin. Bayangan ini terjadi karena perpanjangan sinar-sinar pantul
- jarak bayangan = jarak benda
- tinggi bayangan = tinggi benda
- Kanan-kiri bayangan berlawanan dengan benda aslinya
2. Pemantulan pada cermin cekung
Pada cermin cekung berlaku sinar istimewa sebagai berikut :
- sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus
- sinar datang yang melalui fokus dipantulkan sejajar sumbu utama
- sinar datang yang melalui titik pusat kelengkungan akan dipantulkan kembali ke titik pusat kelengkungan itu
3. Pemantulan pada cermin cembung
Pada cermin cembung berlaku sinar istimewa sebagai berikut :
- sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan seolah-olah dari titik fokus
- sinar datang yang melalui fokus dipantulkan sejajar sumbu utama
- sinar datang yang melalui titik pusat kelengkungan akan dipantulkan seolah-olah dari titik pusat kelengkungan itu
Dengan menggunakan 2 sifat sinar istimewa kita bisa menggambarkan pembentukan bayangan benda pada berbagai posisi.
C. Pembiasan Cahaya (Refraksi)
Hukum pembiasan Snellius
- sinar datang, sinar bias, dan garis normal terletak pada satu bidang datar
- sinar datang dari medium kurang rapat ke medium lebih rapat akan dibiaskan mendekati garis normal. Sebaliknya, jika sinar merambat dari medium rapat ke medium kurang rapat akan dibiaskan menjauhi garis normal
- Perbandingan antara proyeksi sinar datang dan proyeksi sinar bias selalu tetap. Tetapan ini disebut dengan indeks bias.
Indeks bias suatu medium
Indeks bias suatu medium dapat ditentukan dengan cara membandingkan cepat rambat cahaya di udara dengan cepat rambat cahaya di medium.
Pembiasaan pada Prisma
Prisma merupakan benda bening yang dibatasi dua buat segitiga dan tiga segiempat yang sebangun. Pembiasan pada prisma ini didasarkan pada hukum Snellius tentang pembiasan.
Pada pembiasan pada prisma ini dikenal adanya sudut deviasi yaitu sudut yang dibentuk oleh perpanjangan sinar datang dan sinar bias yang keluar dari prisma.
Pembiasan Pada Lensa Lengkung
1. Pembiasan pada lensa cembung
Sinar istimewa pada lensa cembung
- Sinar datang sejajar sumbu utama dibiaskan melalui titik fokus
- Sinar datang melalui titik fokus dibiaskan sejajar sumbu utama
- Sinar datang melalui titik pusat optik akan diteruskan
2. Pembiasan pada lensa cembung
Sinar istimewa pada lensa cembung
- Sinar datang sejajar sumbu utama dibiaskan seolah-olah dari titik fokus
- Sinar datang seolah-olah menuju titik fokus dibiaskan sejajar sumbu utama
- Sinar datang melalui titik pusat optik akan diteruskan
Sifat sinar istimewa pada lensa dan cermin untuk mudahnya dianggap berlawanan. Cermin cekung identik dengan lensa cembung. Cermin cembung identik dengan lensa cekung.
Demikian juga dengan pembentukan bayangannya.
Pada cermin cekung dan lensa cembung didapatkan berbagai jenis dan ukuran bayangan tergantung pada penempatan bendanya.
Pada cermin cembung dan lensa cekung selalu sama yaitu maya, tegak, diperkecil.
Untuk informasi yang lain bisa melihat postingan berikut.
https://arsyadriyadi.blogspot.com/2015/01/ringkasan-materi-fisika-optik.html
Untuk alat optik :
Alat Optik : Mata
Arsyad Riyadi Maret 22, 2020 New Google SEO Bandung, Indonesia
Soal dan Pembahasan UN IPA Fisika SMP Tahun 2018/2019 (Bagian 1)
Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahsan soal UN IPA Fisika SMP tahun 2018/2019 yang bisa dijadikan bahan belajar dalam rangka sukses UNBK 2019/2020. Pada bagian 1, telah dibahas soal no 1 - 10, dan untuk postingan kali ini akan dibahas soal no 11 - 23. Lanjut ya..
Grafik kecepatan terhadap waktu (v – t) yang menggambarkan gerak mainan tersebut adalah….
