Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
-
Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
[image: Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional]
Emotional Intelligence - Daniel GolemanBuku ...
15 Finalis Guraru Award 2012
Setelah penutupan lomba pada 30 September 2012, tim dewan juri mulai bekerja melakukan penyisihan dan penyeleksian dari 359 blog yang masuk berdasarkan kriteria dan persyaratan, hingga diperoleh 15 finalis Guraru Award.
Kelimabelas finalis tersebut adalah:
- Yusrizal Panjaitan, S.Pd
http://www.bjgp-rizal.com/
Yusrizal Panjaitan adalah seorang guru elektronika di SMK Negeri 2 Tanjungbalai. Sebagai guru elektronika, blognya berisikan materi yang berkaitan dengan topik itu. Dilengkapi juga dengan materi atau perangkat pembelajaran sehingga siswa-siswanya dapat mengakses dengan mudah, bank soal untuk latihan, linked dengan blog para siswa, serta modul elektronika karyanya. Profil lengkapnya dapat dilihat di http://sri-zal.blogspot.com/p/introduction-my-self.html
- Slamet Widiantoro,S.Pd
http://guru-ipa-pati.blogspot.com/
Pemilik blog bernama Slamet Widiantoro ini merupakan guru mata pelajaran IPA di SMP N 1 Gabus Pati, Jawa Tengah. Beliau menuangkan berbagai pengalamannya mengajar dalam bentuk tulisan di blog karena hobi menulisnya. Selengkapnya silakan baca di http://guru-ipa-pati.blogspot.com/2011/08/profilku.html
- Iwan Sumantri
http://iwansmtri.blogspot.com
Pak Iwan Sumantri adalah guru matematika yang aktif membagi pengalaman dan pengetahuannya pada blognya, terutama dalam bidang matematika. Mengajar di SMPN 3 Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, dalam profilnya beliau menuliskan bahwa beliau adalah seorang guru matematika yang selalu ingin lebih maju. Profil lengkapnya dapat dilihat di http://www.blogger.com/profile/14978184262270283822
- Dedi Dwitagama
http://dedidwitagama.wordpress.com/
Pak Dedi Dwitagama adalah Kepala Sekolah SMKN 29, atau yang dahulu terkenal sebagai STM Penerbangan di Jakarta. Berbagai pengalamannya di berbagai sekolah dan organisasi nasional dan internasional dituangkan dalam blognya ini. Profil lengkap kepala sekolah sebuah sekolah menengah yang tadinya terkenal dengan tawuran menjadi berprestasi dapat dilihat di http://dedidwitagama.wordpress.com/my-cv/
- Akhmad Sudrajat
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/
Pak Akhmad Sudrajat ini mengaku seorang praktisi pendidikan, dari daerah Kuningan Jawa Barat. Blognya berisi berbagai macam hal yang terkait dengan pendidikan, mulai dari opini, regulasi, manajemen, kurikulum hingga forum konselor dan pengawas sekolah, juga berita-berita yang terkait pendidikan. Beliau sudah menerbitkan beberapa buku, yang juga terkait pendidikan. Profil lengkapnya dapat dilihat di http://akhmadsudrajat.wordpress.com/about-me/
- Arsyad Riyadi
http://arsyadriyadi.blogspot.com
Pemilik blog bernama Arsyad Riyadi, S.Si adalah guru di SMPN 2 Pengadegan Purbalingga. Lulusan Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Diponegoro, Jawa Tengah, mengajarkan mata pelajaran fisika di sekolahnya. Blognya berisi materi-materi yang terkait dengan fisika. Yang menarik dari blog ini adalah judul yang digunakan, yaitu: Fisika Multimedia, Belajar Tanpa Batas dan E-Learning Virtual Classroom, Belajar Apa Saja dan Di Mana Saja. Profilnya dapat dilihat di http://arsyadriyadi.blogspot.com/p/tentang-saya.html
- Ibnu Fajar,S.Pd
http://ibnufajar75.wordpress.com
