Besaran dan Bukan Besaran

kecantikan bukan besaran

Dalam fisika dikenal 7 besaran pokok. Besaran yang dimaksud meliputi besaran panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat. Ciri besaran tersebut pastilah ada alat pengukurnya. Otomatis yang namanya besaran pasti terukur.

Sehingga kalau ditemukan adanya ukuran-ukuran lain seperti kecantikan, kekayaan, kegantengan, kehalusan budi, kejujuran, kedisiplinan dianggap bukan besaran dalam fisika.

Seperti pada gambar  di samping. Apakah ukuran kecantikannya? Seperti Agnes Monica? Jenifer Lopez? Madonna? Marilyn Monroy? Atau siapapun. Berapa nilai kecantikannya? 10, 80, 100 atau berapa? Terus alat ukurnya apa?

Demikian juga dengan kekayaan. Apakah yang dimaksud orang kaya adalah orang yang memiliki banyak rumah, banyak mobil-mobil mewah, punya apartemen di sana sini, dan sebagainya? Tentunya tidak ada alat ukurnya.

Hal ini berbeda dengan besaran dalam fisika, misalnya panjang. Panjang ini bisa ditunjukkan dengan satuan cm, m, dm,km, km, mil, bahkan tahun cahaya. Dan jelas yang namanya 100 m ya segitu. 1 meter ya segini dan seterusnya. Alat ukurnya pun jelas. Bisa mistar/penggaris, jangka sorong, mikrometer sekrup dan lainnya.

Secara ringkas berikut adalah besaran dan satuan dalam fisika.
1. Panjang memiliki satuan meter (m).
2. Massa memiliki satuan kilogram (kg)
3. Waktu memiliki satuan detik atau sekon (s)
4. Suhu memiliki satuan kelvin (K)
5. Kuat arus listrik memiliki satuan ampere (A)
6. Intensitas cahaya memiliki satuan kandela (Cd)
7. Jumlah zat memiliki satuan mol

Satuan yang dituliskan di atas dalam bentuk SI (Satuan Internasional) atau MKS (meter, kilogram, sekon). Selain ke-7 besaran di atas yang disebut sebagai besaran pokok, nanti akan dikenal juga istilah  besaran turunan. 

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari satuan besaran pokok. Misalnya luas yang didefinisikan sebagai panjang x lebar. Lebar juga termasuk panjang, yaitu panjang ke samping. Tetapi lebar dimasukkan ke dalam besaran panjang. Besaran panjang lain selain lebar, misalnya tinggi, kedalaman, jarak, jari-jari, diagonal dan sejenisnya juga masuk besaran panjang.
Sehingga luas = panjang x lebar diturunkan dari besaran panjang.

Pembahasan mengenai besaran turunan bisa ditunggu pada postingan selanjutnya. Selamat belajar. Salam sains.











Sumber gambar : 
http://www.akuratpost.com/wp-content/uploads/2015/09/Dapatkan-Kecantikan-Wajah.jpg

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Channel Youtube

Postingan Acak

Total Tayangan Halaman

Pengikut