Gaya gesek ini sejajar dengan permukaan bidang sentuh dan memilik arah yang berlawanan dengan kecederungan gerak benda. Misalnya, sebuah bola dilempar menyusuri tanah ke arah selatan. Gaya gesekannya arahnya ke kiri. Karena gaya gesekan tersebut memang menghambat gerak dari bola.
Gaya gesekan ini memegang peranan penting dalam menjaga kesetimbangan gaya. Gaya gesekan statik cenderung mempertahankan keadaan diam suatu benda diam ketika ada gaya yang bekerja padanya. Sedangkan gaya gesek kinetik (dinamis) menjaga kecenderungan benda yang sedang bergerak.
Gaya gesekan statik maksimun diperoleh ketika benda sudah nyaris mau bergerak. Pada saat gaya dorong pada sebuah benda sama dengan dengan gaya gesek statik maksimum maka benda tepat akan bergerak. Dengan adanya tambahan gaya dorong sedikit saja, dapat dipastikan benda tersebut akan bergerak. Ketika benda tersebut sudah bergerak, maka sudah tidak diperlukan gaya dorong sebesar gaya statik maksimal tersebut.
Gaya gesekan mulai dari nol akhirnya membesar sampai harga maksimal (gaya gesek statik maksimal) sampai akhirnya gaya gesekan akan menurun sampai mencapai nilai tetap, yaitu gaya gesekan kinetik.
Rumus Gaya Gesek
Besarnya gaya gesek antara dua permukaan yang bersentuhan dapat dirumuskan dengan
dengan µs adalah koefisien gaya statik dan N adalah gaya normal.
Ketika benda akan bergerak berlaku : fs = fsmaks = µs N
Besarnya gata gesekan kinetik yang bekerja pada suatu benda bernilai tetap dan dapat dirumuskan dengan
dengan µk adalah koefisien gesekan kinetik.
Besarnya µs dan µk ini tergantung pada sifat kekasaran kedua permukaan yang bersentuhan, tetapi umumnya µk < µs .
Demikian postingan mengenai penerapan hukum Newton pada gesekan antara dua buah permukaan zat padat. Penerapan hukum Newton pada kasus lain, seperti permasalahan pada benda yang terhubung dengan katrol, gerak benda pada bidang miring, dua benda yang bertumpukan, gerak benda menikung pada permukaan mendatar maupun lintasan miring akan dijabarkan pada postingan selanjutnya.
Selamat belajar.
Arsyad Riyadi November 20, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Sebelum Galileo, para filosof atau para ilmuwan kuno yang digawangi oleh Aristoteles, beranggapan bahwa pada benda yang bergerak (termasuk benda yang bergerak lurus dengan kecepatan tetap/GLB) mengalami gaya yang bekerja terus-menerus. Tanpa adanya gaya tersebut maka benda tersebut akan diam selamanya.
Apakah pendapat para filosof itu benar?
Cobalah amati peristiwa sebagai berikut.
Misalnya kita memiliki kelereng dan menyentilnya sehingga kelereng tersebut bergerak di lantai. Perhatikan bahwa awalnya kelereng tersebut bergerak, karena ada "sentilan awal" yang bekerja sebagai gaya. Amati juga lama-lama kelereng tersebut makin melambat dan akhirnya lama-lama berhenti akibat gaya gesekan kelereng dengan lantai.
Bayangkan jika lantai tempat meluncurnya kelereng tersebut lebih licin lagi, maka dapat dipastikan kelereng tersebut akan menempuh jarak yang lebih jauh. Lebih licin dan licin lagi maka kelereng tersebut akan semakin jauh...dan semakin jauh...begitu seterusnya bahkan semakin licin...semakin licin...dan semakin licin dapat dipastikan kelereng tersebut terus..dan terus bergerak alias tidak pernah berhenti.
Dari peristiwa tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa :
a. Benda yang diam akan bergerak jika diberikan gaya
b. Benda yang bergerak tersebut akan terus bergerak dengan kecepatan yang sama terus menerus selama tidak ada gaya lain yang menganggu.
Artinya sama-sekali tidak dibutuhkan sebuah gaya untuk membuat benda tersebut terus bergerak. Jadi, pendapat para filosof tersebut tidaklah benar.
Dari kejadian tersebut, kita dapat meruuskan hukum I Newton, yaitu jika benda yang bekerja pada benda itu sama dengan nol, maka benda yang sedang diam akan tetap diam dan benda yang sedang bergerak dengan kecepatan tetap akan terus bergerak dengan kecepatan tetap.
Secara lebih singkat hukum I Newton dapat dituliskan sebagai berikut;
Percepatan benda sama dengan nol jika gaya total (resultan gaya) yang bekerja pada benda sama dengan nol.
Secara matematis hukum I Newton dapat dituliskan sebagai
Σ F = 0
Hukum I Newton yang dikemukakan oleh Sir Isaac Newton ini sebenarnya hanya mempertegas apa yang pernah dilakukan atau dijelaskan oleh pendahulunya Galileo, yaitu kecepatan yang dimiliki benda akan terus dipertahankan jika semua gaya penghambatnya dihilangkan.
Demikian penjelasan mengenai hukum I Newton. Untuk hukum-hukum gerak yang lain menyusul pada postingan selanjutnya.
Selamat belajar. Arsyad Riyadi November 19, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
1. Saat pelajaran olahraga berlangsung, seorang guru olahraga mengukur waktu jalannya pertandingan dengan menggunakan stopwatch. Setelah pertandingan selesai, posisi jarum stopwatch seperti pada gambar. Lamanya pertandingan berlangsung adalah….
A. 290 detik
B. 310 detik
C. 490 detik
D. 610 detik
2. Pada tabel berikut yang menunjukkan sifat-sifat kayu pada suhu kamar adalah….
3. Perhatikan tabel massa dan volume dari tiga benda berikut.
Jika ketiga benda tersebut dimasukkan ke dalam air bermassa jenis 1000 kg/m3, maka posisi benda yang benar ditunjukkan oleh gambar….