Pak Ibnu Fajar adalah guru Matematika di SMAN 1 Pagar Alam, Sumatera Selatan, juga pemilik sebuah lembaga bimbingan belajar Avicenna. Selain matematika, blog ini berisikan berita dan informasi pendidikan, pengalaman-pengalaman serta pemikiran beliau, juga pemanfaatan blog ini sebagai media belajar mengajar. Selengkapnya di http://ibnufajar75.wordpress.com/
- Ayip Miftahuddin
http://ayip7miftah.wordpress.com/
Ayip Miftahuddin, merupakan seorang pengajar muda di sebuah lembaga bimbingan belajar di kota Cirebon, Jawa Barat. Kesukaan dan keahliannya pada bidang fisika dituangkan dalam blognya. Kendati bukan guru di suatu sekolah, isi blognya juga dilengkapi dengan berbagai materi tentang pelajaran fisika yang dapat didownload. Selengkapnya di http://ayip7miftah.wordpress.com/about/
- Agus Dwianto, S.Pd
http://www.indonesiacerdas.web.id/
Pak Agus Dwianto adalah pemilik blog ini. Beliau pengajar mata pelajaran fisika di SMPN 2 Paranggupito, Wonogiri Jawa Tengah. Pak guru dengan berbagai aktifitas ini mengisi blognya dengan berbagai hal. Profil lengkapnya dapat dilihat di http://www.indonesiacerdas.web.id/2012/02/selayang-pandang.html
- Dzulfikar Al-A’la
http://dzulfikaralala.wordpress.com/
Pemuda bernama Dzulfikar Al-A’la ini, adalah pengajar muda yang bersemangat, mengajar di sebuah lembaga bimbingan belajar. Semangatnya tercermin dalam blog miliknya itu, yang mulai ditulisinya sejak Februari 2010. Silakan lihat profil lengkapnya di http://dzulfikaralala.wordpress.com/perihal/
- Mulyadi Tenjo
www.tenjocity.wordpress.com
Mulyadi Tenjo adalah nama pemilik blog ini. Sehari-hari beliau berprofesi sebagai guru TIK di sebuah sekolah di daerah Bogor, Jawa Barat. Selain berisikan berbagai materi pendidikan, dan tutorial berbagai ilmu komputer, beliau membuat page khusus mengenai Panduan Berinternet Untuk Anak. Selengkapnya di http://tenjocity.wordpress.com/taaruf-dengan-mulyadi-tenjo-di-blog-tenjocity/
- Umar Tholib, S. Pd
http://kangmartho.com
Pemilik blog bernama Umar Tholib, SPd ini mengaku seorang guru yang belum profesional, sekarang berdinas di SDN Tegalbangsri 01 di Lumajang. Aktif nge-blog sejak tahun 2008. Profil lengkap dapat dilihat di http://kangmartho.com/tentang-saya/
- Asih Pujiariani
http://artikel-kependidikan.blogspot.com/
Bu Asih Pujiariani adalah seorang guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung. Kendati menjadi guru bukanlah cita-cita awalnya, namun bu Asih ternyata menemukan kecintaannya mengajar. Selengkapnya dapat dilihat di http://artikel-kependidikan.blogspot.com/2011/08/tentang-blog-ini.html
- Wahid Hasyim
http://mrwahid.wordpress.com
Wahid Hasyim, S.Kom. adalah seorang guru di Sekolah Islam Terpadu di Bekasi, Jawa Barat. Lulusan STTIK Meridian Jakarta ini menganggap menjadi pendidik adalah panggilan hati, dan profesi ini menuntutnya untuk terus belajar. Selengkapnya dapat dilihat di http://mrwahid.wordpress.com/about/
- Amiroh
http://amiroh.web.id
Bu Amiroh adalah guru di SMKN 3 Jombang, Jawa Timur. Ibu dua anak yang memiliki hobby beraktifitas di depan komputer ini, benar-benar memanfaatkan IT untuk kemajuan pendidikan. Selengkapnya dapat dibaca di http://amiroh.web.id/gallery/about/
Sumber : http://award.guraru.org/15-finalis-guraru-award-2012/
KOMPETENSI
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
INDIKATOR
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI
Sifat-sifat bunyi:
Pemantulan bunyi
Untuk mencarai Kedalaman laut, dapat digunakan rumus :
Contoh Soal
1. Rekaman Proklamasi dapat di dengar dengan baik di bumi. Setelah dibawa ke bulan bunyi tersebut tidak dapat di dengar.Hal ini disebabkan oleh...