Jawaban : A
Pembahasan :
P ke Q : mobil bergerak turun merupakan GLBB dipercepat (kecepatan bertambah)
Q ke R : mobil bergerak mendatar dengan anggapan permukaannya halus merupakan GLB (kecepatan tetap)
R ke S : mobil menempuh lintasan naik merupakan GLBB diperlambat (kecepatan berkurang)
12. Empat benda memiliki massa yang sama dikenai tiga gaya seperti ditunjukkan pada gambar berikut :
Berdasarkan data pada gambar, benda yang mengalami percepatan terbesar dan terkecil berturut-turut adalah….
(1) dan (2)
(1) dan (3)
(2) dan (3)
(2) dan (4)
Jawaban : D
Pembahasan :
ΣF = F1 + F2 + F3 + ….
(1) ΣF = 18 + 12 – 15 = 15 N
(2) ΣF = 15 + 12 + 9 = 36 N ==> terbesar
(3) ΣF = 12 – 18 – 15 = - 21 N (tanda negatif hanya menunjukkan arah)
(4) ΣF = 15 – 18 – 9 = -12 N (tanda negatif hanya menunjukkan arah) ==> terkecil
Percepatan terbesar jika resultan gayanya terbesar dan percepatan terkecil jika resultan gayanya terkecil.
13. Perhatikan gambar berikut!
Dua orang yang masing-masing memiliki gaya dorong 200 N dan 100 N mengalami kesulitan mendorong mobil yang mogok. Untuk membantu dua orang tersebut, ada lima orang dengan gaya dorong masing-masing seperti dalam tabel berikut.
Jika terdapat gaya gesekan pada mobil sebesar 320 N, maka orang-orang yang paling tepat untuk membantu mendorong mobil agar dihasilkan usaha sebesar 7.000 J saat mobil tersebut berpindah sejauh 10 m adalah ….
A. Asep, Andi, dan Burhan
B. Andi, Burhan, dan Soleh
C. Burhan, Soleh, dan Yanto
D. Soleh, Yanto, dan Asep
Jawaban : D
Pembahasan :
F1 = 200 N
F2 = 100 N
W = 7.000 N
s = 10 m
Fg = 320 N
Ditanya : Kombinasi gaya-gaya yang tepat?
Jawab :
W = ΣF.s
7.000 = ΣF. 10
ΣF = 7.000/10 = 700 N
ΣF = F1 + F2 + F3 + F4 + F5 - Fg
700 = 200 + 100 + ΣF345 - 320
700 = - 20 + ΣF345
ΣF345 = 720 N
A. Asep, Andi, Burhan ==> ΣF = 200 + 200 + 150 = 550 N
B. Andi, Burhan, Soleh ==> ΣF = 200 + 150 + 270 = 620 N
C. Burhan, Soleh, Yanto ==> ΣF = 150 + 270 + 250 = 670 N
D. Soleh, Yanto, Asep ==> ΣF = 270 + 250 + 200 = 720 N
14. Batang besi sepanjang 100 cm digantung dengan tali di bagian tengahnya sebagai kuas seperti gambar.
Tuas menjadi seimbang dengan cara menggeser beban ….
A. P = 20 cm menjauhi K dan Q = 10 cm mendekati L
B. P = 15 cm menjauhi K dan Q = 25 cm mendekati L
C. P = 25 cm menjauhi K dan Q = 25 cm mendekati L
D. P = 5 cm menjauhi K dan Q = 20 cm mendekati L
Jawaban : C
Pembahasan :
L = 100 cm = 1 m (tali di tengah-tengah = 0,5 m)
WP = m.g = 6.10 = 60 N
WQ = m.g = 2.10 = 20 N
Kondisi A
P. Lk = Q.Lq
60. (0,4-0,2) = 20. (0,2 + 0,1)
60.0,2 = 20.0,3
12 = 6 (tidak seimbang)
Kondisi B
P. Lk = Q.Lq
60. (0,4-0,15) = 20. (0,2 + 0,25)
60.0,25 = 20.0,45
15 =9 (tidak seimbang)
Kondisi C
P. Lk = Q.Lq
60. (0,4-0,25) = 20. (0,2 + 0,25)
60.0,15 = 20.0,45
9 = 9 (seimbang)
Kondisi D
P. Lk = Q.Lq
60. (0,4-0,05) = 20. (0,2 + 0,2)
60.0,32 = 20.0,4
21 = 8 (tidak seimbang)
15. Pasangan planet dan ciri-cirinya yang benar adalah ….
Jawaban : A
A. Uranus : Orbitnya berada antara Saturnus dan Neptunus (benar)
Jupiter : Memiliki diameter paling besar dalam tata surya (benar)
B. Bumi : Memiliki satu satelit bernama bulan (salah)
Bumi juga memiliki satelit buatan
Mars : Temperatur permukaannya tinggi karena efek rumah kaca (salah)
Suhu di Mars lebih dingin dari permukaan bumi. Yang memiliki suhu panas karena efek rumah kaca adalah Venus.
C. Venus : Terletak di antara Bumi dan Jupiter, massa jenisnya hampir sama dengan bumi (salah)
Venus terletak di antara Merkurius dan Bumi.
Merkurius : Planet terdekat dengan matahari (benar)
D. Neptunus : Planet terjauh dari matahari (benar)
Saturnus : Atmosfernya sebagian besar tersusun dari gas oksigen (salah)
Atmosfer Saturnus dipenuhi dengan gas amoniak dan metana.
16. Gambar berikut menunjukkan perbedaan bagian bumi yang terkena cahaya matahari pada periode-periode tertentu.
Pada saat bumi berada pada posisi 2, pernyataan yang tepat di belahan bumi utara dan selatan adalah ….
A. Belahan bumi selatan sedang mengalami musim dingin sementara belahan bumi utara mengalami musim panas
B. Belahan bumi utara mengalami malam lebih panjang dari pada siangnya dan belahan bumi selatan waktu malam sama dengan waktu siang
C. Belahan bumi utara dan selatan mengalami siang dan malam yang sama lamanya
D. Belahan bumi selatan mengalami waktu siang lebih lama dibandingkan dengan malamnya dan belahan bumi utara waktu malam lebih lama dibanding siangnya
Jawab : D
Pembahasan :
Kutub selatan menghadap matahari. Lingkaran batas bayangannya 23,50 jauhnya dari kutub selatan. Di kutub utara sekarang malam terus sedangkan di kutub selatan siang terus sepanjang hari.
Di belahan bumi utara saat ini adalah musim dingin, sedangkan di belahan bumi selatan terjadi musim panas.
17. Sebuah kapal terombang-ambing di tengah lautan seperti pada gambar berikut.
Cepat rambat gelombang laut saat itu 2 m/s. Frekuensi gelombang tersebut adalah ….
A. 0,2 Hz
B. 0,4 Hz
C. 5 Hz
D. 20 Hz
Jawab : D
Penyelesaian :
l = 40 cm
n = 4
λ = l/n = 40 cm/4 = 10 cm = 0,1 m
V = 2 m/s
V = λ.f
2 = 0,1.f
F= 2/0,1 = 20 Hz
18. Dua cermin datar disusun membentuk sudut seperti gambar. Benda yang diletakkan di antara kedua cermin, menghasilkan bayangan seperti gambar.
Jika sudut cermin tersebut diperkecil menjadi 2/3 kali sudut semula, jumlah bayangan yang terbentuk menjadi….
A. 5 buah
B. 6 buah
C. 7 buah
D. 9 buah
Jawab : A
Penyelesaian
α = 2/3.90 = 600
n = 360/α – 1 = 360/60 – 1 = 6 – 1 = 5
19. Ahmad dan Budi menderita cacat mata hipermetropi dan menggunakan kaca mata dengan ukuran masing-masing +2,5 D dan 1 D. Perbandingan jarak baca mata Ahmad dan Budi jika mereka tidak menggunakan kacamata adalah ….
A. 1 : 2
B. 2 : 1
C. 2 : 5
D. 5 : 2
Jawab : B
Penyelesaian :
Anggap jarak baca normal = 25 cm
20. Seorang siswa melakukan percobaan untuk membuktikan adanya listrik statis pada sisir plastik dan batang kaca. Sisir plastik digosokkan ke rambut, dan batang kaca digosokkan ke kain sutera. Proses pemuatan listrik yang terjadi adalah ….
Jawab : C
Pembahasan :
Ketika sisir plastik digosokkan ke rambut maka elektron dari rambut mengalir ke plastik. Rambut bermuatan positif (melepaskan elektron) dan plastik bermuatan negatif (bermuatan negatif).
Ketika batang kaca digosokkan ke kain sutra maka elektron dari batang kaca mengalir ke sutra. Batang kaca bermuatan positif (melepaskan elektron) dan batang kaca bermuatan negatif (bermuatan negatif).
21. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!
Kuat arus listrik yang mengalir pada rangkaian adalah ….
A. 6 A
B. 4 A
C. 3 A
D. 2 A
Jawab : 6 A
Penyelesaian
RS1 = 8 + 4 = 12 ohm
RP = 12/12 = 6 ohm
I = V/R = 36/6 = 6 A
22. Perhatikan gambar alat listrik berikut!
Pada alat listrik ini tertulis 50 Hz-240 V, 90 W. Jika pada saat digunakan terjadi penurunan tegangan listrik menjadi 200 V, maka daya listrik yang digunakan alat tersebut adalah ….
A. 62,5 W
B. 75 W
C. 90 W
D. 108 W
Jawab : A
Pembahasan :
23. Perhatikan skema trafo di bawah ini!
Apabila perbadingan jumlah lilitan primer dan sekunder adalah 100 : 1, maka daya sekunder dan jenis trafonya adalah ….
24 watt, trafo step down
24 watt, trafo step up
12 watt, trafo step down
12 watt, trafo step up
Jawab : A
Penyelesaian L
NP : NS = 100 : 1
VP = 1200 V
Sumber gambar :
Mendorong mobil
https://jateng.tribunnews.com/2016/12/26/foto-dua-polisi-rembang-dorong-mobil-mogok-di-pantai-karangjahe-jadi-viral
Catatan : Jika ada yang belum jelas, atau ada yang diperbaiki pembahasan soal UN di atas mohon ditulis di kolom komentar. Terima kasih
Materi UN IPA Fisika SMP : Wujud Zat
Materi wujud zat dalam UN IPA Fisika SMP bisa dikategorikan sebagai materi yang mudah.
Materi yang dibahas meliputi :
- sifat zat padat, cair, dan gas
- perubahan wujud yang memerlukan kalor (mencair/melebur, menguap, menyublim)
- perubahan wujud yang melepaskan kalor (membeku, mengembun, mengkristal)
- gambar perubahan wujud
- massa jenis (hampir kelupaan)
- massa jenis (hampir kelupaan)
Soal-soal yang keluar dalam UN IPA SMP misalnya :
1. Diberikan tabel sifat-sifat zat, siswa dapat menentukan sifat yang sesuai untuk zat tertentu (cair, padat, gas)
2. Diberikan peristiwa perubahan wujud, siswa dapat menentukan peristiwa yang membutuhkan kalor atau melepaskan kalor
3. Diberikan pernyataan mengenai sifat-sifat zat, siswa dapat menentukan pernyataan yang betul tentang zat tertentu
4. Diberikan beberapa gambar, siswa dapat menentukan sifat yang tepat mengenai gambar tersebut menggunakan tabel
5. Diberikan beberapa gambar benda berada di dalam air, siswa dapat menentukan benda-benda atau zat cair yang memiliki massa jenis terbesar/terkecil.
6. Diberikan data nama, massa, dan volume dalam tabel, siswa dapat menentukan benda yang memiliki jenis dan sifat yang sama
5. Diberikan beberapa gambar benda berada di dalam air, siswa dapat menentukan benda-benda atau zat cair yang memiliki massa jenis terbesar/terkecil.
6. Diberikan data nama, massa, dan volume dalam tabel, siswa dapat menentukan benda yang memiliki jenis dan sifat yang sama
Untuk lebih lanjut bisa mempelajari materi berikut.
1. Wujud zat
Sumber gambar :
https://today.line.me/id/pc/article/Gunung+Es+Seluas+Dua+Kali+Pulau+Jawa+Pecah+dan+Tunjukkan+Pola+Berbeda-KQL8pN
Arsyad Riyadi
Maret 19, 2020
New Google SEO
Bandung, IndonesiaSoal dan Pembahasan UN IPA Fisika SMP Tahun 2018/2019 (Bagian 1)
Berikut adalah soal dan pembahasan UN IPA Fisika SMP tahun 2018/2019 yang bisa dijadikan bahan belajar dalam rangka sukses UNBK 2019/2020.
1. Percepatan merupakan salah satu besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok ….
A. Panjang dan waktu
B. Panjang dan suhu
C. Massa dan waktu
D. Massa dan suhu
Jawaban : A
Pembahasan :
Percepatan = perubahan kecepatan dibagi waktu = perubahan perpindahan/waktu kuadrat = m/s2.
m merupakan satuan panjang dan sekon merupakan satuan waktu.
2. Nabila meneliti sifat empat zat di laboratorium. Dari hasil penelitiannya, sifat gas yang benar adalah….
Jawaban : A
Pembahasan :
Sifat gas :
- Bentuk mengikuti wadahnya
- Volume tergantung pada tempatnya
- Susunan molekul tidak teratur dan sangat berjauhan
- Ikatan antar molekul sangat lemah
- Mudah dimampatkan
- Mudah mengalir
3. Perhatikan 4 kegiatan yang berkaitan dengan perubahan wujud berikut!
(1) Air sirup disimpan oleh Satria ke dalam kulkas sehingga menjadi es
(2) Uap hasil rebusan daun cengkeh diembunkan
(3) Mentega diletakkan pada wajan panas untuk menumis sayuran
(4) Harum kapur barus tercium Siti ketika masuk ke kamar mandi
Jenis perubahan wujud yang melepaskan kalor pada kegiatan tersebut ditunjukkan pada nomor….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Jawaban : A
Pembahasan :
Perubahan wujud yang memerlukan kalor :
- Mencair/melebur
- Menguap
- Menyublim
Perubahan wujud yang melepaskan kalor :
- Membeku
- Mengembun
- Mengristal/menghablur
4. Air dipanaskan dari suhu 200C sampai mendidih bersuhu 1000C. Perubahan suhu tersebut pada pengukuran dengan termometer Fahrenheit sama dengan….
A. 800F
B. 1120F
C. 1440F
D. 1760F
Jawaban : C
Pembahasan :
C : F – 32 = 5 : 9
200C ==> F = (9/5)*C + 32 = (9/5)*20 + 32= 36 + 32 = 68
1000C ==> F = (9/5)*100 + 32 = 180 + 32 = 212
∆F = 212 – 68 = 144
5. Perhatikan tabel berikut!
Larutan yang bersifat asam ditunjukkan oleh nomor….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
Jawaban : A
Pembahasan :
Larutan asam akan mengubah lakmus biru menjadi warna merah. Ketika mengenai lakmus merah tentunya tidak akan mengubah warnanya/tetap.
6. Perhatikan contoh peristiwa!
(1) Kayu kering diubah menjadi kursi dan meja
(2) Pagar besi berkarat
(3) Kertas digunting menjadi potongan-potongan kecil
(4) Buah-buahan dibiarkan berhari-hari menjadi busuk
Perubahan fisika ditunjukkan oleh angka….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban : B
Pembahasan :
Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menimbulkan zat baru.
Misalnya perubahan wujud, perubahan bentuk maupun perubahan ukuran.
Perubahan kimia adalah perubahan yang menimbulkan zat baru.
Misalnya : pembusukan, perkaratan
7. Perhatikan gambar
P, Q, dan R secara berturut-turut diidentifikasikan sebagai….
A. Neutron, proton, dan elektron
B. Proton, elektron, dan neutron
C. Elektron, proton, dan neutron,
D. Neutron, elektron, dan proton
Jawaban : C
Pembahasan :
Proton : bermuatan positif
Elektron : bermuatan negatif
Neutron : tidak bermuatan
8. Perhatikan contoh zat!
(1) kopi
(2) tembakau
(3) teh
(4) rokok
Zat yang mengandung nikotin ditunjukkan oleh nomer….
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
Jawaban : D
Pembahasan :
Tembakau dan rokok mengandung nikotin.
Kopi dan teh mengandung kafein
9. Perubahan iklim yang tidak menentu menyebabkan proses pembuatan garam menjadi terhambat. Pembentukan kristal garam dari air laut membutuhkan sinar matahari yang cukup. Metode pemisahan campuran garam dari air laut adalah….
A. Evaporasi
B. Distilasi
C. Filtrasi
D. Sublimasi
Jawaban : A
Pembahasan :
Evaporasi (penguapan) adalah memisahkan zat padat yang terlarut dari larutannya.
Filtrasi : memisahkan cairan dan padatan yang tidak larut dengan menggunakan penyaring (filter) berdasarkan perbedaan ukuran partikel. Misalnya menyaring air yang tercampur dengan pasir menggunakan kerta saring. Di sini pasir akan tertinggal di kertas saring.
Distilasi (penyulingan) : memisahkan campuran zat cair dari larutannya berdasarkan perbedaan titik didih. Jika larutan dipanaskan, maka komponen titik didihnya yang lebih rendah akan menguap terlebih dahulu. Distilasi digunakan untuk memisahkan air tawar dan air laut maupun proses pemisahan minyak bumi.
Sublimasi : memisahkan campuran sesama zat padat berdasarkan perubahan wujud zat. Contohnya seperti campuran iodin dengan garam dapat dipisahkan dengan cara pemanasan.
10. Kapal pengangkut barang beratnya dalam keadaan kosong 16.000 N, akan mengangkut beban barang yang beratnya 14.000 N serta beberapa orang termasuk penumpang dan anak buah kapal (ABK). Kapal dapat berlayar dengan aman jika volume lambung kapal yang berada di bawah permukaan air 4,2 m3. Berat rata-rata satu orang penumpang 600 N. Massa jenis air 1000 kg/m3 dan g = 10 m/s2, jumlah orang yang dapat ikut kapal paling banyak adalah….
A. 10 orang
B. 15 orang
C. 20 orang
D. 35 orang
Jawaban : C
Pembahasan :
Diketahui :
W0 = 16.000 N ==> m = 16.000/10 = 1600 kg
Wb = 14.000 N ==> m = 14.000/10 = 1400 kg
Vair = 4,2 m3
Worang = 600 N ==> m = 600/10 = 60 kg
ρair = 1000 kg/m3
g = 10 m/s2
Ditanya : jumlah orang yang dapat ikut di kapal?
Jawab :
Vair = 4,2 m3
ρairair = 1000 kg/m3
m = ρ.V = 4,2. 1000 = 4200 kg (massa keseluruhan)
massa keseluruhan = massa kapal kosong + massa beban barang + massa orang
4200 = 1600 + 1400 + massa orang
4200 = 3000 + massa orang
Massa orang = 4200 – 3000 = 1200 kg
Jika rata-rata berat 1 orang = 600 N atau 60 kg, maka banyaknya orang yang dapat diangkut sebesar : 1200/60 = 20 orang
Sampai di sini dulu ya untuk pembahasan soal UN IPA Fisika SMP. Tunggu pembahasan nomer selanjutnya. Arsyad Riyadi Maret 17, 2020 New Google SEO Bandung, Indonesia
Kompetensis Sains Nasional SMP (KSN-SMP) ini merupakan bagian integral dari kegiatan lomba, festival dan kompetisi yang diselenggarakan dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional.
Guna meningkatkan prestasi peserta didik di bidang akademis maupun non akademis sesuai dengan bakat dan minatnya dalam literasi sains, seni, olahraga dan penelitian ada berbagai event, yakni : 1. Kompetisi Sains Nasional (KSN); 2. Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (O2SN); 3. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N); 4. Gala Siswa Indonesia (GSI); 5. Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN).
Sedangkan untuk Olimpiade/lomba/Akademi di tingkat internasional untuk jenjang SMP tahun 2020 antara lain : 1. International Junior Science Olympiad (IJSO); 2. International Mathematics Competition (IMC); 3. The Couple Internationale De Kayl ( karate) ; dan 4.Training and Development for Footballer and Trainer.
Kompetensi Sains Nasional yang diawali tahun 2002 di Yogyakarta (sebelumnya dikenal dengan istilah OSN atau Olimpiade Sains Nasional) ini merupakan kegiatan Kemendikbud tahunan guna memberikan ruang belajar, memfasilitasi peserta didik dalam menumbuhkembangkan
kecintaan terhadap Sains dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat agar dapat meningkatkan kemampuannya.
Dari berbagai rujukan seperti di atas jelas bahwa kompetensi sains nasional ditujukan bagi peserta didik maupun guru yang berprestasi dan memiliki bakat dan minat agar kemampuannya meningkat.
Pertanyaaannya adalah apakah dalam praktiknya Olimpiade Sains Nasional atau Kompetensi Sains Nasional bisa menjawab itu.
Sangat mungkin bisa. Jika siswa yang mengikuti kompetensi tersebut bukan produk dadakan atau karbitan. Apalagi jika harus mengundang pelatih dari luar.
Jika siswa hanya di drill soal, apakah ruh kegiatan olimpiade sains nasional itu bisa tertangkap. Apalagi jika hanya untuk meningkatkan prestise sekolah. Apakah siswa yang ikut bertambah cinta terhadap sains atau malah belajar seperti robot.
Apakah guru mata pelajaran yang bersangkutan ikut berperan atau sama sekali tidak dilibatkan karena lebih mempercayakan pembimbing..Entahlah.
Harapannya pelaksanaan kompetensi sains nasional ini bisa menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi siswa dalam belajar sains. Demikian juga guru mata pelajaran yang bersangkutan bisa belajar bersama-sama agar kemampuan mereka juga meningkat.
Bagi yang membutuhkan petunjuk dan silabus Kompetensi Sains Nasional SMP (KSN-SMP) Tahun 2020 silahkan download melalui link berikut.
Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SMP (KSN-SMP) Tahun 2020
Silabus Kompetisi Sains Nasional SMP (KSN-SMP) Tahun 2020
Arsyad Riyadi Maret 11, 2020 New Google SEO Bandung, Indonesia
Guna meningkatkan prestasi peserta didik di bidang akademis maupun non akademis sesuai dengan bakat dan minatnya dalam literasi sains, seni, olahraga dan penelitian ada berbagai event, yakni : 1. Kompetisi Sains Nasional (KSN); 2. Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (O2SN); 3. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N); 4. Gala Siswa Indonesia (GSI); 5. Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN).
Sedangkan untuk Olimpiade/lomba/Akademi di tingkat internasional untuk jenjang SMP tahun 2020 antara lain : 1. International Junior Science Olympiad (IJSO); 2. International Mathematics Competition (IMC); 3. The Couple Internationale De Kayl ( karate) ; dan 4.Training and Development for Footballer and Trainer.
Kompetensi Sains Nasional yang diawali tahun 2002 di Yogyakarta (sebelumnya dikenal dengan istilah OSN atau Olimpiade Sains Nasional) ini merupakan kegiatan Kemendikbud tahunan guna memberikan ruang belajar, memfasilitasi peserta didik dalam menumbuhkembangkan
kecintaan terhadap Sains dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat agar dapat meningkatkan kemampuannya.
Dari berbagai rujukan seperti di atas jelas bahwa kompetensi sains nasional ditujukan bagi peserta didik maupun guru yang berprestasi dan memiliki bakat dan minat agar kemampuannya meningkat.
Pertanyaaannya adalah apakah dalam praktiknya Olimpiade Sains Nasional atau Kompetensi Sains Nasional bisa menjawab itu.
Sangat mungkin bisa. Jika siswa yang mengikuti kompetensi tersebut bukan produk dadakan atau karbitan. Apalagi jika harus mengundang pelatih dari luar.
Jika siswa hanya di drill soal, apakah ruh kegiatan olimpiade sains nasional itu bisa tertangkap. Apalagi jika hanya untuk meningkatkan prestise sekolah. Apakah siswa yang ikut bertambah cinta terhadap sains atau malah belajar seperti robot.
Apakah guru mata pelajaran yang bersangkutan ikut berperan atau sama sekali tidak dilibatkan karena lebih mempercayakan pembimbing..Entahlah.
Harapannya pelaksanaan kompetensi sains nasional ini bisa menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi siswa dalam belajar sains. Demikian juga guru mata pelajaran yang bersangkutan bisa belajar bersama-sama agar kemampuan mereka juga meningkat.
Bagi yang membutuhkan petunjuk dan silabus Kompetensi Sains Nasional SMP (KSN-SMP) Tahun 2020 silahkan download melalui link berikut.
Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SMP (KSN-SMP) Tahun 2020
Silabus Kompetisi Sains Nasional SMP (KSN-SMP) Tahun 2020
Arsyad Riyadi Maret 11, 2020 New Google SEO Bandung, Indonesia