4. Perhatikan gambar dan tabel berikut!
Berdasarkan ilustrasi percobaan dan data koefisien muai panjang logam, yang menunjukkan batang baja, tembaga, dan alumunium yang benar secara berurutan adalah….
A. P, Q, R
B. Q, P, R
C. Q, R, P
D. R, Q, P
5. Perhatikan data gerak benda pada tabel berikut:
Jenis gerak lurus pada benda A dan benda B secara berturut-turut adalah….
A. GLBB dipercepat dan GLB
B. GLB dan GLBB diperlambat
C. GLB dan GLBB dipercepat
D. GLBB diperlambat dan GLB
6. Tiga gaya segaris bekerja pada sebuah balok seperti gambar. Hukum I Newton terjadi pada balok….
7. Perhatikan gambar!
Energi kinetik benda di titik B = 100 J. Bila massa benda 2,5 kg, maka energi kinetik benda saat menyentuh tanah di titik C adalah….
A. 350 J
B. 250 J
C. 150 J
D. 100 J
8. Kegiatan berikut yang tidak melakukan usaha adalah….
A. Seorang kuli memindahkan karung
B. Ibu berjalan ke pasar membawa tas
C. Seorang atlet angkat besi menahan barbel di atas kepala
D. Seorang anak mendorong meja belajar sejauh 20 cm
9. Perhatikan gambar tuas berikut!
Beban kemudian digeser sejauh 20 cm menedekati titik tumpu tanpa menggeser tuas. Agar tuas tetap seimbang, maka kuasa harus….
A. Dikurangi 50 N
B. Dikurangi 60 N
C. Ditambah 80 N
D. Ditambah 90 N
10. Seekor ikan berada pada bak air seperti pada gambar.
gravitasi 10 N/kg, tekanan hidrostatis yang diterima ikan adalah….
A. 6.000 N/m2
B. 8.000 N/m2
C. 10.000 N/m2
D. 14.000 N/m2
11. Pernyataan tentang ciri-ciri planet Bumi dan Mars yang benar adalah….
12. Perhatikan gambar berikut!
Jika waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak A ke B adalah 8 sekon, cepat rambat gelombang tersebut adalah….
A. 2 m/s
B. 4 m/s
C. 6 m/s
D. 8 m/s
13. Seseorang berteriak dengan keras di antara dua tebing tinggi. Beberapa saat kemudian orang tersebut mendengar dua bunyi pantul, pertama setelah 3 sekon dan berikutnya setelah 4 sekon dari ia berteriak. Cepat rambat bunyi di udara saat itu 340 m. Jarak antara dua tebing tersebut adalah….
A. 170 m
B. 510 m
C. 1.190 m
D. 1.700 m
14. Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 50 cm. Agar ia dapat membaca paling jelas pada jarak 30 cm, kekuatan lensa yang diperlukan adalah….
A. 1/3 dioptri
B. 2/3 dioptri
C. ¾ dioptri
D. 4/3 dioptri
15. Terdapat bola konduktor P negatif dan empat bola konduktor Q, R, S, T yang tidak diketahui muatannya.
Jika didekatkan bola P menarik Q dan menolak S. Sedangkan bola Q menolak R, dan bola S menolak T. Jika bola P didekatkan dengan bola R dan T maka gaya yang akan dilalui berturut-turut adalah….
A. Tarik menarik dan tarik menarik
B. Tolak menolak dan tolak menolak
C. Tolak menolak dan tarik menarik
D. Tarik menarik dan tolak menolak
16. Perhatikan gambar rangkaian berikut!
Kuat arus yang mengalir melalui rangkaian listrik (I) adalah…..
A. 1,5 A
B. 1,0 A
C. 0,75 A
D. 0,5 A
17. Perhatikan tabel beberapa alat rumah tangga berikut ini!
Dari tabel tersebut daya listrik masing-masing alat adalah….
18. Sebuah magnet jarum berada di antara dua buah magnet batang. Posisi magnet jarum yang benar ditunjukkan oleh gambar….
19. Berikut adalah perubahan lakmus dalam lima larutan!
Berdasarkan tabel di atas, larutan yang bersifat asam adalah….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (5)
D. (3) dan (4)
20 Di antara gas berikut yang dapat menyebabkan karat pada kaleng adalah….
A. Hidrogen
B. Oksigen
C. Nitrogen
D. Helium
Untuk soal no 21 - 40 menyusul ya. Semoga semua sukses dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2016 ini.
Semangat dan terus belajar. Arsyad Riyadi November 18, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Berikut kisi-kisinya :
1. Menentukan waktu yang ditunjukkan pada stopwatch.
2. Menentukan sifat-sifat dari zat padat, cair dan gas.
3. Menentukan posisi berbagai benda ketika dimasukkan ke wadah yang berisi zat cair terkait dengan penerapan massa jenis untuk posisi terapung, melayang, atau tenggelam.
4. Menentukan suatu larutan bersifat asam, basa atau garam ketika diuji dengan lakmus merah dan lakmus biru.
5. Menentukan zat yang menyebabkan karat pada kaleng.
6. Menentukan jenis perubahan fisika atau perubahan kimia dari berbagai peristiwa.
7. Menentukan fungsi salah satu bahan kimia pada deterjen
8. Menentukan efek dari penggunaan kafein
9. Menentukan nama-nama logam dengan melihat data koefisien muai panjang serta simpangan skala yang ditunjukkan oleh alat Muschenbroek.
10. Menentukan jenis gerak suatu benda, jika diketahui data jarak s dan waktu t yang ditempuh.
11. Menentukan contoh gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda yang sesuai dengan hukum I Newton.
12. Menentukan besarnya energi kinetik benda saat menyentuh tanah setelah benda dijatuhkan dari ketinggian tertentu.
13. Menentukan contoh-contoh kegiatan yang merupakan usaha atau tidak.
14. Menentukan perubahan besarnya kuasa agar tuas seimbang ketika beban digeser mendekati/menjauhi titik tumpu.
15. Menentukan besarnya gaya hidrostatis yang dialami suatu benda yang berada di dalam air.
16. Menentukan pernyataan yang benar dari ciri-ciri benda langit (planet, satelit, asteroid, komet dll)
17. Menentukan besarnya kecepatan dari gelombang
18. Menentukan jarak antara kedua tembok pada peristiwa pemantulan bunyi
19. Menentukan kekuatan lensa yang digunakan pada penderita rabun dekat/jauh
20. Menentukan interaksi antara berbagai benda bermuatan.
21. Menentukan besarnya kuat arus pada rangkaian listrik paralel/seri/campuran yang diketahui hambatan dalamnya.
22. Menentukan besarnya daya dari alat-alat listrik jika diketahui pemakaian energinya selama 1 bulan
23. Menentukan posisi magnet yang benar ketika diletakkan di antara magnet-magnet lain.
Untuk SKL UN terkait dengan materi biologi menyusul. Sekali lagi SKL tersebut mengacu pada soala-soal UN tahun 2015 kemarin. Jadi silahkan perbanyak mengerjakan soal-soal UN tahun kemarin.
Semoga hasil Try Out nya selalu meningkat dan sukses besar dalam UN 2016.
Selamat belajar
Arsyad Riyadi November 18, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Sebelumnya, kita tuliskan dulu rumus massa jenis. Massa jenis zat (ρ) merupakan perbandingan antara massa jenis dan volumenya.
r = massa jenis zat (kg/m3)
m = massa zat (kg)
v = volume (m3)
Satuan lain yang juga dipakai adalah g/cm3.
Berikut cara mengkonversi satuan kg/m3 menjadi g/cm3 atau sebaliknya.
Sebaliknya
Contoh soal :
1. Massa jenis suatu zat adalah 13.600 kg/m3. Tentukan massa jenis tersebut dalam satuan g/cm3?
Penyelesaian :
Atau langsung saja :
2. Massa jenis suatu zat adalah 0,8 g/cm3. Tentukan massa jenis tersebut dalam satuan kg/m3?
Penyelesaian :
Atau langsung saja :
Masalah konversi satuan ini, kadang siswa-siswa terbalik dalam menjawab soal. Apakah harus dikalikan 1000 atau dibagi 1000. Asumsi saya, karena siswa belum memahami benar konsep massa jenis.
Misalnya alumunium memiliki massa jenis 2,7 g/cm3. Artinya alumunium tersebut akan memiliki massa 2,7 gram, ketika ukurannya 1 cm3. Ukuran 1 cm3, yang disebut sebagai volume itu, bisa diartikan alumunium tersebut berukuran 1 cm x 1 cm x 1 cm. (Sangat kecil bukan?).
Ketika diubah menjadi satuan kg/m3. Yang secara sederhananya, ukuran alumunium tersebut 1 m x 1 m x 1 m, tentunya tidak mungkin jika dibagi 1.000, yaitu menjadi 0,0027 kg/m3 atau setara dengan 2,7 g/m3 (lebih-lebih tidak mungkin). Massa alumunium berukuran 1 m x 1 m x 1 m memiliki massa 2,7 gram??????.
Jadi, logikanya ketika ada alumunium berukuran 1 cm x 1cm x 1cm maka memiliki massa 2,7 gram, ketika ukurannya menjadi 1 m x 1 m x 1m, maka massanya akan menjadi 2700 kg. Dengan kata lain : 2,7 g/cm3 = 2700 kg/m3.
Penjelasan mengenai konversi massa jenis ini mungkin dikatakan muter-muter. Keadaan setiap siswa berbeda-beda, ada yang langsung bisa menggunakan rumus tanpa terbolak-balik harus dibagi 1000 atau dikalikan 1000, tetapi ada juga yang perlu dijelaskan pakai berbagai cara.
Kalau belum jelas, perhatikan gambar berikut.
Mudah-mudahan, para siswa sudah tidak menjadi bingung. Khususnya siswa saya sendiri. Arsyad Riyadi November 11, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Ulangan Harian IPA : Zat dan Wujudnya
1. Yang tidak termasuk zat adalah….
A. bakteri
B. debu
C. udara
D. cahaya
2. Zat padat berubah menjadi zat cair melalui proses….
A. Menguap
B. Melebur
C. membeku
D. menyublim
3. Sebongkah es dimasukkan ke dalam suatu wadah, kemudian dipanasi. Perubahan wujud yang mungkin terjadi secara berurutan adalah .…
a. zat cair menjadi zat padat menjadi gas
b. zat cair menjadi gas menjadi zat padat
c. zat padat menjadi zat cair menjadi gas
d. zat padat menjadi gas menjadi zat cair
4. Peristiwa menguap terjadi pada….
A. Air menjadi es
B. Air mendidih
C. Basahnya bagian luar pada gelas yang berisi air
D. Lelehan lilin
5. Perhatikan diagram berikut!
Perubahan wujud yang melepaskan kalor sesuai gambar adalah nomor….
A. 3 dan 4
B. 2 dan 4
C. 1 dan 2
D. 1 dan 3
6. Raksa termasuk zat cair karena memiki ciri-ciri….
A. Bentuk tetap, volum tetap
B. Bentuk tetap, volum tidak tetap
C. Bentuk tidak tetap, volum tetap
D. Bentuk dan volum tidak tetap
7. Perbedaan antara kayu dan air, antara lain….
A. Partikel kayu teratur, partikel air tidak teratur
B. Partikel kayu tidak teratur, partikel air teratur
C. Partikel kayu sangat berdekatan, partikel air berjauhan
D. Partikel kayu berjauhan, partikel air berdekatan
8. Permukaan raksa dalam tabung berbentuk cembung. Peristiwa ini disebabkan….
A. gaya adhesi raksa dengan tabung > gaya kohesinya
B. gaya kohesi raksa > gaya adhesi raksa dengan tabung
C. gaya kohesi raksa = gaya adhesi raksa dengan tabung
D. gejala kapilaritas atau tegangan permukaan air
9. Diagram yang menunjukkan gaya kohesi terbesar adalah….
10. Berikut ini termasuk kohesi, kecuali ....
A. air dengan air
B. tinta dengan tinta
C. raksa dengan raksa
D. tinta dengan kertas
URAIAN
1. Sebutkan 3 jenis zat. Berikan contohnya masing-masing 2?
2. Sebutkan ciri-ciri zat padat, cair, dan gas masing-masing 2?
3. Apa yang dimaksud dengan kapilaritas. Berilah contohnya 2 buah?
4. Mengapa air membasahi dinding kaca, sedangkan raksa tidak?
Demikian soal ulangan harian IPA mengenai zat dan wujudnya. Untuk massa jenisnya menyusul ya? Arsyad Riyadi November 10, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Soal Ulangan Harian Sistem Koordinasi pada Manusia
1. Aktivitas tubuh manusia diatur oleh suatu sistem, yaitu sistem….
A. Indra
B. Saraf
C. hormon
D. Koordinasi
2. Pusat ingatan, kesadaran dan kemauaan terdapat pada…
A. Otak kecil
B. Otak besar
C. sumsum lanjutan
D. sumsum spriral
3. Penghubung akson dengan denrit dari sel saraf yang satu lain atau dengan otot motorik adalah….
A. Asetilkolin
B. Neutransmitter
C. sinapsis
D. myelin
4. Bagian mata yang berfungsi mengatur besar kecilnya intensitas cahaya yang masuk ke mata adalah….
A. pupil
B. iris
C. kornea
D. retina
5. Indra manusia yang berfungsi sebagai organ keseimbangan adalah nomor…..
A. Penciuman
B. Penglihatan
C. pengecapan
D. pendengaran
6. Sel saraf sensorik disebut sebagai sel saraf indera karena….
A. Menerima dan meneruskan rangsang dari reseptor ke sel saraf motorik
B. Membawa rangsang dari reseptor ke otak atau sumsum tulang belakang
C. Membawa perintah dari otak atau sumsum tulang belakang
D. Menerima dan membawa rangsangan dari otot ke otak atau sumsum tulang belakang
7. Berikut ini merupakan fungsi kulit, kecuali….
A. Sebagai indra peraba
B. Sebagai alat pengeluaran
C. Sebagai alat pengatur suhu tubuh
D. Sebagai pembentuk sel-sel darah
8. Gerak refleks diatur oleh…..
A. Otak
B. Sumsum tulang belakang
C. saraf tepi
D. saraf lanjutan
9. Skema gerak refleks yang benar adalah….
A. rangsang --> saraf sensorik --> sumsum tulang belakang --> saraf motorik--> gerakan
B. rangsang --> sumsum tulang belakang --> saraf sensorik --> saraf motorik --> gerakan
C. rangsang --> saraf motorik --> otak --> saraf sensorik --> gerakan
D. rangsang --> saraf motorik --> sumsum tulang belakang --> saraf sensorik --> gerakan
10. Kerja alat tubuh seperti mempercepat dan memperlambat gerak peristaltik diatur oleh sistem….
A. Gerak sadar
B. Gerak somatik
C. gerak autonom
D. saraf otak
URAIAN
1. Sebutkan 3 (tiga) macam sel saraf berdasarkan fungsinya?
2. Apa perbedaan gerak biasa dengan gerak refleks?
3. Lengkapi bagan berikut!
4. Tulis dan jelaskan 3 (tiga) kelainan pada mata? Arsyad Riyadi November 09, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Ulangan Harian Energi dan Daya Listrik
1. Energi listrik jika dibandingkan dengan bentuk energi lain memiliki kelebihan, yaitu….A. mudah diciptakan maupun dimusnahkan
B. tidak habis walaupun terus digunakan
C. mudah diubah menjadi bentuk energi yang lain
D. sumber energi utama di bumi
2. Sebuah baterai dihubungkan ke sebuah lampu. Perubahan bentuk energi yang terjadi adalah…..
A. kimia menjadi listrik menjadi cahaya
B. kimia menjadi cahaya menjadi kalor
C. listrik menjadi kimia menjadi cahaya
D. listrik menjadi kalor menjadi cahaya
3. Berikut ini rumus daya listrik, kecuali….
A. P = V x I
B.
C. P = I x R
D. W = P. t
4. Sebuah sekering dipasang pada tegangan 250 V menyebabkan arus mengalir 2 A. Berapa daya sekering itu?
A. 125 W
B. 250 W
C. 500 W
D. 1000 W
5. Sebuah lampu tertulis 40W, 220 V tertera pada sebuah lampu pijar. Ini berarti lampu….
A. Memiliki daya 220 V dan tegangan 40 W
B. Dilalui arus 5,5 A
C. Mempunyai hambatan 40 W
D. Menggunakan energi 40 J tiap sekon
6. Sebuah lampu bertuliskan 120 V, 40 W. Berapakah energi listrik yang dipakai dalam 1 jam?
A. 124000 J
B. 144000 J
C. 134000 J
D. 108000 J
7. Perubahan energi yang terjadi pada alat pengering rambut adalah….
A. Energi listrik menjadi energi kalor
B. Energi listrik menjadi energi kimia
C. Energi kalor menjadi energi listrik
D. Energi kimia menjadi energi listrik
8. Konsumsi energi listrik dalam rumah-rumah diukur dalam….
A. Kilo watt hour
B. Kilowatt
C. joule
D. kilo joule
9. Sebuah pemanas listrik 200 W dijalankan selama 5 jam sehari. Jika harga per kWh adalah Rp. 800, maka biaya yang harus dibayarkan selama 1 bulan (30 hari) adalah….
A. Rp. 96.000
B. Rp. 48.000
C. Rp. 24.000
D. Rp. 12.000
10. Cahaya lampu TL lebih kuat daripada lampu pijar meskipun menggunakan energi yang sama, sebab…
A. Tegangan pada lampu TL sama besar
B. Lampu TL menggunakan transformator
C. Lampu TL mengubah energi listrik menjadi energi panas
D. Pada lampu TL energi yang timbul menjadi kalor sedikit sekali
URAIAN
1. Sebutkan masing-masing 2 alat listrik yang mengubah :
A. Energi listrik menjadi energi kalor
B. Energi listrik menjadi energi gerak
2. Sebuah peralatan listrik dipasang pada tegangan 200 V. Jika kuat arus yang mengalir adalah 2 A dan dipakai selama 5 menit. Berapa besar energi listriknya?
3. Dalam bola lampu bertuliskan 120 V dan 60 W. Berapa hambatannya?
4. Dalam sebuah rumah tangga menggunakan alat-alat listrik sebagai berikut!
5 lampu 10 watt yang menyala 8 jam per hari
4 lampu 20 watt yang menyala 5 jam per hari
2 lampu 40 watt yang menyala 2 jam per hari
1 pemanas 200 watt yang menyala 1 jam per hari
A. Berapa energi yang dipakai tiap hari?
B. Berapa energi yang dipakai tiap bulan?
Demikian soal ulangan energi dan daya listrik. Selamat belajar Arsyad Riyadi November 08, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
1. Letak Laboratorium
a. Laboratorium tidak terletak di arah angin
b. Letak laboratorium mempunyai jarak cukup jauh dari sumber air
c. Laboratorium harus mempunyai saluran pembuangan sendiri
d. Letak laboratorium mempunyai jarak yang cukup jauh terhadap bangunan lain
e. Letak laboratorium pada bagian bagian yang mudah dikontrol dalam kompleks sekolah
2. Luas Laboratorium
Sesuai dengan lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007 tanggal 28 Juni 2007 mengenai Standar Sarana dan Prasarana Sekolah/madrasah Pendidikan Umum, pengertian ruang laboratorium adalah adalah ruang untuk pembelajaran secara praktek yang memerlukan peralatan khusus. Lebih lanjut dijelaskan, bahwa rasio minimum luas ruang laboratorium IPA 2,4 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar minimum ruang laboratorium IPA 5 m.
Pengaturan ruang dalam laboratorium meliputi :
a. Ruang untuk kegiatan belajar-mengajar
b. Ruang persiapan
c. Ruang gudang
d. Ruang gelap
e. Ruang timbang
f. Ruang kaca
g. Pintu, jendela, dan lantai
3. Peralatan Laboratorium
a. Meja
- Meja kerja untuk siswa
- Meja kerja untuk guru
- Meja demontrasi
- Meja dinding
b. Lemari
- Lemari untuk menyimpan
- Lemari gantung
- Lemari bawah meja
- Lemari asap
c. Bak cuci
d. Listrik
e. Gas
f. Papan tulis
4. Tata Ruang Laboratorium
Untuk mengatur tata ruang ditentukan hal-hal sebagai berikut :
a. Jenis laboratorium
- Laboratorium Biologi
- Laboratorium Fisika
- Laboratorium Kimia
- Laboratorium General Science (IPA)
b. Penggunaan laboratorium
- Untuk kegiatan siswa secara individual
- Untuk kegiatan siswa secara kelompok
- Untuk kegiatan diskusi
- Untuk kegiatan demontrasi/pengajaran
Arsyad Riyadi November 04, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Dalam blog ini, memang materi kimia masih sangat minim. Akhirnya, diawali dengan membaca silabus IPA Kimia untuk SMP, sedikit-demi sedikit materi ini akan kami susun.
Kimia sendiri dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang komposisi dan sifat zat/materi. Ilmu kimia sendiri dibagi dalam beberapa bidang kajian, seperti kimia analitik, kimia organik, kimia anorganik, biokimia maupun energi nuklir. Untuk SMP tentunya kimia lebih ke arah pengenalan yang akan menjadi dasar pada tingkat selanjutnya.
Apa saja sih, yang dipelajari dalam Kimia tingkat SMP?
Klasifikasi zat
Dalam kimia, zat dapat dibagi menjadi 3 golongan yaitu asam, basa dan garam. Sebenatnya dalam kehidupan sehari-hari kita pun sering menemukannya bahkan mengkonsumsinya. Misalnya asam yang terdapat dalam berbagai buah-buahan dengan ciri khas asam rasanya. Basa bisa kita temukan dalam berbagai produk rumah tangga, seperti sabun mandi, detergen maupun obat maag. Ciri khasnya pahit. Kemudian ada garam yang bisa ditemukan dalam bentuk garam dapur, misalnya.
Dalam mengklasifikasi zat juga mulai dikenalkan berbagai nama dan unsur kimia sederhana. Misalnya H (Hidrogen), O (Oksigen), C (Karbon), Fe (Ferum), Pb (Timbal), Ag (Argentum/Perak), Au (Aurum/Emas), Pt (Platina) dan sebagainya.
Zat-zat juga dapat dikelompokkan sebagai unsur, senyawa, atau campuran.
Contoh unsur sudah disebutkan di atas. Senyawa diperoleh dari gabungan dua unsur atau lebih. Tentunya melalui reaksi kimia. Misalnya Hidrogen + Oksigen membentuk Air, Natrium dan Klor membentuk Natrium klorida (NaCl) dan sebagainya.
Bagaimana dengan campuran? Dalam campuran sifat-sifat penyusunnya tanpak pada campuran yang dihasilkan. Misalnya air kopi. Dalam air kopi tampak jelas sifat cairnya (dari air), pahit (dari kopi) dan manis (dari gulanya). Bandingkan dengan senyawa? Misalnya garam dapur yang tersusun dari logam nastrium dan gas klor yang berbahaya. Tetapi ketika bereaksi menjadi NaCl sama sekali bukan zat yang berbahaya
Sifat-Sifat dalam Perubahan Fisika dan Kimia
Selanjutnya dikenalkan mengenai berbagai sifat fisika dan kimia pada suatu zat. Misalnya, bentuk, ukuran, massa jenis, warna merupakan contoh sifat fisika. Tetapi mudah berkarat maupun mudah terbakar merupakan contoh sifat kimia suatu zat.
Di alam ini ada dua jenis perubahan, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Perubahan fisika lebih kepada perubahan yang tidak menimbulkan zat baru. Misalnya es menjadi air kemudian menjadi uap. Atau batangan emas berubah menjadi kalung/liontin, cincin maupun perhiasan lain yang semuanya hanyalah terjadi perubahan bentuk.
Contoh perubahan kimia misalnya besi berkarat, makanan membusuk. kayu terbakar dan lainnya. Dalam perubahan kimia ini akan dihasilkan zat baru. Misalnya pada kayu terbakar, beda kan antara kayu dengan arang yang dihasilkan.
Terkait dengan sifat dalam perubahan fisika dan kimia juga dibahas mengenai pemisahan campuran. Berbagai cara memisahkan campuran yang dipelajari meliputi filtrasi (penyaringan), dekantasi, sentrifugasi, evaporasi (penguapan), distilasi (penyulingan), corong pisah, kromatografi, sublimasi, ekstraksi (penyarian) dan daya tarik listrik juga dipelajari dalam kimia SMP.
Semoga dengan mengenal kimia lebih dini, maka pemahaman kita mengenai ilmu kimia akan lebih baik, khususnya ketika melihat/menemui penerapan kimia dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam mempelajari kimia pada tingkat selanjutnya.
Contoh kunci determinasi |
Ciri-ciri morfologi pada tumbuhan, misalha bentuk daun, sistem akar, jumlah keping biji, bentuk urat atau tulang daun, ruas batang maupun jumlah bagian-bagian bunga. Ciri-ciri morfologi pada hewan, misalnya jumlah kaki, macam alat gerak, alat pernapasan, jenis penutuo tubuh, dan cara berkembangbiak.
Contoh kunci dikotomi tumbuhan
1. a. Ukuran tubuh mikroskopis ......................................................................2
b. Ukuran tubuh makroskopis .....................................................................2
2. a. Tidak memiliki akar, batang, dan daun ................Tumbuhan tak berpembuluh
b. Memiliki akar, batang, dan daun ..............................................................3
3. a. Akar tunggang ........................................................................................4
b. Akar serabut ...........................................................................................4
4. a. Daun tidak berbentuk seperti pita ..............................................................5
b. Daun berbentuk seperti pita.......................................................................5
5. a. Daun berbentuk jantung atau ginjal ............................................................6
b. Daun tidak berbentuk ginjal.......................................................................6
6. a. Tulang daun sejajar ..................................................................................7
b. Tulang daun menyirip atau menjari........................... ........Tumbuhan dikotil
7. a. Daun berpelepah ..............................................................Rumput-rumputan
b. Daun tidak berpelepah ..........................................................dan selanjutnya
Contoh kunci determinasi untuk hewan Avertebrata
1. a. Hewan makroskopis .................................................................................2
b. Hewan mikroskopis ......................................................................Protozoa
2. a. Bentuk hewan teratur ...............................................................................3
b. Bentuk hewan tidak teratur.....................................................Hewan berpori
3. a. Mempunyai kaki.....................................................................................10
b. Tidak mempunyai kaki..............................................................................4
4. a. Mempunyai tentakel..................................................................................5
b.Tidak mempunyai tentakel..........................................................................6
5. a. Tubuhnya lunak dan bentuknya silindris atau bentuk mangkuk...Hewan berongga
b. Tubuhnya lunak ditutupi cangkang yang keras...............................Hewan lunak
6. a. Tubuh halus dan silindris............................................................................8
b. Tubuh tidak halus dan silindris....................................................................7
7. a. Tubuh ditutup dengan kulit yang licin..........................................Cacing pipih
b. Tubuh kasar ditutupi duri.................................................Hewan berkulit duri
8. a. Tubuh pendek dan halus ........................................................Larva serangga
b. Tubuh panjang dan ramping........................................................................9
9. a. Tubuh terbagi atas ruas-ruas....................................................Cacing gelang
b. Tubuh tidak beruas-ruas.............................................................Cacing gilik
10. a. Mempunyai 3 pasang kaki dan tubuh dibagi 3 bagian ........................Serangga
b. Mempunyai lebih 3 pasang kaki.................................................................11
11. a. Mempunyai 4 pasang kaki....................................................Bangsa laba-laba
b. Mempunyai lebih dari 4 pasang kaki...........................................................12
12. a. Mempunyai 5 - 14 pasang kaki ............................................................Udang
b. Kaki banyak (lebih dari 14 pasang).............................................Bangsa lipan
Contoh kunci determinasi untuk hewan Vertebrata
1. a. Berbulu..............................................................................................Burung
b. Tidak berbulu..............................................................................................2
2. a. Berambut..........................................................................................Mamalia
b. Tidak berambut............................................................................................3
3. a. Mempunyai sirip berpasangan ..................................................................Ikan
b. Tidak mempunyai sirip berpasangan...............................................................4
4. a. Kulit bersisik......................................................................................Reptilia
b. Kulit tidak bersisik.............................................................................Amphibia
Terus bagaiman menggunakan kunci dikotomi tersebut?
1. Bacalah kunci dikotomi dari permulaan
2. Cocokkan ciri-cir makhluk hidup yang kita amati dengan ciri-ciri yang terdapat pada kunci dikotomi
3. Jika ciri-ciri yang terdapat pada kunci dikotomi cocok dengan ciri-ciri makhluk hidup yang kita amati, catat nomornya dan lanjutkan pada pembacaan kunci pad nomor berikutnya
4. Determinasi suatu individu berakhir jika pada akhir pernyataan menunjukkan hewan atau tumbuhan.
Contoh :
Kunci determinasi untuk ikan adalah 1b, 2b, 3a
Kunci determinasi untuk amphibia adalah 1b, 2b, 3b, 4a
Sumber :
Daroji, Haryati. 2007. Sukses Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 1. Solo : Tiga Serangkai
Sumber gambar : http://biology-knowledges.blogspot.co.id/2012/04/kunci-determinasi-kunci-dikotom.html Arsyad Riyadi Oktober 27, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Berikut adalah berbagai hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan.
Hama
Hama tumbuhan merupakan organisme yang menyerang tumbuhan sehingga pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan tersebut terganggu. Hama yang menyerang tumbuhan pada umunya adalah hewan. Misalnya dari kelompok hewan menyusui (kera, tikus, gajah), dari kelompok serangga (walang sangit, wereng, belalang, kumbang, dan kutu daun, maupun dari kelompok burung (burung pipit, manyar dan gelatik).
Di antara hewan-hewan tersebut yang paling banyak menyerang organ tumbuhan adalah serangga.
Misalnya walang sangit yang menyerang biji padi yang masih mudah dan lunak. Akibatnya biji padi menjadi kosong, kadang-kadang berisi tetapi isinya tidak sempurna.
Ulat pengerek yang merupakan fase metamorfosis dari kupu-kupu Scirpophaga innonata menggerek dan merusak batang kemudian menyerbu titik tumbuh padi yang sedang disemai. Ulat tersebut dapat berpindah dau satu batang ke batang yang lain. Serangan ulat pada pucuk daun menyebabkan daun baru tidak akan terbentuk dan pucuk daun menjadi kuning dan akhirnya mati.
Berikut berbagai hewan yang berpotensi sebagai hama di Indonesia.
1. Tupai (Callosciurus natatus) menyerang buah kelapa.
2. Burung gereja (Passer montanus, Oates menyerang padi dan biji rumput-rumputan lain.
3. Codot (Cynopterus spinx, Vahl) menyerang buah dan sari buah.
4. Kepik hijau (Nesara viridula, L) menyerang tanaman palawija (mengisap cairan).
5. Kumbang cula (Xyloptrupes gideon. L) menyerang pucuk batang kelapa.
6. Kumbang kelapa (Oryctes rhinoceros, L) menyerang pucuk batang kelapa atau daun muda.
7. Lalat buah menyerang buah-buahan.
8. Penggerek batang jeagung (Pyrausta nubilalis, Huber) menyerang batang dan biji jagung.
9. Ulat penggerek beras (Dichocrocis punctiferalis, Guen) menyerang bji padi/beras.
10. Ulat daun pisang (Erionota thrax, L) menyerang daun pisang.
11. Wereng cokelat (Nephotettix virescens) menyerang tanaman padi.
12. Tikus menyerang batang dan daun muda tanaman padi.
13. Belalang menyerang tanaman jagung.
Penyakit tumbuhan
Penyakit pada tumbuhan dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, virus, dan alga.
a. Jamur
1) Penyakit pada padi disebabkan oleh jamur Pyricularia oryzae menyebabkan ruas-ruas batang menjadi mudah patah dan tanaman padi akhrinya mati. Jamur Magnaporthe grisea menyebabkan daun padi menguning.
2) Penyakit embun tepung disebabkan oleh jamur Peronospora parasitica. Jamur ini kadang-kadnag menyerang biji yang sedang berkecambah sehingga biji menjadi keropos dan akhirnya mati. Jamur ini kadang-kadang menyerang daun pertama pada kecambah sehingga daun menjadi kerdil. Tumbuhan kerdil ini dapat tumbuh terus tetapi daun-daunnya terdapat bercak-bercak hitam.
3) Penyakit rebah kecambah yang disebabkan oleh serangan cendawan/jamur Phytolium sp. atau Rhizoctonia solani. Penyakit ini menyebabkan leher akar tanaman yang baru tumbuh (sedang berkecambah) menjadi busuk. Jamur yang menyerang akan menyebabkan leher akar mengecil sehingga akar tidak mampu menopang batang. Batang tanaman menjadi busuk dan kering. Akhirnya tanaman yang baru akan rebah.
b. Bakteri
Misalnya penyakit yang menyerang pembuluh tapis batang jeruk (citrus vein phloem degenaration atau CVPD). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Serratia marcesecens. Gejala penyakit ini adalah daun menjadi kecil dan berwarna kuning, buah menjadi kuning, sehingga lama-lama akan mati. Penyakit CVPD yang belum parah dapat diberikan antibiotik terramycin.
c. Virus
Misalnya virusTMV (tobacco mozaik virus) yang menyerang daun tembakau. Virus ini menyerang permukaan atas daun tembakau. Daun tembakau tampak bercak-bercak putih yang mengakibatkan daun tembakau bermutu rendah sehingga tidak laku dijual. Virus juga dapat menyerang jeruk melalui perantara serangga.
d. Alga (ganggang)
Tumbuhan yang diserang alga/ganggang antara lain jeruk, jambu biji dan rambutan. Bagian tumbuhan yang diserang alga/ganggang biasanya bagian daun. Ditandai dengan adanya bercak pada daun, kemudian permukaannya tumbuh rambut berwarna cokelat kemerahan.
e. Gulma
Gulma merupakan tumbuhan pengganggu tanaman budi daya. Gulma bersaing dengan tanaman utama dalam mendapatkan unsur har yang diperlukan untuk pertumbuhannya. Contoh gulma adalah teki ladang (Cyperus rotundus), alang-lang (Imperatus cylindrica) dan daun sendok.
Sumber :
Keumalasari, Dwi. 2014. Suju Sukses Juara Olimpiade Biologi. Jakarta : PT Grasindo
Sumarwan, Sumarwati dan Kusmayadi. 2004. Sains Biologi SMP Jilid 2A Kelas VIII Semester 1. Jakarta : Erlangga
Sumber gambar :
http://pplbkp3baebunta.blogspot.co.id/2014/06/hama-walang-sangit-dan-pengendaliannya.html
Arsyad Riyadi Oktober 24, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
- Penerapan sains untuk pengungkapan kasus kriminal
- Sidik jari
- Identifikasi dalam forensik
- Penentuan jenis kelamin
- Tanda-tanda kematian
- Jenis-jenis kematian
- Penyebab dan cara kematian
- Perkiraan waktu kematian korban
- Pemeriksaan korban kriminalitas
- Pengambilan sampel
Arsyad Riyadi Oktober 20, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Sumber : http://www.wonderwhizkids.com/
651 × 460 - wonderwhizkids.com
|
1. Kelompok yang dapat disebut sebagai besaran fisika adalah…..
A. Suhu, luas, dan waktu
B. Massa, volume, dan kebaikan
C. Massa, panjang, dan kekayaan
D. Waktu, massa, dan kejujuran
Pembahasan :
Besaran fisika : panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, luas, volume, massa jenis, kecepatan, gaya, energi dan sebagainya.
Bukan besaran : kekayaan, kebaikan, kejahatan, kejujuran, keramahan, ketampanan, kecantikan dan sebagainya.
Jawab : A
2. Perhatikan data berikut!
1. Massa jenis
2. Luas
3. Panjang
4. Waktu
5. Kecepatan
6. Suhu
Berdasarkan data tersebut, yang termasuk besaran turunan adalah….
A. 1, 3, 4
B. 1, 2, 5
C. 3, 4, 5
D. 3, 4, 6
Pembahasan :
Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokok.
Misalnya luas, volume, massa jenis, kecepatan, percepatan, gaya, energi, usaha, tekanan dan sebagainya.
3. Kakak mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 40 km/jam. Besaran fisika yang terdapat pada pernyataan tersebut diturunkan dari besaran pokok….
A. Panjang dan waktu
B. Massa dan panjang
C. Suhu dan massa
D. Massa dan waktu
Pembahasan :
Panjang, perpindahan, jarak, diagonal, ketinggian, kedalaman termasuk dalam besaran panjang.
Sehingga besaran pokok pada kecepatan adalah besaran panjang dan waktu.
Jawab : A
4. Perhatikan tabel di bawah ini!
Pasangan besaran, satuan, dan alat ukur yang tepat adalah nomor….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 1, 3, 5
D. 2, 4, 5
Pembahasan
Jawab :
1, 3, 5 (C)
5. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Memiliki satuan baku derajat Celcius
2) Alat untuk mengukur suhu adalah multitester
3) Merupakan ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda
4) Anggota tubuh tidak dapat mengukur suhu dengan tepat
Pernyataan yang benar tentang suhu adalah pernyataan nomor….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Pembahasan :
Suhu
1) Satuan baku dalam Kelvin
2) Alat ukur suhu adalah termometer
3) Suhu merupakam ukuran derajat panas atau dingin sutu benda
4) Anggota tubuh tidak dapat mengukur suhu dengan tepat
Jawab : 1 dan 3 (B)
6. Titik bawah termometer Celcius ditetapkan dengan cara mencelupkan tabungnya ke dalam….
A. Larutan garam
B. Campuran es dan garam
C. Es yang sedang melebur
D. Air yang sedang mendidih
Pembahasan :
Titik bawah termometer Celcius adalah es yang melebur (00C)
Titik atas termometer Celcius adalah air yang mendidih (1000C)
Jawab : C
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Mudah dilihat karena mengkilap
2) Harganya mahal
3) Cepat mengambil panas dari suatu benda yang sedang diukur
4) Termasuk beracun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah
Pernyataan yang benar tentang keuntungan air raksa sebagai bahan pengisi termometer adalah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Pembahasan :
Keuntungan air raksa sebagai pengisi termometer :
1) Mengkilap sehingga mudah dilihat
2) Tidak membasahi dinding
3) Cepat mengambil panas dari benda yang diukur
4) Pemuaiannya teratur
5) Jangkauan pengukurannya besar (-390C – 3570C)
Kelemahan air raksa sebagai pengisi termometer
1) Harganya mahal
2) Merupakan zat yang berbahaya
8. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Masukkan termometer ke dalam wadah yang berisi es yang sedang mencair
2) Bagilah jarak antara tanda batas atas dan batas bawah menjadi 100 bagian yang sama
3) Beri tanda pada termometer ketika ketinggian cairan pengisi termometer tidak berubah, sebagai batas bawah
4) Masukkan termometer ke dalam wadah yang berisi air yang sedang mendidih
5) Beri tanda pada termometer ketika ketinggian cairan pengisi termometer tidak berubah, sebagai batas atas
6) Salinlah batas atas dan batas bawah pada selembar kertas
Urutan langkah-langkah yang benar pada pemberian skala pada termometer tak berskala adalah….
A. 3 – 2 – 5 – 6 – 1 – 4
B. 2 – 5 – 1 – 3 – 6 – 4
C. 3 – 5 – 1 – 4 – 2 – 6
D. 1 – 3 – 4 – 5 – 6 – 2
Pembahasan :
Urutan langkah-langkah yang benar pada pemberian skala pada termometer tak berskala adalah :
1) Masukkan termometer ke dalam wadah yang berisi es yang sedang mencair
2) Beri tanda pada termometer ketika ketinggian cairan pengisi termometer tidak berubah, sebagai batas bawah
3) Masukkan termometer ke dalam wadah yang berisi air yang sedang mendidih
4) Beri tanda pada termometer ketika ketinggian cairan pengisi termometer tidak berubah, sebagai batas atas
5) Salinlah batas atas dan batas bawah pada selembar kertas
6) Bagilah jarak antara tanda batas atas dan batas bawah menjadi 100 bagian yang sama
Jawab : D
9. Perhatikan tabel titik tetap untuk beberapa jenis termometer di bawah ini!
Data yang sesuai untuk titik tetap bawah dan titik tetap atas dengan termometer Fahrenheit, Reamur, Kelvin, dan Celcius adalah….
A. 3, 2, 1 dan 4
B. 2, 3, 4 dan 1
C. 4, 3, 1 dan 2
D. 3, 2, 4 dan 1
Pembahasan
Jawab : A
10. Suatu termometer X mengukur suhu es sedang melebur pada -100X dan mengukur suhu air mendidih pada 1100X. Termometer Celcius mengukur suhu benda tersebut adalah 400C. Suhu benda tersebut jika diukur dengan termometer X adalah….
A. 380X
B. 390X
C. 400X
D. 410X
Pembahasan :
Sederhanakan satuannya, dengan masing-masing dibagi 20 sehingga menjadi
Masukkan C = 40
Sehinga, diperoleh
Jadi, ketika termometer Celcius menunjukkan 400C maka termometer skala X menunjukkan 400X.
Jawab : A
Arsyad Riyadi Oktober 12, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia