Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
-
Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
[image: Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional]
Emotional Intelligence - Daniel GolemanBuku ...
Ujian Praktek IPA Fisika SMP Tahun 2017 kembali akan dilaksanakan sebagai agenda rutin. Ujian praktek ini rencananya dilaksanakan pada tanggal 20 - 25 Maret 2017, dengan mapel IPA Fisika di antara tanggal tersebut. Mengapa sih harus ada ujian praktek fisika. Sekedar menggugurkan kewajiban ataukah ada hal lain yang lebih esensial.
Ya..IPA Fisika bisa dianggap sebagai salah satu pelajaran yang membosankan bagi sebagian siswa atau setidaknya bukan pelajaran favorit bagi siswa. Menjadi tugas guru fisikalah untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan bermakna.
Ujian praktek sebagai salah satu rangkaian ujian yang harus diikuti oleh siswa menjadi salah satu alat evaluasi yang sepenuhnya melibatkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk itu diperlukan persiapan/perancangan yang matang agar ketiga ranah tersebut dapat tercapai secara optimal. Hal ini membutuhkan pemikiran, waktu, biaya dan pendukung yang tidak sedikit.
Ujian praktek fisika telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Materi yang diujikan pun bervariasi. Pada tahun 2015 siswa dituntut untuk dapat membuat alar peraga yang berlandaskan pada prinsip-prinsip dalam fisika. Prinsip-prinsip yang dimaksud meliputi pengukuran, perubahan energi, hukum Newton, tekanan, kelistrikan dan sebagainya. Pada tahun 2016, ujian praktek fisika lebih banyak ke materi-materi dasar yaitu pengukuran dengan tambahan materi getaran. Pada tahun 2017 ini, materi ujian praktek fisika masih sama dengan materi tahun sebelumnya.
Dengan dilaksanakan ujian praktek fisika ini diharapkan laboratorium IPA, khususnya fisika, akan lebih “hidup” lagi apalagi sebagai jantungnya pelajaran IPA.
Dengan diadakan Ujian Praktek IPA Fisika ini diharapkan akan mampu :
1. meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar fisika
2. meningkatkan motivasi belajar siswa
3. meningkatkan kreativitas siswa
4. meningkatkan ketrampilan siswa dalam menggunakan peralatan laboratorium
Materi yang diujikan dalam ujian praktek IPA Fisika tahun 2017 ini adalah sebagai berikut :
1. Pengukuran massa
2. Pengukuran luas benda teratur
3. Pengukuran volume benda
4. Pengukuran massa jenis zat padat
5. Pengukuran massa jenis zat cair
6. Getaran selaras pada ayunan
7. Getaran selaras pada pegas
Arsyad Riyadi
Maret 09, 2017
New Google SEO
Bandung, Indonesia
Ya..IPA Fisika bisa dianggap sebagai salah satu pelajaran yang membosankan bagi sebagian siswa atau setidaknya bukan pelajaran favorit bagi siswa. Menjadi tugas guru fisikalah untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan bermakna.
Ujian praktek sebagai salah satu rangkaian ujian yang harus diikuti oleh siswa menjadi salah satu alat evaluasi yang sepenuhnya melibatkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk itu diperlukan persiapan/perancangan yang matang agar ketiga ranah tersebut dapat tercapai secara optimal. Hal ini membutuhkan pemikiran, waktu, biaya dan pendukung yang tidak sedikit.
Ujian praktek fisika telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Materi yang diujikan pun bervariasi. Pada tahun 2015 siswa dituntut untuk dapat membuat alar peraga yang berlandaskan pada prinsip-prinsip dalam fisika. Prinsip-prinsip yang dimaksud meliputi pengukuran, perubahan energi, hukum Newton, tekanan, kelistrikan dan sebagainya. Pada tahun 2016, ujian praktek fisika lebih banyak ke materi-materi dasar yaitu pengukuran dengan tambahan materi getaran. Pada tahun 2017 ini, materi ujian praktek fisika masih sama dengan materi tahun sebelumnya.
Dengan dilaksanakan ujian praktek fisika ini diharapkan laboratorium IPA, khususnya fisika, akan lebih “hidup” lagi apalagi sebagai jantungnya pelajaran IPA.
Dengan diadakan Ujian Praktek IPA Fisika ini diharapkan akan mampu :
1. meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar fisika
2. meningkatkan motivasi belajar siswa
3. meningkatkan kreativitas siswa
4. meningkatkan ketrampilan siswa dalam menggunakan peralatan laboratorium
Materi yang diujikan dalam ujian praktek IPA Fisika tahun 2017 ini adalah sebagai berikut :
1. Pengukuran massa
2. Pengukuran luas benda teratur
3. Pengukuran volume benda
4. Pengukuran massa jenis zat padat
5. Pengukuran massa jenis zat cair
6. Getaran selaras pada ayunan
7. Getaran selaras pada pegas
Bukan tanpa alasan materi yang diambilkan adalah mengenai pengukuran dengan tambahan getaran. Hal ini menyesuaikan dengan ketercukupan alat maupun perkiraan waktu yang terbatas agar ujian praktek tersebut dapat berjalan sesuai jadwal serta tidak terlalu memberatkan peserta ujian.
Berikut adalah kisi-kisi Ujian Praktek IPA Fisika Tahun 2017 yang akan dilaksanakan.
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
1
|
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam
dengan menggunakan peralatan
|
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta
satuannya
|
Pengukuran massa benda
|
Menentukan massa benda padat dan
benda cair
|
Menentukan luas bidang benda
beraturan
|
Menentukan besarnya luas bidang
datar
|
|||
Menentukan volume benda
|
Menentukan besarnya benda teratur
dan tidak teratur
|
|||
2
|
Memahami wujud zat dan perubahannya
|
Mendeskripsikan massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
|
Menentukan massa jenis zat padat
teratur
|
Menentukan besarnya massa jenis zat
padat yang teratur
|
Menentukan massa jenis zat padat tidak
teratur
|
Menentukan besarnya massa jenis zat
padat yang tidakteratur
|
|||
3
|
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optik
dalam produk teknologi sehari-hari
|
Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta
parameter-parameternya
|
Getaran selaras pada ayunan
|
Menyelidiki pengaruh massa beban dan
panjang tali getaran selaras pada ayunan
|
Getaran selaras pada pegas
|
Menyelidiki pengaruh massa beban dan
amplitudo getaran selaras pada pegas
|
Bagi para siswa, silakan untuk menyiapkan ujian praktek IPA Fisika tahun 2017 ini dengan lebih baik.
Try Out atau uji coba UN (Ujian Nasional) kembali dilaksanakan. Berikut adalah soal-soal try out UN untuk mata pelajaran IPA SMP beserta pembahasannya. Untuk postingan kali ini diberikan 18 soal dan pembahasan mengenai IPA Fisikanya.
1. Perhatikan gambar posisi beban geser pada neraca empat lengan ketika digunakan untuk menimbang batu.
Berdasarkan posisi beban geser tersebut, hasil penimbangannya adalah….