A. Frekuensi sumber bunyi mengalami perubahan.
B. Grafitasi bumi di bulan kurang dari 10 m/s2.
C. Amplitudo sumber bunyi berkurang.
D. Di bulan hampa udara.
Jawab : D
2. Osilator dari sebuah kapal mengirimkan getaran ke dasar laut. Jika cepat rambat bunyi di air laut tersebut 1.500 m/s dan bunyi pantulnya di dengar setelah 1/10 detik ,maka kedalaman laut adalah...
A. 300 meter C. 75 meter
B. 150 meter D. 25 meter
Penyelesaian
Untuk meningkatkan pemahaman tentang bunyi, bisa juga mengerjakan soal-soal berikut.
Arsyad Riyadi
Februari 18, 2013
New Google SEO
Bandung, Indonesia
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
INDIKATOR
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI
Sifat-sifat bunyi:
- Bunyi dihasilkan benda yang bergetar
- Bunyi merambat dalam bentuk gelombang longitudinal (ada rapatan dan regangan)
- Bunyi dalam perambatannya memerlukan medium (perantara). Bunyi merambat paling baik pada zat padat, kemudian zat cair dan paling buruk pada gas (udara)
- Bunyi tidak dapat merambat dalam ruang hampa
- Tinggi rendahnya bunyi ditentukan oleh frekuensi
- Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh amplitudo
Pemantulan bunyi
Untuk mencarai Kedalaman laut, dapat digunakan rumus :
Contoh Soal
1. Rekaman Proklamasi dapat di dengar dengan baik di bumi. Setelah dibawa ke bulan bunyi tersebut tidak dapat di dengar.Hal ini disebabkan oleh...
A. Frekuensi sumber bunyi mengalami perubahan.
B. Grafitasi bumi di bulan kurang dari 10 m/s2.
C. Amplitudo sumber bunyi berkurang.
D. Di bulan hampa udara.
Jawab : D
2. Osilator dari sebuah kapal mengirimkan getaran ke dasar laut. Jika cepat rambat bunyi di air laut tersebut 1.500 m/s dan bunyi pantulnya di dengar setelah 1/10 detik ,maka kedalaman laut adalah...
A. 300 meter C. 75 meter
B. 150 meter D. 25 meter
Penyelesaian
Untuk meningkatkan pemahaman tentang bunyi, bisa juga mengerjakan soal-soal berikut.
KOMPETENSI
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
MATERI
Getaran dan Gelombang
Periode : waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali getaran/gelombang
Frekuensi : banyaknya getaran/gelombang yang terjadi selama 1 detik
Hubungan periode dan frekuensi
Cepat rambat gelombang
F = frekuensi (Hz)
T = periode (s)
t = waktu yang diperlukan (s)
n = banyaknya getaran atau gelombang
v = cepat rambat gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)
Contoh soal
Gelombang permukaan air suatu danau tampak seperti gambar berikut ini!
Bila kedua gabus tersebut naik turun bersama permukaan air dengan frekuensi 2 Hz, maka cepat rambat gelombang tersebut adalah ....
A. 20 cm/detik C. 80 cm/detik
B. 30 cm/detik D. 120 cm/detik
Penyelesaian
Untuk memantapkan konsep getaran dan gelombang, bisa juga mencoba mengerjakan soal-soal berikut :
Arsyad Riyadi
Februari 17, 2013
New Google SEO
Bandung, Indonesia
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
MATERI
Getaran dan Gelombang
Periode : waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali getaran/gelombang
Frekuensi : banyaknya getaran/gelombang yang terjadi selama 1 detik
Hubungan periode dan frekuensi
Cepat rambat gelombang
F = frekuensi (Hz)
T = periode (s)
t = waktu yang diperlukan (s)
n = banyaknya getaran atau gelombang
v = cepat rambat gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)
Contoh soal
Gelombang permukaan air suatu danau tampak seperti gambar berikut ini!
Bila kedua gabus tersebut naik turun bersama permukaan air dengan frekuensi 2 Hz, maka cepat rambat gelombang tersebut adalah ....
A. 20 cm/detik C. 80 cm/detik
B. 30 cm/detik D. 120 cm/detik
Penyelesaian
Untuk memantapkan konsep getaran dan gelombang, bisa juga mencoba mengerjakan soal-soal berikut :
KOMPETENSI
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
MATERI
a. Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja dibagi luas permukaan bidang.
P = tekanan (N/m2)
F = gaya (N)
A = luas bidang tekan (m2)
b. Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang diakibatkan oleh zat cair yang diam dalam suatu kedalaman tertentu
Ph = tekanan hidrostatis (N/m2)
ρ = massa jenis zat (kg/m3)
h = kedalaman (m)
c. Hukum Pascal : “ tekanan yang diberikan kepada zat cair di dalam ruangan tertutup diteruskan ke segala arah dan sama besar “
F12 = gaya pada penampang kecil, besar
A12 = luas penampang kecil, besar
d. Permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
P1 = P2
atau
ρ1,2 = massa jenis zat cair 1,2
h1,2 = ketinggian zat cair 1,2
Contoh soal :
Pada peralatan hidrolik seperti gambar, luas penampang A2 = 200 A1. Jika gaya pada piston A1 adalah 100 N, maka massa maksimum benda yang diangkat adalah …. (g = 10 N/kg)
A. 200 kg C. 20.000 kg
B. 2.000 kg D. 200.000 kg
Jawab :
Soal :
1. Perhatikan gambar berikut!
Alat pengangkat hidrolik pada gambar memiliki pengisap, dengan A2 =200A1. Maka perbandingan F1 : F2 nya adalah ....
A. 1 : 400 C. 400 : 1
B. 1 : 200 D. 200 : 1
2. Perhatikan gambar benda pejal dengan posisi berikut !
Jika volume ketiga benda sama, maka tekanan yang ditimbulkan dari ketiga posisi benda tersebut adalah….
A. posisi 2 > posisi 3 = posisi 1
B. posisi 3 = posisi 1 > posisi 2
C. posisi 2 = posisi 1 = posisi 3
D. posisi 2 > posisi 1 > posisi 3
3. Perhatikan gambar berikut !
Jika percepatan gravitasi di tempat ini sebesar 10 N/kg, maka tekanan hidrostatis tepat mulut ikan tersebut sebesar….
A. 2500 N/m² C. 6000 N/m²
B. 3500 N/m² D. 8500 N/m²
4. Berdasar prinsip tekanan hidrostatis, bendungan yang baik adalah ....
5. Alat pengangkat hidrolik pada gambar berikut memiliki pengisap, masing-masing dengan luas A1 = 5 cm² dan A2 = 2000 cm². Berat mobil yang akan diangkat 25000 N. Berapa besar gaya F yang harus diberikan pada pengisap kecil ….
a. 62.5 N C. 30 N
b. 45 N D. 12,5 N Arsyad Riyadi Februari 16, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
MATERI
a. Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja dibagi luas permukaan bidang.
P = tekanan (N/m2)
F = gaya (N)
A = luas bidang tekan (m2)
b. Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang diakibatkan oleh zat cair yang diam dalam suatu kedalaman tertentu
Ph = tekanan hidrostatis (N/m2)
ρ = massa jenis zat (kg/m3)
h = kedalaman (m)
c. Hukum Pascal : “ tekanan yang diberikan kepada zat cair di dalam ruangan tertutup diteruskan ke segala arah dan sama besar “
F12 = gaya pada penampang kecil, besar
A12 = luas penampang kecil, besar
d. Permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
P1 = P2
atau
ρ1,2 = massa jenis zat cair 1,2
h1,2 = ketinggian zat cair 1,2
Contoh soal :
Pada peralatan hidrolik seperti gambar, luas penampang A2 = 200 A1. Jika gaya pada piston A1 adalah 100 N, maka massa maksimum benda yang diangkat adalah …. (g = 10 N/kg)
A. 200 kg C. 20.000 kg
B. 2.000 kg D. 200.000 kg
Jawab :
Soal :
1. Perhatikan gambar berikut!
Alat pengangkat hidrolik pada gambar memiliki pengisap, dengan A2 =200A1. Maka perbandingan F1 : F2 nya adalah ....
A. 1 : 400 C. 400 : 1
B. 1 : 200 D. 200 : 1
2. Perhatikan gambar benda pejal dengan posisi berikut !
Jika volume ketiga benda sama, maka tekanan yang ditimbulkan dari ketiga posisi benda tersebut adalah….
A. posisi 2 > posisi 3 = posisi 1
B. posisi 3 = posisi 1 > posisi 2
C. posisi 2 = posisi 1 = posisi 3
D. posisi 2 > posisi 1 > posisi 3
3. Perhatikan gambar berikut !
Jika percepatan gravitasi di tempat ini sebesar 10 N/kg, maka tekanan hidrostatis tepat mulut ikan tersebut sebesar….
A. 2500 N/m² C. 6000 N/m²
B. 3500 N/m² D. 8500 N/m²
4. Berdasar prinsip tekanan hidrostatis, bendungan yang baik adalah ....
5. Alat pengangkat hidrolik pada gambar berikut memiliki pengisap, masing-masing dengan luas A1 = 5 cm² dan A2 = 2000 cm². Berat mobil yang akan diangkat 25000 N. Berapa besar gaya F yang harus diberikan pada pengisap kecil ….
a. 62.5 N C. 30 N
b. 45 N D. 12,5 N Arsyad Riyadi Februari 16, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
KOMPETENSI
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI
PESAWAT SEDERHANA
Pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk memudahkan melakukan usaha
a. Tuas
Beban x lengan beban = kuasa kali lengan kuasa
W lb = F lk
Keuntungan Mekanik (KM)
b. Katrol
- Katrol tetap
F = W, Lk = Lb ; Keuntungan Mekanik (KM) = 1
- Katrol bergerak
F = ½ W; Lk = 2Lb; Keuntungan Mekanik (KM) = 2
c. Bidang miring
Keuntungan Mekanik (KM)
Contoh Soal
Perhatikan pesawat sederhana berikut ini.
Diketahui panjang AB = . Jika kuasa di titik C adalah 10 N, maka besarnya beban maksimum di titik A yang dapat terangkat sehingga posisi AC mendatar adalah …
A. 10 N
B. 27 N
C. 30 N
D. 90 N
Jawab :
Soal :
1. Perhatikan gambar berikut!
Letak titik tumpunya agar diperoleh kuasa yang paling mudah untuk mengangkat beban A adalah ....
A. 125 cm dari titik B
B. 30 cm dari titik A
C. 100 cm dari B
D. 40 cm dari A
2. Perhatikan gambar berikut !
Gaya yang diperlukan untuk mendorong beban pada sistem di atas adalah ....
A. 500 N
B. 750 N
C. 1000 N
D. 1500 N
3. Perhatikan gambar berikut!
Untuk mengangkat beban 1000 N digunakan tuas yang panjangnya 300 cm dan lengan beban 50 cm. Maka gaya yang diperlukan adalah ....
A. 150 N
B. 167 N
C. 200 N
D. 250 N
4. Berikut yang termasuk peralatan tuas jenis pertama adalah ....
5. Jika gesekan tali dan katrol diabaikan , maka besarnya gaya yang diperlukan untuk mengangkat benda pada katrol berikut adalah ....
A. 50 N
B. 100 N
C. 150 N
D. 200 N Arsyad Riyadi Februari 16, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI
PESAWAT SEDERHANA
Pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk memudahkan melakukan usaha
a. Tuas
Beban x lengan beban = kuasa kali lengan kuasa
W lb = F lk
Keuntungan Mekanik (KM)
b. Katrol
- Katrol tetap
F = W, Lk = Lb ; Keuntungan Mekanik (KM) = 1
- Katrol bergerak
F = ½ W; Lk = 2Lb; Keuntungan Mekanik (KM) = 2
c. Bidang miring
Keuntungan Mekanik (KM)
Contoh Soal
Perhatikan pesawat sederhana berikut ini.
Diketahui panjang AB = . Jika kuasa di titik C adalah 10 N, maka besarnya beban maksimum di titik A yang dapat terangkat sehingga posisi AC mendatar adalah …
A. 10 N
B. 27 N
C. 30 N
D. 90 N
Jawab :
Soal :
1. Perhatikan gambar berikut!
Letak titik tumpunya agar diperoleh kuasa yang paling mudah untuk mengangkat beban A adalah ....
A. 125 cm dari titik B
B. 30 cm dari titik A
C. 100 cm dari B
D. 40 cm dari A
2. Perhatikan gambar berikut !
Gaya yang diperlukan untuk mendorong beban pada sistem di atas adalah ....
A. 500 N
B. 750 N
C. 1000 N
D. 1500 N
3. Perhatikan gambar berikut!
Untuk mengangkat beban 1000 N digunakan tuas yang panjangnya 300 cm dan lengan beban 50 cm. Maka gaya yang diperlukan adalah ....
A. 150 N
B. 167 N
C. 200 N
D. 250 N
4. Berikut yang termasuk peralatan tuas jenis pertama adalah ....
5. Jika gesekan tali dan katrol diabaikan , maka besarnya gaya yang diperlukan untuk mengangkat benda pada katrol berikut adalah ....
A. 50 N
B. 100 N
C. 150 N
D. 200 N Arsyad Riyadi Februari 16, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
KOMPETENSI
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
MATERI
USAHA
Usaha adalah hasil kali gaya terhadap perpindahan
W = Usaha (J)
F = gaya (N)
s = perpindahan (m)
Energi
a. Energi Kinetik
Ek = energi kinetik (J)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan (m/s)
b. Energi Potensial
Ep = energi potensial (J)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
h = ketinggian (m)
SOAL
1. Seorang siswa memiliki massa 45 kg menumpang pada kendaraan bak terbuka yang massanya 900 kg jika kendaraan tersebut melaju dengan kecepatan 72 km/jam, maka energi kinetik yang dimiliki siswa tersebut adalah ….
A. 4 kJ
B. 9 kJ
C. 171 kJ
D. 180 kJ
2. Perhatikan gaya-gaya yang bekerja pada benda. Gaya-gaya ini mengakibatkan benda berpindah ke kanan. Usaha sebesar 150 J dilakukan oleh gaya pada ....
3. Perhatikan gambar berikut ni!
Besar usaha yang dilakukan oleh F1 dan F2 adalah ...
A. (30 N + 20 N) x 20 m
B. (30 N - 20 N) x 20 m
C. 30 N x 10 N
D. 20 N x 20 N
4. Perhatikan gambar berikut!
Agar mobil sedan tersebut, berparkir setengah meter di depan bus, berapa besar usaha yang diperlukan .....
A. 400 N
B. 450 N
C. 475 N
D. 500 N
5. Perhatikan gambar berikut!
Agar mobil B tersusul, maka kecepatan mobil A dua kali lipat kecepatan mobil B, perbandingan antara energi kinetik A dibanding energi kinetik B adalah ....
A. setengah kali
B. sama besar
C. dua kali lebih besar
D. empat kali lebih besar
6. Perhatikan gambar tangga berikut!
Usaha yang diperlukan untuk memindahkan balok dari lantai A ke lantai B adalah ....
A. 15 J
B. 20 J
C. 75 J
D. 95 J Arsyad Riyadi Januari 27, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
MATERI
USAHA
Usaha adalah hasil kali gaya terhadap perpindahan
W = Usaha (J)
F = gaya (N)
s = perpindahan (m)
Energi
a. Energi Kinetik
Ek = energi kinetik (J)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan (m/s)
b. Energi Potensial
Ep = energi potensial (J)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
h = ketinggian (m)
SOAL
1. Seorang siswa memiliki massa 45 kg menumpang pada kendaraan bak terbuka yang massanya 900 kg jika kendaraan tersebut melaju dengan kecepatan 72 km/jam, maka energi kinetik yang dimiliki siswa tersebut adalah ….
A. 4 kJ
B. 9 kJ
C. 171 kJ
D. 180 kJ
2. Perhatikan gaya-gaya yang bekerja pada benda. Gaya-gaya ini mengakibatkan benda berpindah ke kanan. Usaha sebesar 150 J dilakukan oleh gaya pada ....
3. Perhatikan gambar berikut ni!
Besar usaha yang dilakukan oleh F1 dan F2 adalah ...
A. (30 N + 20 N) x 20 m
B. (30 N - 20 N) x 20 m
C. 30 N x 10 N
D. 20 N x 20 N
4. Perhatikan gambar berikut!
Agar mobil sedan tersebut, berparkir setengah meter di depan bus, berapa besar usaha yang diperlukan .....
A. 400 N
B. 450 N
C. 475 N
D. 500 N
5. Perhatikan gambar berikut!
Agar mobil B tersusul, maka kecepatan mobil A dua kali lipat kecepatan mobil B, perbandingan antara energi kinetik A dibanding energi kinetik B adalah ....
A. setengah kali
B. sama besar
C. dua kali lebih besar
D. empat kali lebih besar
6. Perhatikan gambar tangga berikut!
Usaha yang diperlukan untuk memindahkan balok dari lantai A ke lantai B adalah ....
A. 15 J
B. 20 J
C. 75 J
D. 95 J Arsyad Riyadi Januari 27, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
SKL UN IPA 5 : Gerak Lurus dan Hukum Newton
KOMPETENSI
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI
Gerak Lurus
Ada 2 jenis gerak lurus, yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
1. Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatan tetap.
2. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatan yang berubah secara teratur (percepatan tetap).
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dibedakan menjadi dua, yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat.
a. GLBB dipercepat
contoh : gerak benda jatuh bebas dan gerak benda menuruni bidang miring
b. GLBB diperlambat
contoh : gerak benda vertikal ke atas dan gerak benda horizontal dalam permukaan kasar (tanah, pasir)
Contoh soal :
Perhatikan gambar hasil rekaman ticker timer sebagai berikut!
Grafik (v –t) berikut yang melukiskan gerak benda tersebut ditunjukkan oleh ….
Pembahasan
Di baca dari kanan ke kiri (lihat arah gerak F), tampak bahwa jarak antara titik-titik makin dekat (GLBB diperlambat), kemudian jarak antara titik makin jauh (GLBB dipercepat)
Jawab : B
Hukum Newton
a. Hukum I Newton (Hukum Kelembaman)
Bunyi hukum I Newton
“Suatu benda tetap berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan kecepatan tetap jika tidak ada gaya luar yang bekerja padanya “
Tidak ada gaya luar yang bekerja, berarti resultan gaya sama dengan nol. Atau secara matematis dituliskan sebagai
Hukum I Newton ===> ∑F = 0 untuk benda diam atau benda bergerak lurus beraturan
Hukum I Newton juga menggambarkan bahwa suatu benda akan cenderung mempertahankan keadaan diam atau keadaan bergeraknya
Peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan hukum I Newton
Ketika kita berdiri dalam bus yang sedang melaju kencang, tiba-tiba bus direm, para penumpang akan terdorong ke depan. Demikian juga saat tiba-tiba bus dipercepat (di gas), para penumpang terlempar ke belakang.
b. Hukum II Newton
Hukum II Newton dapat dituliskan sebagai berikut.
“ Besarnya percepatan yang dialami benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya. Arah percepatan sama dengan arah gaya total yang bekerja padanya.”
Secara matematis dituliskan :
a = percepatan (m/s2)
∑F = gaya total (N)
m = massa benda (kg)
c. Hukum III Newton (Hukum Aksi Reaksi)
Bunyi hukum III Newton
"Untuk setiap gaya aksi yang dilakukan, selalu ada gaya reaksi yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan."
Atau
"Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut memberikan gaya yang besarnya sama tetapi berlawanan arah dengan benda pertama."
Contoh
- seorang anak yang sedang menendang bola
- seseorang yang sedang berjalan
- mendayung
- berenang
- peluncuran roket
Arsyad Riyadi Januari 25, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia