Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
-
Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
[image: Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional]
Emotional Intelligence - Daniel GolemanBuku ...
SKL UN IPA 1 : Besaran, Satuan, dan Pengukuran
Kompetensi
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Indikator
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai
Besaran pokok
Besaran pokok
NO
|
NAMA BESARAN
|
SATUAN dalam SI
|
ALAT UKUR
|
1
|
Panjang
|
Meter (m)
|
Mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup
|
2
|
Massa
|
Kilogram (kg)
|
Neraca dua lengan, neraca tiga lengan
|
3
|
Waktu
|
Sekon (s)
|
Stopwatch
|
4
|
Kuat arus listrik
|
Ampere (A)
|
Amperemeter
|
5
|
Suhu
|
Kelvin (K)
|
Termometer
|
6
|
Intensitas cahaya
|
Kandela (Cd)
| |
7
|
Jumlah zat
|
Mole (mol)
|
Besaran Turunan
Arsyad Riyadi
Januari 19, 2013
New Google SEO
Bandung, Indonesia
NO
|
NAMA BESARAN
|
SATUAN dalam SI
|
ALAT UKUR
|
1
|
volume
|
m3
|
Gelas ukur
|
2
|
Massa jenis
|
kg/m3
|
Hidrometer
|
3
|
Kecepatan
|
m/s
|
Velocimeter
|
4
|
Kelajuan
|
m/s
|
Spedometer
|
5
|
Gaya
|
N, kg m/s2
|
Neraca pegas atau dinamometer
|
6
|
Berat
|
N
|
Neraca pegas atau dinamometer
|
7
|
Tekanan
|
Pa, N/m2
|
Barometer atau manometer
|
8.
|
Energi
|
J, kg m2/s2
|
Membaca alat ukur
a. Pengukuran Panjang
Panjang pensil = 12 cm
Panjang = 5,7 cm + 0,04 cm = 5,74 cm
Panjang = 1,5 mm + 0,18 ml = 1, 68 mm
b. Pengukuran massa
Hasil pengukuran = 300 g + 40 g + 6 g = 346 g
massa batu = 5 kg + 100 g + 10 g
= 500 g +100 g + 10 g
= 5110 g
= 5,11 kg
c. Pengukuran volume
Volume batu = 40 ml – 20 ml = 20 m
V batu = volume air yang tumpah = 30 ml
Soal Besaran, Satuan, dan Pengukuran
1. Perhatikan tabel berikut!
Siswa | Besaran | Nilai | Satuan | Alat Ukur |
A | Panjang | 20 | Cm | Mistar |
B | Kuat arus listrik | 2 | A | Amperemeter |
C | Suhu | 37 | K | Hidrometer |
D | Massa | 15 | Kg | Neraca sama lengan |
Pendapat yang benar disampaikan oleh siswa mengenai besaran pokok, dan satuan dalam SI adalah ....
A. C dan D
B. A dan C
C. A dan B
D. B dan D
2. Perhatikan tabel berikut!
No | Besaran Fisika (P) | Satuan (Q) | Alat Ukur (R) |
1 | Massa jenis | Km/jam | Termometer |
2 | Suhu | Ampere | Hidrometer |
3 | Kelajuan | Celcius | Voltmeter |
4 | Kuat arus | Kg/m3 | spedometer |
Pasangan besaran turunan, satuan dalam SI dan alat ukur yang sesuai adalah ....
A. P4, Q2 dan R3
B. P3, Q1 dan R4
C. P2, Q3 dan R1
D. P1, Q4 dan R2
3. Perhatikan tabel berikut ini !
No | Besaran Fisika | Satuan | Alat ukur |
1. | Panjang | cm | mistar |
2. | Massa | kilogram | neraca |
3. | Waktu | sekon | stopwatch |
4. | Suhu | kelvin | termometer |
Besaran pokok, satuan dalam SI dengan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
4. Perhatikan tabel berikut!
No | Besaran Fisika (X) | Satuan (Y) | Alat Ukur (Z) |
1 | Tekanan | Kilogram | Stopwatch |
2 | Waktu | Pascal | Termometer |
3 | Berat | Kelvin | Neraca |
4 | Suhu | Menit | manometer |
Pasangan besaran, satuan dalam SI, dan alat ukur yang sesuai adalah ....
Besaran Pokok | Besaran Turunan | |
A | X1, Y2 dan Z4 | X4, Y3 dan Z2 |
B | X2, Y4 dan Z1 | X3, Y1 dan Z3 |
C | X4, Y3, dan Z2 | X1, Y2 dan Z4 |
D | X3, Y1 dan Z3 | X2, Y4 dan Z1 |
5. Perhatikan tabel berikut !
No | Besaran Fisika | Satuan | Alat ukur |
1. | P | cm | Jangka sorong |
2. | Massa | Q | Neraca lengan |
3. | Waktu | sekon | R |
4. | S | m³ | Gelas ukur |
Untuk melengkapi data dalam tabel tersebut dengan satuan dalam Sistem Internasional (SI), maka P, Q, R dan S secara berurutan adalah ….
A. volume, kilogram, dinamometer, luas
B. panjang, newton, stopwatch, volume
C. volume, Newton, dinamometer, luas
D. panjang, kilogram, stopwatch, volume
6. Batu sebesar 6 kg dari bumi dibawa oleh seorang Astronot ke bulan. Setelah di bulan ditimbang. Ternyata hasil pengukurannya menunjukkan 10 newton. Dari peristiwa ini, empat orang siswa memberikan pendapat terhadap besaran dan satuan serta alat ukur yang tepat kemudian disajikan dalam tabel sebagai berikut :
Siswa | Pendapat | Alat Ukur | ||
Besaran | Nilai | Satuan | ||
P | Berat | 10 | Newton | dinamometer |
Q | Massa | 10 | Newton | Neraca lengan |
R | Massa | 6 | Kg | Neraca lengan |
S | berat | 6 | kg | dinamometer |
Pendapat yang benar disampaikan oleh siswa….
A. P dan S
B. Q dan S
C. P dan R
D. Q dan R
7. Perhatikan tabel berikut ini !
No | Besaran Fisika | Satuan | Alat ukur |
1. | Panjang | m | mistar |
2. | Kelajuan | m/s | speedometer |
3. | Suhu | kelvin | termometer |
4. | Massa jenis | kg/m3 | hidrometer |
Besaran pokok dan besaran turunan dengan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....
A. 1, 2 dan 3, 4
B. 1, 3 dan 2, 4
C. 3, 4 dan 1, 2
D. 2, 4 dan 1, 3
99 Cara Menjadikan Anak Anda Bergairah Menulis
Melalui buku ini Mary Leonhardt, akan memberikan kiat-kiat praktis dan efektif untuk membiasakan kebiasaan tulis-menulis pada diri anak, dan sekaligus cara menjadikan kegiatan ini menyenangkan.Bagian pertama : Mengapa Gemar Menulis Itu Penting
Bagian kedua : 99 Cara Memotivasi Anak Anda Agar Gemar Menulis
Bagian ketiga : Mengajarkan Tata Bahasa
Bagian Keempat : 10 Penulis Dunia Peraih Nobel Sastra dan 10 Penulis Indonesia Terkemuka
Berikut sepuluh kiat utama untuk menjadikan anak Anda bergairah menulis :
1. Tumbukan kecintaan dan kebiasaan membaca pada diri anak
2. Dukungah selalu tulisan anak Anda
3. Tawarkan saran dan kritik kepada anak hanya kalau mereka sudah menjadi penulis yang terampil dan percaya diri
4. Harga privasi anak
5. Hargai pendapat anak
6. Jangan menuntut kesempurnaan
7. Jangan menyensor tulisan anak
8. Sadarilah bahwa anak mempunyai selera menulis yang berbeda-beda
9. Tidak perlu untuk mengajarkan tata bahasa kepada anak ketika mereka baru mulai menulis
10. Anda sendiri, menulislah untuk kesenangan
Berikut adalah kesepuluh penulis dunia yang dikupas di buku ini, yaitu Pearl. S. Buck, Ernest Hemingway, John Steinbeck, Naguib Mahfouz, Rabindranath Tagore, Herman Hesse, Rudyrad Kipling, Yasunari Kawabata, Jean-Paul Sartre, dan Winston Churchill.
Sedangkan untuk kesepuluh penulis Indonesia yang dikupas di buku ini, yatu Nurhayati Dini (N.H Dini), Goenawan Susatyo Mohamad, Pramoedya Ananta Toer, Jalaluddin Rakhmat, Emha Ainun Najib, Kuntowijoyo, Muhammad Quraish Shihab, Sutardji Calzoum Bachri, Danarto, dan Taufiq Ismail.
Selamat Membaca!
Arsyad Riyadi Januari 19, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) IPA Fisika SMP 2012-2013
Berikut adalah kisi-kisi ujian nasional (UN) IPA Fisika untuk SMP tahun pelajaran 2012-2013.Membaca dari kisi-kisi yang dikeluarkan oleh BSNP, kita dapat melihat jika kisi-kisi tersebut tidak banyak berubah dibanding dengan kisi-kisi ujian nasional sebelumnya.
Arsyad Riyadi Januari 14, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
Pendidikan Anti Korupsi
Pendidikan anti korupsi di sekolah dapat dilaksanakan menggunakan dua jalur. Pertama, disisipkan dalam semua pelajaran. Langkah awal bisa dimulai dari pelajaran pendidikan agama, PKn dan Bahasa Indonesia. Kedua, melalui kegiatan eksrakurikuler, termasuk di dalamnya kampanye anti korupsi, pembuatan majalah dinding (mading), pembagian pamlet, dan penyuluhan-penyuluhan anti korupsi dengan mengundang pakar-pakar bidang hukum maupun politik (misalnya polres, jaksa, maupun pejabat pemerintahan). Kegiatan yang lain bisa dengan menyelenggarakan berbagai lomba, seperti membuat karangan anti korupsi, pidato anti korupsi, puisi anti korupsi, karikatur anti korupsi, cipta lagu anti korupsi dan sejenisnya.
Tujuan dari pendidikan anti korupsi ini adalah menciptakan kesadaran kepada seluruh masyarakat. Dalam pendidikan anti korupsi ini harus melibatkan semua pihak, bukan hanya dari kalangan pendidikan. Sangat tidak mungkin sekolah mengajarkan anti korupsi tapi tidak memahami berbagai bentuk pelayanan masyarakat dari berbagai departemen. Karena tindak korupsi (seperti penyuapan), tentunya banyak terjadi di lembaga-lembaga tersebut.
Pendidikan anti korupsi berkewajiban untuk :
1. Mengenalkan seluk-beluk korupsi, yang meliputi pengertian, bentuk-bentuk, alasan, maupun akibat korupsi.
2. Mendukung ketegasan terhadap tindak korupsi
3. Menujukkan tindakan perang terhadap korupsi
4. Menggagas materi anti korupsi yang akan dimasukkan pada kurikulum sekolah, seperti : a) Nilai-nilai anti korupsi (demokratis, kepekaan sosial, kejujuran, peningkatan pribadi dan sebagainya, b)Memperkuat kemampuan diri (seperti berkomunikasi, berpikir kritis, mampu membuat perencanaan, mengatur waktu, keuangan dan sejenisnya, bertindak kreatif, membuat inisiatif, merdeka, bertanggung jawab, menyelesaikan konflik, kepemimpinan dan sebagainya)
Tujuan akhir pendidikan anti korupsi ini adalah membentuk pribadi yang memiliki kesadaran tinggi melawan tindak korupsi, tidak mentolerir tindak korupsi, dan mampu mengurangi tindak korupsi.
Tema Pendidikan anti korupsi
1. Konsep korupsi. Termasuk di dalamnya membedakan korupsi dengan tindak kejahatan lainnya.
2. Akibat korupsi. Meliputi akibat korupsi dari segi ekonomi, sosial, politik, dan moral. Termasuk di dalamnya bahaya yang tampak dan tersembunyi, serta korban-korban dari kejahatan korupsi.
3. Sejarah korupsi. Berisi perkembangan korupsi dari masa ke masa. Penyebab korupsi dari sisi psikologis, budaya, sosial, dan politik. Termasuk di dalamnya korupsi di ranah demokrasi (misal dalam partai politik, pemilu, dewan, pemerintah, pengadilan dan pejabat lokal lainnya)
4. Perang melawan korupsi. Termasuk di dalamnya peran masyarakat, mass media. Kekuatan perundang-undangan, kode etik, dan aturan-aturan lain. Berbagai strategi dan program untuk mencegah dan mengurangi tindak korupsi.
5. Permasalahan yang muncul dalam perang melawan korupsi.
Dalam pendidikan anti korupsi ini juga ditanamkan nilai-nilai anti korupsi. Nilai-nilai antikorupsi ini sejalan dengan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah-sekolah. Nilai-nilai antikorupsi juga telah dikenalkan oleh KPK melalui Buku Dongeng Anti Korupsi. Nilai-nilai yang dimaksud, meliputi : kerjasama, keadilan, tanggung jawab, kepedulian, kejujuran, kedisiplinan, keberanian, kegigihan, dan kesederhanaan.
Tunggu apa lagi...
Selamat berjuang..bersama-sama memberantas korupsi di sekitar diri kita terlebih dahulu. Arsyad Riyadi Oktober 14, 2012 New Google SEO Bandung, Indonesia