A. 23,6 gram
B. 180,0 gram
C. 182,4 gram
D. 183,6 gram
Pembahasan :
Berdasarkan posisi beban geser tersebut, maka hasil penimbangannya adalah
100 + 80 + 3 + 0,60 = 183,6 gram
Jawab : D
2. Perhatikan data berikut!
1) Letak partikel berdekatan
2) Gaya tarik partikel sangat kuat
3) Susunan partikel teratur
4) Susunan partikel tidak teratur
5) Gaya partikel sangat lemah
Sifat partikel zat padat ditunjukkan oleh nomor….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
Pembahasan
Sifat partikel zat padat
1) Letak partikel berdekatan
2) Gaya tarik partikel sangat kuat
3) Susunan partikel teratur
Jawab : A
3. Empat orang siswa melakukan percobaan dengan hasil pengukurannya tampak pada tabel berikut!
Dari keempat benda tersebut yang memiliki massa jenis 800 kg/m3, hasil pengukurannya dilakukan oleh siswa….
A. A dan B
B. C dan A
C. C dan D
D. D dan B
Pembahasan
A dan C benar
Jawab : B
4. Perhatikan tabel hasil kepustakaan sebagai berikut!
Berdasarkan tabel di atas, jika keempat logam dipanaskan dalam selang waktu yang sama maka….
A. Perak akan memuai lebih cepat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai besar
B. Perak akan memuai lebih lambat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai besar
C. Alumunium akan memuai lebih lebih cepat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai lebih besar
D. A dan C benar
Pembahasan.
Perhatikan besar koefisien muai panjang masing-masing logam.
Dari data terlihat bahwa urutan logam yang memiliki koefisien muai panjang terbesar sampai terkecil berturut-turut alumunium, perak, tembaga dan besi. Sehingga jika keempat logam tersebut dipanaskan maka, logam alumunium akan mengalami pemuaian paling besar baru kemudian perak, tembaga, dan alumunium.
Jawab : D
5. Perhatikan grafik berikut ini.
Hasil ketik ticker timer yang merujuk pada grafik tersebut ditunjukkan oleh….
Pembahasan
Grafik hubungan v – t di atas merupakan grafik gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dipercepat, yaitu gerak benda yang bergerak dalam lintasan lurus dengan kecepatan bertambah secara teratur (percepatan tetap).
Hasil rekaman ticker timer yang sesuai adalah A.
6. Tiga gaya yang masing-masing besarnya F1 = 22 N, F2 = 18 N, dan F3 = 40 N dikerjakan pada balok kayu. Gaya-gaya yang bekerja pada balok, yang memenuhi hukum I Newton ditunjukkan oleh gambar….
Pembahasan
Pada hukum I Newton atau hukum kelembaman berlaku :
∑F = 0 atau gaya total/resultan gaya = nol.
A. ∑F = F3 – F1 – F2 = 40 – 22 – 18 = 0
B. ∑F = F2 + F3 – F1 = 18 + 40 – 22 = 36 N
C. ∑F = F3 – F1 + F2 = 40 – 22 + 18 = 36 N
D. ∑F = F2 – F1 – F3 = 18 – 22 – 40 = - 44 N
Jawab. A
7. Perhatikan gambar!
Benda dengan massa 1,5 kg jatuh bebas dari posisi A. Maka energi potensial benda saat menyentuh tanah di titik C adalah….
A. 60 J
B. 90 J
C. 100 J
D. 150 J
Pembahasan
Di posisi A :
EP = m. g. h = 1,5. 10 . (4 + 6) = 150 J
EK = 0
EM = EP + EK = 150 + 0 = 150 J
Pada saat menyentuh tanah (titik C)
EM = EP + EK
150 = m.g.h + EK. Dengan ketinggian nol (h = 0) saat menyentuh tanah maka EP nya juga nol, sehingga diperoleh
150 = EK
Atau EK saat menyentuh tanah = 150 J
Jawab : D
8. Kegiatan berikut yang termasuk melakukan usaha dan tidak melakukan usaha adalah….
Pembahasan
Usaha = gaya x perpindahan
Dengan arah gaya searah dengan perpindahannya.
Jawab : A
9. Perhatikan gambar bidang miring berikut!
Gaya yang diperlukan untuk menarik balok tersebut adalah….
A. Dikurangi 95 N
B. Dikurangi 150 N
C. Ditambah 320 N
D. Ditambah 440 N
Pembahasan :
W . h = F . s
550 . 4 = F. 5,5
Atau dengan kata lain gaya yang diperlukan untuk menarik balok dibandingkan dengan beratnya memiliki selisih 550 – 400 = 150 N (atau dikurangi 150 N).
Jawab : B
10. Seekor ikan berada pada bak air seperti pada gambar.
Jika massa jenis air 1 g/cm3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2, tekanan hidrostatis yang diterima ikan adalah….
A. 4.000 N/m2
B. 5.000 N/m2
C. 9.000 N/m2
D. 13.000 N/m2
Pembahasan
ρ = 1 g/cm3 = 1000 kg/m3
g = 10 m/s2
h = 90 cm – 40 cm =50 cm = 0,5 m
P = ρ . g . h = 1000.10.0,5 = 5000 N/m2
Jawab : B
11. Ciri-ciri benda langit dalam tabel berikut yang benar adalah…
Pembahasan
Asteroid atau planetoid planet-planet kecil yang bergerak mengelilingi matahari dengan lintasanya antara planet Mars dan Jupiter.
Bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.
Komet (bintang berekor) merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan yang sangat lonjong.
Meteorid adalah batuan-batuan kecil yang melayang-layang di angkasa. Meteor merupakan meteorid yang jatuh dan masuk ke atmosfer bumi dan habis terbakar sebelum sampai permukaan bumi.
Jawab : C
12. Perhatikan gambar berikut!
Besarnya amplitudo dan cepat rambat gelombang berturut-turut adalah….
A. 20 cm dan 5 cm/s
B. 20 cm dan 10 cm/s
C. 10 cm dan 5 cm/s
D. 10 cm dan 10 cm/s
Pembahasan
Amplitudo (A) = 10 cm
Jawab : C
Catatan :
Cepat rambat gelombang juga dirumuskan dengan
Dengan λ = panjang gelombang, T = periode, dan f = frekuensi.
13. Agus memukul kentongan di antara dua tembok yang berhadapan. Bunyi pantul dari tembok pertama terdengar 1,5 sekon sesudah kentongan dipukul, disusul bunyi pantul dari dinding kedua 0,5 sekon setelah bunyi pantul pertama. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, maka jarak di antara kedua tembok adalah….
A. 170 m
B. 340 m
C. 425 m
D. 595 m
Pembahasan :
Jarak antara dua tembok yang berhadapan dapat dicari dengan menghitung pemantulan bunyi dari masing-masing tembok.
Jarak dua tembok = jarak pemantulan dari tembok 1 + jarak pemantulan dari tembok 2
t1 = 1,5 sekon dan t2 = 1,5 + 0,5 = 2 sekon, sehingga diperoleh
Jawab : D
14. Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 45 cm. Agar ia dapat membaca paling jelas pada jarak 25 cm, kekuatan lensa yang diperlukan adalah….
A. 1,2 dioptri
B. 1,5 dioptri
C. 1,8 dioptri
D. 2,0 dioptri
Pembahasan :
Diketahui :
s = - 45 cm
s’ = 25 cm
Atau
Dengan PP = 45 cm dan s = 25 cm berlaku rumus berikut.
Jawab : C
15. Perhatikan gambar interaksi bola konduktor bermuatan di bawah ini!
Jika bola konduktor P bermuatan positif, maka gaya interaksi yang terjadi, ketika bola P didekatkan bola S, dan bola R didekatkan bola Q berturut-turut adalah….
A. P – S tarik menarik dan R – Q tarik menarik
B. P – S tarik-menarik dan R – Q tolak menolak
C. P – S tolak menolak dan R – Q tarik menarik
D. P – S tolak menolak dan P – Q tarik menarik
Pembahasan :
P (+) dengan R tarik menarik maka R (-). P (+) dengan T tolak-menolak maka T juga bermuatan (+).
S tarik-menarik dengan R, sedangkan R bermuatan (-) maka S akan bermuatan (+). Q tolak-menolak dengan S yang bermuatan (+) maka Q juga bermuatan (+).
Dapat dituliskan :
P (+)
Q (+)
R (-)
S (+)
T (+)
Sehingga
P (+) dengan S (+) akan tolak-menolak
Dan R (-) dengan Q (+) akan tarik-menarik
Jawab : C
16. Perhatikan gambar rangkaian berikut!
Kuat arus yang mengalir melalui rangkaian listrik (I) adalah…..
A. 6,0 A
B. 4,0 A
C. 2,4 A
D. 2,0 A
Pembahasan
Jawab : C
17. Sebuah keluarga menggunakan energi listrik dalam sebulan (30 hari) untuk alat-alat seperti pada tabel berikut!
Dari tabel tersebut daya listrik masing-masing alat adalah….
Pembahasan
W = P x t
Energi yang digunakan = daya x waktu
Mesin cuci :
7,2 kWh = P x 2 x 30 jam
7200 Wh = 60 jam x P
P = 7200/60 = 120 W
Lampu pijar :
12 kWh = P x 8 x 30 jam
12000 Wh = 240 jam x P
P = 12000/240 = 50 W
TV :
72 kWh = P x 6 x 30 jam
72000 Wh = 180 jam x P
P = 72000/180 = 400 W
Jawab : A
18. Sebuah magnet jarum berada di antara dua buah magnet batang. Posisi magnet jarum yang benar ditunjukkan oleh gambar….
Pembahasan
Posisi magnet yang benar kutub-kutub yang berlawanan akan berdekatan. S – U – S – U – S – U atau U – S – U – S – U – S
Jawab : D
Demikianlah soal dan pembahasan Try Out 2 UN IPA Fisika SMP. Kalau ada soal atau pembahasan yang kurang memuaskan atau keliru mohon koreksinya. Arsyad Riyadi Februari 26, 2017 New Google SEO Bandung, Indonesia
1. Perhatikan gambar posisi beban geser pada neraca empat lengan ketika digunakan untuk menimbang batu.
Berdasarkan posisi beban geser tersebut, hasil penimbangannya adalah….
A. 23,6 gram
B. 180,0 gram
C. 182,4 gram
D. 183,6 gram
Pembahasan :
Berdasarkan posisi beban geser tersebut, maka hasil penimbangannya adalah
100 + 80 + 3 + 0,60 = 183,6 gram
Jawab : D
2. Perhatikan data berikut!
1) Letak partikel berdekatan
2) Gaya tarik partikel sangat kuat
3) Susunan partikel teratur
4) Susunan partikel tidak teratur
5) Gaya partikel sangat lemah
Sifat partikel zat padat ditunjukkan oleh nomor….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
Pembahasan
Sifat partikel zat padat
1) Letak partikel berdekatan
2) Gaya tarik partikel sangat kuat
3) Susunan partikel teratur
Jawab : A
3. Empat orang siswa melakukan percobaan dengan hasil pengukurannya tampak pada tabel berikut!
Dari keempat benda tersebut yang memiliki massa jenis 800 kg/m3, hasil pengukurannya dilakukan oleh siswa….
A. A dan B
B. C dan A
C. C dan D
D. D dan B
Pembahasan
A dan C benar
Jawab : B
4. Perhatikan tabel hasil kepustakaan sebagai berikut!
Berdasarkan tabel di atas, jika keempat logam dipanaskan dalam selang waktu yang sama maka….
A. Perak akan memuai lebih cepat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai besar
B. Perak akan memuai lebih lambat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai besar
C. Alumunium akan memuai lebih lebih cepat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai lebih besar
D. A dan C benar
Pembahasan.
Perhatikan besar koefisien muai panjang masing-masing logam.
Dari data terlihat bahwa urutan logam yang memiliki koefisien muai panjang terbesar sampai terkecil berturut-turut alumunium, perak, tembaga dan besi. Sehingga jika keempat logam tersebut dipanaskan maka, logam alumunium akan mengalami pemuaian paling besar baru kemudian perak, tembaga, dan alumunium.
Jawab : D
5. Perhatikan grafik berikut ini.
Hasil ketik ticker timer yang merujuk pada grafik tersebut ditunjukkan oleh….
Pembahasan
Grafik hubungan v – t di atas merupakan grafik gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dipercepat, yaitu gerak benda yang bergerak dalam lintasan lurus dengan kecepatan bertambah secara teratur (percepatan tetap).
Hasil rekaman ticker timer yang sesuai adalah A.
6. Tiga gaya yang masing-masing besarnya F1 = 22 N, F2 = 18 N, dan F3 = 40 N dikerjakan pada balok kayu. Gaya-gaya yang bekerja pada balok, yang memenuhi hukum I Newton ditunjukkan oleh gambar….
Pembahasan
Pada hukum I Newton atau hukum kelembaman berlaku :
∑F = 0 atau gaya total/resultan gaya = nol.
A. ∑F = F3 – F1 – F2 = 40 – 22 – 18 = 0
B. ∑F = F2 + F3 – F1 = 18 + 40 – 22 = 36 N
C. ∑F = F3 – F1 + F2 = 40 – 22 + 18 = 36 N
D. ∑F = F2 – F1 – F3 = 18 – 22 – 40 = - 44 N
Jawab. A
7. Perhatikan gambar!
Benda dengan massa 1,5 kg jatuh bebas dari posisi A. Maka energi potensial benda saat menyentuh tanah di titik C adalah….
A. 60 J
B. 90 J
C. 100 J
D. 150 J
Pembahasan
Di posisi A :
EP = m. g. h = 1,5. 10 . (4 + 6) = 150 J
EK = 0
EM = EP + EK = 150 + 0 = 150 J
Pada saat menyentuh tanah (titik C)
EM = EP + EK
150 = m.g.h + EK. Dengan ketinggian nol (h = 0) saat menyentuh tanah maka EP nya juga nol, sehingga diperoleh
150 = EK
Atau EK saat menyentuh tanah = 150 J
Jawab : D
8. Kegiatan berikut yang termasuk melakukan usaha dan tidak melakukan usaha adalah….
Pembahasan
Usaha = gaya x perpindahan
Dengan arah gaya searah dengan perpindahannya.
Jawab : A
9. Perhatikan gambar bidang miring berikut!
Gaya yang diperlukan untuk menarik balok tersebut adalah….
A. Dikurangi 95 N
B. Dikurangi 150 N
C. Ditambah 320 N
D. Ditambah 440 N
Pembahasan :
W . h = F . s
550 . 4 = F. 5,5
Atau dengan kata lain gaya yang diperlukan untuk menarik balok dibandingkan dengan beratnya memiliki selisih 550 – 400 = 150 N (atau dikurangi 150 N).
Jawab : B
10. Seekor ikan berada pada bak air seperti pada gambar.
Jika massa jenis air 1 g/cm3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2, tekanan hidrostatis yang diterima ikan adalah….
A. 4.000 N/m2
B. 5.000 N/m2
C. 9.000 N/m2
D. 13.000 N/m2
Pembahasan
ρ = 1 g/cm3 = 1000 kg/m3
g = 10 m/s2
h = 90 cm – 40 cm =50 cm = 0,5 m
P = ρ . g . h = 1000.10.0,5 = 5000 N/m2
Jawab : B
11. Ciri-ciri benda langit dalam tabel berikut yang benar adalah…
Pembahasan
Asteroid atau planetoid planet-planet kecil yang bergerak mengelilingi matahari dengan lintasanya antara planet Mars dan Jupiter.
Bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.
Komet (bintang berekor) merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan yang sangat lonjong.
Meteorid adalah batuan-batuan kecil yang melayang-layang di angkasa. Meteor merupakan meteorid yang jatuh dan masuk ke atmosfer bumi dan habis terbakar sebelum sampai permukaan bumi.
Jawab : C
12. Perhatikan gambar berikut!
Besarnya amplitudo dan cepat rambat gelombang berturut-turut adalah….
A. 20 cm dan 5 cm/s
B. 20 cm dan 10 cm/s
C. 10 cm dan 5 cm/s
D. 10 cm dan 10 cm/s
Pembahasan
Amplitudo (A) = 10 cm
Jawab : C
Catatan :
Cepat rambat gelombang juga dirumuskan dengan
Dengan λ = panjang gelombang, T = periode, dan f = frekuensi.
13. Agus memukul kentongan di antara dua tembok yang berhadapan. Bunyi pantul dari tembok pertama terdengar 1,5 sekon sesudah kentongan dipukul, disusul bunyi pantul dari dinding kedua 0,5 sekon setelah bunyi pantul pertama. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, maka jarak di antara kedua tembok adalah….
A. 170 m
B. 340 m
C. 425 m
D. 595 m
Pembahasan :
Jarak antara dua tembok yang berhadapan dapat dicari dengan menghitung pemantulan bunyi dari masing-masing tembok.
Jarak dua tembok = jarak pemantulan dari tembok 1 + jarak pemantulan dari tembok 2
t1 = 1,5 sekon dan t2 = 1,5 + 0,5 = 2 sekon, sehingga diperoleh
Jawab : D
14. Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 45 cm. Agar ia dapat membaca paling jelas pada jarak 25 cm, kekuatan lensa yang diperlukan adalah….
A. 1,2 dioptri
B. 1,5 dioptri
C. 1,8 dioptri
D. 2,0 dioptri
Pembahasan :
Diketahui :
s = - 45 cm
s’ = 25 cm
Atau
Dengan PP = 45 cm dan s = 25 cm berlaku rumus berikut.
Jawab : C
15. Perhatikan gambar interaksi bola konduktor bermuatan di bawah ini!
Jika bola konduktor P bermuatan positif, maka gaya interaksi yang terjadi, ketika bola P didekatkan bola S, dan bola R didekatkan bola Q berturut-turut adalah….
A. P – S tarik menarik dan R – Q tarik menarik
B. P – S tarik-menarik dan R – Q tolak menolak
C. P – S tolak menolak dan R – Q tarik menarik
D. P – S tolak menolak dan P – Q tarik menarik
Pembahasan :
P (+) dengan R tarik menarik maka R (-). P (+) dengan T tolak-menolak maka T juga bermuatan (+).
S tarik-menarik dengan R, sedangkan R bermuatan (-) maka S akan bermuatan (+). Q tolak-menolak dengan S yang bermuatan (+) maka Q juga bermuatan (+).
Dapat dituliskan :
P (+)
Q (+)
R (-)
S (+)
T (+)
Sehingga
P (+) dengan S (+) akan tolak-menolak
Dan R (-) dengan Q (+) akan tarik-menarik
Jawab : C
16. Perhatikan gambar rangkaian berikut!
Kuat arus yang mengalir melalui rangkaian listrik (I) adalah…..
A. 6,0 A
B. 4,0 A
C. 2,4 A
D. 2,0 A
Pembahasan
Jawab : C
17. Sebuah keluarga menggunakan energi listrik dalam sebulan (30 hari) untuk alat-alat seperti pada tabel berikut!
Dari tabel tersebut daya listrik masing-masing alat adalah….
Pembahasan
W = P x t
Energi yang digunakan = daya x waktu
Mesin cuci :
7,2 kWh = P x 2 x 30 jam
7200 Wh = 60 jam x P
P = 7200/60 = 120 W
Lampu pijar :
12 kWh = P x 8 x 30 jam
12000 Wh = 240 jam x P
P = 12000/240 = 50 W
TV :
72 kWh = P x 6 x 30 jam
72000 Wh = 180 jam x P
P = 72000/180 = 400 W
Jawab : A
18. Sebuah magnet jarum berada di antara dua buah magnet batang. Posisi magnet jarum yang benar ditunjukkan oleh gambar….
Pembahasan
Posisi magnet yang benar kutub-kutub yang berlawanan akan berdekatan. S – U – S – U – S – U atau U – S – U – S – U – S
Jawab : D
Demikianlah soal dan pembahasan Try Out 2 UN IPA Fisika SMP. Kalau ada soal atau pembahasan yang kurang memuaskan atau keliru mohon koreksinya. Arsyad Riyadi Februari 26, 2017 New Google SEO Bandung, Indonesia
Try Out atau uji coba UN (Ujian Nasional) 2017 kembali dilaksanakan di sekolah. Berikut adalah soal-soal try out UN untuk mata pelajaran IPA SMP. Untuk postingan kali ini diberikan 18 soal mengenai IPA Fisikanya. Soal-soal Try Out ini 2017 ini bersumber dari soal-soal UN tahun 2016 dan sumber-sumber lain (misalnya buku Fokus Erlangga, Buku Detik-Detik Intan Pariwara dan lain-lain).
Berikut adalah soal-soal Try Out 2 UN IPA Fisika SMP Tahun 2017
1. Perhatikan gambar posisi beban geser pada neraca empat lengan ketika digunakan untuk menimbang batu.
Berdasarkan posisi beban geser tersebut, hasil penimbangannya adalah….
A. 23,6 gram
B. 180,0 gram
C. 182,4 gram
D. 183,6 gram
2. Perhatikan data berikut!
1) Letak partikel berdekatan
2) Gaya tarik partikel sangat kuat
3) Susunan partikel teratur
4) Susunan partikel tidak teratur
5) Gaya partikel sangat lemah
Sifat partikel zat padat ditunjukkan oleh nomor….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
3. Empat orang siswa melakukan percobaan dengan hasil pengukurannya tampak pada tabel berikut.
Dari keempat benda tersebut yang memiliki massa jenis 800 kg/m3, hasil pengukurannya dilakukan oleh siswa….
A. A dan B
B. C dan A
C. C dan D
D. D dan B
4. Perhatikan tabel hasil kepustakaan sebagai berikut!
Berdasarkan tabel di atas, jika keempat logam dipanaskan dalam selang waktu yang sama maka….
A. Perak akan memuai lebih cepat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai besar
B. Perak akan memuai lebih lambat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai besar
C. Alumunium akan memuai lebih lebih cepat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai lebih besar
D. A dan C benar
5. Perhatikan grafik berikut ini.
Hasil ketik ticker timer yang merujuk pada grafik tersebut ditunjukkan oleh….
6. Tiga gaya yang masing-masing besarnya F1 = 22 N, F2 = 18 N, dan F3 = 40 N dikerjakan pada balok kayu. Gaya-gaya yang bekerja pada balok, yang memenuhi hukum I Newton ditunjukkan oleh gambar….
7. Perhatikan gambar!
Benda dengan massa 1,5 kg jatuh bebas dari posisi A. Maka energi potensial benda di titik B adalah….
A. 60 J
B. 90 J
C. 100 J
D. 150 J
8. Kegiatan berikut yang termasuk melakukan usaha dan tidak melakukan usaha adalah
9. Perhatikan gambar bidang miring berikut!
Gaya yang diperlukan untuk menarik balok tersebut adalah….
A. Dikurangi 95 N
B. Dikurangi 150 N
C. Ditambah 320 N
D. Ditambah 440 N
10. Seekor ikan berada pada bak air seperti pada gambar. Jika massa jenis air 1 g/cm3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2, tekanan hidrostatis yang diterima ikan adalah….
A. 4.000 N/m2
B. 5.000 N/m2
C. 9.000 N/m2
D. 13.000 N/m2
11. Ciri-ciri benda langit dalam tabel berikut yang benar adalah….
12. Perhatikan gambar berikut!
Besarnya amplitudo dan cepat rambat gelombang berturut-turut adalah….
A. 20 cm dan 5 cm/s
B. 20 cm dan 10 cm/s
C. 10 cm dan 5 cm/s
D. 10 cm dan 10 cm/s
13. Agus memukul kentongan di antara dua tembok yang berhadapan. Bunyi pantul dari tembok pertama terdengar 1,5 sekon sesudah kentongan dipukul, disusul bunyi pantul dari dinding kedua 0,5 sekon setelah bunyi pantul pertama. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, maka jarak di antara kedua tembok adalah….
A. 170 m
B. 340 m
C. 425 m
D. 595 m
14. Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 45 cm. Agar ia dapat membaca paling jelas pada jarak 25 cm, kekuatan lensa yang diperlukan adalah….
A. 1,2 dioptri
B. 1,5 dioptri
C. 1,8 dioptri
D. 2,0 dioptri
15. Perhatikan gambar interaksi bola konduktor bermuatan di bawah ini!
Jika bola konduktor P bermuatan positif, maka gaya interaksi yang terjadi, ketika bola P didekatkan bola S, dan bola R didekatkan bola Q berturut-turut adalah….
A. P – S tarik menarik dan R – Q tarik menarik
B. P – S tarik-menarik dan R – Q tolak menolak
C. P – S tolak menolak dan R – Q tarik menarik
D. P – S tolak menolak dan P – Q tarik menarik
16. Perhatikan gambar rangkaian berikut!
Kuat arus yang mengalir melalui rangkaian listrik (I) adalaha…..
A. 6,0 A
B. 4,0 A
C. 2,4 A
D. 2,0 A
17. Sebuah keluarga menggunakan energi listrik dalam sebulan (30 hari) untuk alat-alat seperti pada tabel berikut!
Dari tabel tersebut daya listrik masing-masing alat adalah….
18. Sebuah magnet jarum berada di antara dua buah magnet batang. Posisi magnet jarum yang benar ditunjukkan oleh gambar….
Arsyad Riyadi Februari 06, 2017 New Google SEO Bandung, Indonesia
Berikut adalah soal-soal Try Out 2 UN IPA Fisika SMP Tahun 2017
1. Perhatikan gambar posisi beban geser pada neraca empat lengan ketika digunakan untuk menimbang batu.
Berdasarkan posisi beban geser tersebut, hasil penimbangannya adalah….
A. 23,6 gram
B. 180,0 gram
C. 182,4 gram
D. 183,6 gram
2. Perhatikan data berikut!
1) Letak partikel berdekatan
2) Gaya tarik partikel sangat kuat
3) Susunan partikel teratur
4) Susunan partikel tidak teratur
5) Gaya partikel sangat lemah
Sifat partikel zat padat ditunjukkan oleh nomor….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
3. Empat orang siswa melakukan percobaan dengan hasil pengukurannya tampak pada tabel berikut.
Dari keempat benda tersebut yang memiliki massa jenis 800 kg/m3, hasil pengukurannya dilakukan oleh siswa….
A. A dan B
B. C dan A
C. C dan D
D. D dan B
4. Perhatikan tabel hasil kepustakaan sebagai berikut!
Berdasarkan tabel di atas, jika keempat logam dipanaskan dalam selang waktu yang sama maka….
A. Perak akan memuai lebih cepat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai besar
B. Perak akan memuai lebih lambat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai besar
C. Alumunium akan memuai lebih lebih cepat dibandingkan besi dan tembaga karena memiliki koefisien muai lebih besar
D. A dan C benar
5. Perhatikan grafik berikut ini.
Hasil ketik ticker timer yang merujuk pada grafik tersebut ditunjukkan oleh….
6. Tiga gaya yang masing-masing besarnya F1 = 22 N, F2 = 18 N, dan F3 = 40 N dikerjakan pada balok kayu. Gaya-gaya yang bekerja pada balok, yang memenuhi hukum I Newton ditunjukkan oleh gambar….
7. Perhatikan gambar!
Benda dengan massa 1,5 kg jatuh bebas dari posisi A. Maka energi potensial benda di titik B adalah….
A. 60 J
B. 90 J
C. 100 J
D. 150 J
8. Kegiatan berikut yang termasuk melakukan usaha dan tidak melakukan usaha adalah
9. Perhatikan gambar bidang miring berikut!
Gaya yang diperlukan untuk menarik balok tersebut adalah….
A. Dikurangi 95 N
B. Dikurangi 150 N
C. Ditambah 320 N
D. Ditambah 440 N
10. Seekor ikan berada pada bak air seperti pada gambar. Jika massa jenis air 1 g/cm3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2, tekanan hidrostatis yang diterima ikan adalah….
A. 4.000 N/m2
B. 5.000 N/m2
C. 9.000 N/m2
D. 13.000 N/m2
11. Ciri-ciri benda langit dalam tabel berikut yang benar adalah….
12. Perhatikan gambar berikut!
Besarnya amplitudo dan cepat rambat gelombang berturut-turut adalah….
A. 20 cm dan 5 cm/s
B. 20 cm dan 10 cm/s
C. 10 cm dan 5 cm/s
D. 10 cm dan 10 cm/s
13. Agus memukul kentongan di antara dua tembok yang berhadapan. Bunyi pantul dari tembok pertama terdengar 1,5 sekon sesudah kentongan dipukul, disusul bunyi pantul dari dinding kedua 0,5 sekon setelah bunyi pantul pertama. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, maka jarak di antara kedua tembok adalah….
A. 170 m
B. 340 m
C. 425 m
D. 595 m
14. Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 45 cm. Agar ia dapat membaca paling jelas pada jarak 25 cm, kekuatan lensa yang diperlukan adalah….
A. 1,2 dioptri
B. 1,5 dioptri
C. 1,8 dioptri
D. 2,0 dioptri
15. Perhatikan gambar interaksi bola konduktor bermuatan di bawah ini!
Jika bola konduktor P bermuatan positif, maka gaya interaksi yang terjadi, ketika bola P didekatkan bola S, dan bola R didekatkan bola Q berturut-turut adalah….
A. P – S tarik menarik dan R – Q tarik menarik
B. P – S tarik-menarik dan R – Q tolak menolak
C. P – S tolak menolak dan R – Q tarik menarik
D. P – S tolak menolak dan P – Q tarik menarik
16. Perhatikan gambar rangkaian berikut!
Kuat arus yang mengalir melalui rangkaian listrik (I) adalaha…..
A. 6,0 A
B. 4,0 A
C. 2,4 A
D. 2,0 A
17. Sebuah keluarga menggunakan energi listrik dalam sebulan (30 hari) untuk alat-alat seperti pada tabel berikut!
Dari tabel tersebut daya listrik masing-masing alat adalah….
18. Sebuah magnet jarum berada di antara dua buah magnet batang. Posisi magnet jarum yang benar ditunjukkan oleh gambar….
Arsyad Riyadi Februari 06, 2017 New Google SEO Bandung, Indonesia
Berdasarkan Kisi-kisi UN IPA Fisika - Kimia SMP ada 3 tingkatan/level kognitif yaitu meliputi level pengetahuan dan pemahaman, aplikasi serta penalaran.
Level kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ini meliputi kemampuan :
· Mengidentifikasi
· Menyebutkan
· Menunjukkan
· Membedakan
· Mengelompokkan
· Menjelaskan
Level kognitif Aplikasi meliputi kemampuan :
• Mengklasifikasi
• Menginterpretasi
• Menghitung
• Mendeskripsikan
• Memprediksi
• Mengurutkan
• Membandingkan
• Menerapkan
• Memodifikasi
Sedangkan level kognitif Penalaran meliputi kemampuan:
• Menemukan
• Menyimpulkan
• Menggabungkan
• Menganalisis
• Menyelesaikan masalah
• Merumuskan
Lingkup materi UN 2017 berdasarkan kisi-kisi meliputi 3 bagian besar, yaitu
- Pengukuran, zat dan sifatnya
- Mekanika dan tata surya
- Gelombang, listrik dan magnet
Pengukuran, zat dan sifatnya meliputi materi :
- pengukuran
- besaran dan satuan
- konsep zat dan wujudnya
- zat dan perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- campuran
- larutan
Mekanika dan tata surya meliputi :
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
- tata surya
Gelombang, Listrik, dan Magnet meliputi materi :
- getaran dan gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan magnet
Secara lengkap, level kognitif serta lingkup materi UN IPA Fisika – Kimia SMP 2017 dapat dilihat dalam tabel berikut!
Mari kita kupas satu persatu materi-materi UN IPA Fisika – Kimia sebagai berikut ini.
Pengukuran, zat dan sifatnya
1. Pengukuran, besaran dan satuan
- Siswa dapat memahami tentang pengukuran, besaran dan satuan
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pengukuran
- Siswa dapat bernalar tentang pengukuran
2. Konsep zat dan wujudnya
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang konsep zat dan wujudnya
- Siswa dapat memahami tentang konsep zat dan wujudnya
- Siswa dapat dapat bernalar tentang konsep zat dan wujudnya
3. Zat dan perubahannya
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang konsep zat dan wujudnya
- Siswa dapat memahami tentang konsep zat dan wujudnya
- Siswa dapat dapat bernalar tentang konsep zat dan wujudnya
4. Zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- Siswa dapat memahami tentang zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- Siswa dapat dapat bernalar tentang zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
5. Partikel zat
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang partikel zat
- Siswa dapat memahami tentang partikel zat
- Siswa dapat dapat bernalar tentang partikel zat
6. Campuran
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang campuran
- Siswa dapat memahami tentang campuran
- Siswa dapat dapat bernalar tentang campuran
7. Larutan
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang larutan
- Siswa dapat memahami tentang larutan
- Siswa dapat dapat bernalar tentang larutan
Mekanika dan Tata Surya
1. Gerak lurus
- Siswa dapat memahami tentang gerak lurus
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang gerak lurus
- Siswa dapat bernalar tentang gerak lurus
2. Hukum Newton
- Siswa dapat memahami tentang Hukum Newton
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang Hukum Newton
- Siswa dapat bernalar tentang Hukum Newton
3. Usaha dan Energi
- Siswa dapat memahami tentang usaha dan energi
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang usaha dan energi
- Siswa dapat bernalar tentang usaha dan energi
4. Pesawat Sederhana
- Siswa dapat memahami tentang pesawat sederhana
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pesawat sederhana
- Siswa dapat bernalar tentang pesawat sederhana
5. Suhu dan kalor
- Siswa dapat memahami tentang suhu dan kalor
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang suhu dan kalor
- Siswa dapat bernalar tentang suhu dan kalor
6. Tekanan
- Siswa dapat memahami tentang tekanan
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang tekanan
- Siswa dapat bernalar tentang tekanan
7. Tata surya
- Siswa dapat memahami tentang tata surya
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang tata surya
Gelombang, Listrik dan Magnet
1. Getaran dan Gelombang
- Siswa dapat memahami tentang getaran dan gelombang
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang getaran dan gelombang
- Siswa dapat bernalar tentang getaran dan gelombang
2. Bunyi
- Siswa dapat memahami tentang bunyi
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang bunyi
- Siswa dapat bernalar tentang bunyi
3. Optik
- Siswa dapat memahami tentang getaran dan gelombang
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang getaran dan gelombang
- Siswa dapat bernalar tentang getaran dan gelombang
4. Listrik dan Magnet
- Siswa dapat memahami tentang listrik dan magnet
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang listrik dan magnet
- Siswa dapat bernalar tentang listrik dan magnet
Demikianlah kisi-kisi UN IPA Fisika – Kimia SMP Tahun 2017. Untuk jabaran kisi-kisi UN IPA Fisika – Kimia, ringkasan materi serta contoh soalnya nunggu ya di postingan berikutnya atau bisa melihat postingan-postingan sebelumnya di blog ini.
Bagi yang membutuhkan kisi-kisi UN SMP 2017 secara lengkap bisa download di sini. Arsyad Riyadi Januari 31, 2017 New Google SEO Bandung, Indonesia
Level kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ini meliputi kemampuan :
· Mengidentifikasi
· Menyebutkan
· Menunjukkan
· Membedakan
· Mengelompokkan
· Menjelaskan
Level kognitif Aplikasi meliputi kemampuan :
• Mengklasifikasi
• Menginterpretasi
• Menghitung
• Mendeskripsikan
• Memprediksi
• Mengurutkan
• Membandingkan
• Menerapkan
• Memodifikasi
Sedangkan level kognitif Penalaran meliputi kemampuan:
• Menemukan
• Menyimpulkan
• Menggabungkan
• Menganalisis
• Menyelesaikan masalah
• Merumuskan
Lingkup materi UN 2017 berdasarkan kisi-kisi meliputi 3 bagian besar, yaitu
- Pengukuran, zat dan sifatnya
- Mekanika dan tata surya
- Gelombang, listrik dan magnet
Pengukuran, zat dan sifatnya meliputi materi :
- pengukuran
- besaran dan satuan
- konsep zat dan wujudnya
- zat dan perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- campuran
- larutan
Mekanika dan tata surya meliputi :
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
- tata surya
Gelombang, Listrik, dan Magnet meliputi materi :
- getaran dan gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan magnet
Secara lengkap, level kognitif serta lingkup materi UN IPA Fisika – Kimia SMP 2017 dapat dilihat dalam tabel berikut!
Mari kita kupas satu persatu materi-materi UN IPA Fisika – Kimia sebagai berikut ini.
Pengukuran, zat dan sifatnya
1. Pengukuran, besaran dan satuan
- Siswa dapat memahami tentang pengukuran, besaran dan satuan
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pengukuran
- Siswa dapat bernalar tentang pengukuran
2. Konsep zat dan wujudnya
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang konsep zat dan wujudnya
- Siswa dapat memahami tentang konsep zat dan wujudnya
- Siswa dapat dapat bernalar tentang konsep zat dan wujudnya
3. Zat dan perubahannya
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang konsep zat dan wujudnya
- Siswa dapat memahami tentang konsep zat dan wujudnya
- Siswa dapat dapat bernalar tentang konsep zat dan wujudnya
4. Zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- Siswa dapat memahami tentang zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- Siswa dapat dapat bernalar tentang zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
5. Partikel zat
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang partikel zat
- Siswa dapat memahami tentang partikel zat
- Siswa dapat dapat bernalar tentang partikel zat
6. Campuran
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang campuran
- Siswa dapat memahami tentang campuran
- Siswa dapat dapat bernalar tentang campuran
7. Larutan
- Siswa mengaplikasikan pengetahuan tentang larutan
- Siswa dapat memahami tentang larutan
- Siswa dapat dapat bernalar tentang larutan
Mekanika dan Tata Surya
1. Gerak lurus
- Siswa dapat memahami tentang gerak lurus
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang gerak lurus
- Siswa dapat bernalar tentang gerak lurus
2. Hukum Newton
- Siswa dapat memahami tentang Hukum Newton
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang Hukum Newton
- Siswa dapat bernalar tentang Hukum Newton
3. Usaha dan Energi
- Siswa dapat memahami tentang usaha dan energi
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang usaha dan energi
- Siswa dapat bernalar tentang usaha dan energi
4. Pesawat Sederhana
- Siswa dapat memahami tentang pesawat sederhana
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pesawat sederhana
- Siswa dapat bernalar tentang pesawat sederhana
5. Suhu dan kalor
- Siswa dapat memahami tentang suhu dan kalor
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang suhu dan kalor
- Siswa dapat bernalar tentang suhu dan kalor
6. Tekanan
- Siswa dapat memahami tentang tekanan
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang tekanan
- Siswa dapat bernalar tentang tekanan
7. Tata surya
- Siswa dapat memahami tentang tata surya
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang tata surya
Gelombang, Listrik dan Magnet
1. Getaran dan Gelombang
- Siswa dapat memahami tentang getaran dan gelombang
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang getaran dan gelombang
- Siswa dapat bernalar tentang getaran dan gelombang
2. Bunyi
- Siswa dapat memahami tentang bunyi
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang bunyi
- Siswa dapat bernalar tentang bunyi
3. Optik
- Siswa dapat memahami tentang getaran dan gelombang
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang getaran dan gelombang
- Siswa dapat bernalar tentang getaran dan gelombang
4. Listrik dan Magnet
- Siswa dapat memahami tentang listrik dan magnet
- Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang listrik dan magnet
- Siswa dapat bernalar tentang listrik dan magnet
Demikianlah kisi-kisi UN IPA Fisika – Kimia SMP Tahun 2017. Untuk jabaran kisi-kisi UN IPA Fisika – Kimia, ringkasan materi serta contoh soalnya nunggu ya di postingan berikutnya atau bisa melihat postingan-postingan sebelumnya di blog ini.
Bagi yang membutuhkan kisi-kisi UN SMP 2017 secara lengkap bisa download di sini. Arsyad Riyadi Januari 31, 2017 New Google SEO Bandung, Indonesia
1. Kingdom Monera
- kelompok makhluk hidup sederhana
- tempat hidup di perairan
- ada yang bersel satu dan ada yang bersel banyak
- ada yang menyerupai hewan atau tumbuhan
- tidak memiliki membran inti di setiap selnya (prokariotik)
- meliputi :
a) Eubacteri. Misalnya Bacillus
dan Clostridium botulinum.
b) Cyanobacteria (bakteri biru-hijau). Misalnya Chroococcus, Gloecapsa, Oscillatoria,
Tolypothrix, Merispedia, dan Gloetrichia.
c) Archaebacteria. Misalnya Methanobacterium
sp., Halobacterium sp., Thermoplasma sp., dan Sulfolobus sp.
2. Kingdom Protista
- meliputi organisme bersel satu atau bersel banyak
- bersifat eukariotik, yaitu memiliki membran inti
- Bisa hidup di mana-mana
- Inti sel sudah berupa nukleus
- meliputi protista yang menyerupai jamur (protista), menyerupai
tumbuhan (alga) dan menyerupai hewan (protozoa)
Protista menyerupai jamur
a. Filum Oomycota (jamur air)
b. Filum Myxomycota (jamur lendir plasmodial)
c. Filum Acrasiomycota (jamur lendir seluler)
Protista menyerupai tumbuhan
a. Filum
Pyrrhophyta/Dinoflagellata (ganggang api)
b. Filum
Euglenophyta
c. Filum
Chrysophyta (alga emas)
d. Filum
Rhodophyta (alga merah)
e. Filum
Chlorophyta (alga hijau)
f. Filum
Phaeophyta (alga cokelat)
Protista menyerupai hewan
a. Filum
Rhizopoda/Sarcodina (memiliki kaki semu). Misalnya Entamouba histolica, Amouba proteus dan Vorticella sp.
b. Filum
Sporozoa /Apicomplexa (tidak memiliki
alat gerak). Misalnya Emeria, Plasmodium sp. (penyebab penyakit
malaria yang dibawa oleh nyamuk Anopheles
sp.) dan Toxoplasma gondii (penyakit
toksoplasmosis yang dibawa oleh vektor hewan peliharaan).
c. Filum
Ciliata/Ciliophora (berambut getar).
Misalnya Paramecium sp., Stentor, Didinium sp., predator
Paramecium dan Balantidium coli
(predator E. Coli) penyebab penyakit balantidiosis.
d. Filum
Flagellata/Mastigophora (berbulu
cambuk). Misalnya Trypanosoma gambiense
(penyakit tidur) vektor pembawa G.
mursitans, Trypanosoma rhodoinse (penyakit tidur) vektor pembawa Glossina mursita, Trypanosoma brucei (penakit tidur
pada ternak), Trypanosoma cruzy
(penyakit chagas) vektor pembawa Glossina
palpalis, Trypanosoma evansi (penyakit
surra/malas pada ternak) vektor pembawa lalat Tabanus sp., Leihmania donovani dan
Leihmania tripicana (penyakit
oriental sore/borok pada kulit) dan Euglina
viridis, Volovok sp., serta Noctiluca sp.
3. Kingdom Fungi
- memperoleh makanan dengan cara menguraikan sisa makhluk hidup
lain
- ada yang bersel satu dan ada yang bersel banyak
- tidak berklorofil
- memiliki dinding sel dari khitin
- Dibagi dalam 4 divisi, yaitu Chytridiomycota,
Zygomycota, Ascomycota, dan Basidiomycota
a. Chytridiomycetes
Chytridiomycetes merupakan fungi yang paling primitif dan
merupakan penghubung antara fungi dan protista. Perbedaan dengan fungi lainnya
adalah masih adanya ciri flagela pada zoosporanya. Contoh fungi ini adalah Chytridium.
b. Zygomycota
Zygomycota ini disebut juga jamur alga karena mirip
alga yang kehilangan klorofil. Hifanya tidak bersekat dam berinti banyal
(senositik). Warna miselium putih dengan spora umumnya berwarna
kehitam-hitaman. Berkembang biak secara seksual dengan zigospora, dan secara
aseksual dengan membentuk aplanospora dan zoospora. Contoh Zygomycota adalah Rhizopus
nigricans, Mucor mucedo, Phytophthora, dan Phytium.
c. Ascomycota
- Memiliki
askus (kantong spora) pada badan buah yaitu askokarp.
- Berkembang
biak secara seksual dengan membentuk akospora dan berkembang biak secara aseksual
dengan membentuk konidiospora.
- Ada
juga yang membentuk tunas, misalnya ragi. Tubuhnya ada yang berupa sel-sel
tunggal atau berupa hiva yang bersekat.
- Contoh
Saccharomyces cerevisiae (ragi), Neurospora crassa (jamur oncom), Candida, Fusarium, Penicillium notatum,
Penicillium camemberti, dan Penicillium roqueforti (untuk pembuatan
keju)
d. Basidiomycota
- Jamur
ini berukuran besar dan memiliki tubuh buah
- Berkembang
biak secara seksual dengan basidiospora dan secara aseksual dengan fragmentasi
hifa
- Contoh
: Puccinia graminis dan Ustilago maydis (Basidiomycota yang tidak memiliki tubuh buah), Volvariella volvacea (jamur merang), Auricularia polytricha (jamur kuping), dan Agaricus malleus.
Selain 4
divisi di atas, ada satu kelompok fungi lagi, yaitu Deuteromycota atau fungi tidak sempurna. Disebut fungi tidak
sempurna karena hanya berkembang biak secara aseksual saja, sedangkan
perkembangbiakan secara seksual belum ditemukan. Anggota Deuteromycota bersifat sementara, karena bila diketahui
perkembangbiakan secara seksual akan dipindah ke kelompok yang sesuai.
Contohnya Aspergillus wentii (untuk
membuat kecap), Aspergillus flavus (mengandung racun aflatoksin), dan Aspergillus fumigatus (parasit pada paru-paru unggas).
4. Kingdom Plantae
Ciri-ciri kingdom Plantae :
- terdiri dari banyak sel
-
berklorofil sehingga dapat melakukan fotosintesis
- memiliki
dinding sel di setiap selnya
- eukariotik
Kingdom
plantae terdiri dari 3 divisi, yaitu Bryophyta
(tumbuhan lumut), Pteridophtya (tumbuhan
paku), dan Spermatophyta (tumbuhan
biji). Spermatophyta (tumbuhan biji),
berdasarkan letak bakal bijinya, dibedakan menjadi 2 yaitu
1) Gymnospermae (tumbuhan biji terbuka)
Tumbuhan
biji terbuka ini terdiri dari 4 suku (famili) yaitu :
a) Cycadinae. Misalnya pakis haji (Cycas rumphii) dan Cycas revoluta
b) Ginetinae. Misalnya melinjo (Gnetum gnemon)
c) Coniferinae. Misalnya tusam (Pinus merkusii) dan damar (Agathis alba)
d) Ginkgoinae. Misalnya Ginkgo biloba
2) Angiospermae (tumbuhan biji tertutup)
Berdasarkan
jumlah keping bijinya, tumbuhan Angiospermae terdiri dari 2 kelas, yaitu : a)
Monokotil (biji berkeping satu)
Tumbuhan
monokotil digolongkan menjadi beberapa suku (famili) diantaranya :
-
Suku rumput-rumputan (Graminae/Poaceae).
Misalnya padi, jagung, rumput, tebu, bambu, dan gandum
-
Suku pinang-pinangan (Palmae).
Misalnya kelapa, aren, lontar, pinang, dan sagu.
-
Suku pisang-pisangan (Musaceae).
Misalnya pisang raja, pisang ambon, pisang kipas, dan pisang hias.
-
Suku jahe-jahean (Zingiberaceae).
Misalnya jahe, kencur, kunyit, dan lengkuas.
b) Dikotil (biji berkeping dua)
Tumbuhan berbiji dua (dikotil) dikelompokkan menjadi beberapa suku
(famili) di antaranya :
- Suku
getah-getahan (Euphorbiaceae).
Misalnya karet, lancuran, singkong, dan puring.
- Suku Mimosaceae. Misalnya petai, putri malu,
saga, kembang merak, flamboyan, dan ketepeng.
- Suku terung-terungan
(Solanaceae). Misalnya terung, tomat,
cavai, tembakau, dan cimpukan cina.
- Suku
komposite (Compositae). Misalnya
bunga matahari, aster, kenikir, dan dahlia.
5. Kingdom Animalia
Dunia animalia terdiri dari 9 filum. Delapan filum termasuk avertebrata
dan satu filum Chordata. Berdasarkan
ada tidaknya tulang belakan, hewan vertebrata dikelompokkan menjadi dua, yaitu
hewan tak bertulang belakang dan hewan bertulang belakang.
a.
Hewan tak bertulang belakang (invertebrata)
Hewan invertebrata terdiri dari 8 filum,
yaitu :
1) Porifera
(hewan berpori)
2) Coelenterata
(hewan berongga)
3) Platyhelminthes
(cacing pipih)
4) Nemathelminthes
(cacing gilik)
5) Annelida (cacing
gelang)
6) Echinodermata
(hewan berkulit duri)
7) Mollusca (hewan
lunak)
8) Arthropoda
(hewan berbuku-buku)
b.
Hewan bertulang belakang (vertebrata)
Vertebrata merupakan salah satu subfilum Chordata.
Kelompok ini dibedakan menjadi 5 kelas,
yaitu :
1) Pisces
(ikan)
2) Amphibia
(amfibi)
3) Reptilia (hewan
melata)
4) Aves (unggas)
5) Mammalia
(hewan menyusui)