Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
-
Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
[image: Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional]
Emotional Intelligence - Daniel GolemanBuku ...
SKL UN IPA 4 : Kalor
KOMPETENSIMenerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI
Ada 2 jenis perubahan kalor
Q = m c Dt
b. Pengaruh kalor (Q) terhadap perubahan wujud zat
Q = m L
Q = kalor (J)
c = kalor jenis (J/kg0C)
Dt = kenaikan suhu (0C)
L = kalor lebur atau kalor uap
cair = 1 kal/g0C = 4200 J/ kg0C
Contoh soal :
Perhatikan grafik hasil suatu percobaan berikut !
Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgºC), kalor jenis air 4.200 J/(kgºC), dan kalor lebur es = 340.000 J/kg, maka pada saat perubahan suhu pada grafik M – N diperlukan kalor sebanyak ….
A. 6,3 kilojoule C. 83,1 kilojoule
B. 12,6 kilojoule D. 102,0 kilojoule
m = 300 g = 0,3 kg
c = 4200 J/kg0C
Dt = 10 – 0 = 100C
Q = m.C. Dt = 0,3.4200.10 = 12600 J = 12,6 kJ
Soal :
1. Dua kg air (C = 4,2 x 103 J/kg ºC ) memiliki suhu 25 ºC. Jika tekanan udara di tempat tersebut 1 atmosfer, maka kalor yang diperlukan untuk mendidihkan air tersebut sapai awal proses perubahan wujud adalah ….
A. 210 kiloJoule C. 630 kiloJoule
B. 315 kiloJoule D. 840 kiloJoule
2. Seorang siswa mencampur segelas air yang suhunya 50C dengan seperempat gelas air yang suhunya 200C. Jika dalam kegiatan tersebut ia menggunakan gelas yang sama, maka suhu akhir campuran kedua air adalah ....
A. 50C C. 100C
B. 80C D. 150C
3. Perhatikan grafik hasil suatu percobaan berikut !
Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgoC) ,kalor jenis air 4.200 J/(kgoC) ,dan kalor lebur es = 340.000 J/kg, maka pada saat perubahan wujud terjadi diperlukan kalor sebanyak …
A. 3.150 Joule C. 102.000 Joule
B. 25.200 Joule D. 130.350 Joule
4. Perhatikan grafik berikut!
Air sebanyak 2 kg pada suhu 600C akan diuapkan. Jika kalor uap air 2,27.106 J/kg, dan c = 4200 J/kg0C dan tekanan pada saat itu 1 atm,
A. 336 kJ C. 4876 kJ
B. 4540 kJ D. 5212 kJ
Arsyad Riyadi Januari 24, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
SKL UN IPA 3 : Konversi Suhu
KOMPETENSI
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan konversi suhu pada termometer.
MATERI
Konversi Suhu
Konversi suhu |
Termometer memiliki skala yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Pada prinsipnya ada 4 jenis skala termometer, yaitu Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin.
Di sini akan dijelaskan hubungan antara keempat skala tersebut. Di samping itu, kita juga bisa menggunakan program konversi skala seperti pada pembahasan selanjutnya. Jangan lupa kerjakan latihan soalnya dengan sungguh-sungguh.
Selamat belajar!
Download Konversi suhu (35,8 KB)
Arsyad Riyadi Januari 22, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
SKL UN IPA 2 : Wujud Zat
KOMPETENSI
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI
Susunan dan gerak partikel
Zat Padat
- Partikel-partikel saling berdekatan dalam suatu susunan yang teratur
- Gaya tarik-menarik antar partikelnya kuat
- Partikel-partikel dapat bergetar dan berputar di tempatnya tapi tidak bebas untuk mengubah kedudukannya
- Zat padat memiliki volume dan bentuk yang tetap
Zat Cair
- Jarak antar partikelnya lebih jauh dibandingkan zat padat
- Gaya tarik-menarik antar partikelnya tidak sekuat pada zat padat
- Partikel-partikel zat cair dapat berpindah-pindah tempat tetapi tidak mudah meninggalkan kelompoknya
- Zat cair memiliki volume tetap tetapi bentuknya sesuai dengan wadah yang ditempatinya (mengalir)
- Jarak antar partikel sangat berjauhan
- Gaya tarik-menarik antar partikelnya sangat lemah
- Partikel-partikel bebas bergerak dalam wadahnya
- Gas memiliki volume dan bentuk yang berubah-ubah
Sumber gambar : http://missacibiologi.wordpress.com/2012/10/
- Arsyad Riyadi Januari 21, 2013 New Google SEO Bandung, Indonesia
SKL UN IPA 1 : Besaran, Satuan, dan Pengukuran
Kompetensi
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Indikator
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai
Besaran pokok
Besaran pokok
NO
|
NAMA BESARAN
|
SATUAN dalam SI
|
ALAT UKUR
|
1
|
Panjang
|
Meter (m)
|
Mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup
|
2
|
Massa
|
Kilogram (kg)
|
Neraca dua lengan, neraca tiga lengan
|
3
|
Waktu
|
Sekon (s)
|
Stopwatch
|
4
|
Kuat arus listrik
|
Ampere (A)
|
Amperemeter
|
5
|
Suhu
|
Kelvin (K)
|
Termometer
|
6
|
Intensitas cahaya
|
Kandela (Cd)
| |
7
|
Jumlah zat
|
Mole (mol)
|
Besaran Turunan
Arsyad Riyadi
Januari 19, 2013
New Google SEO
Bandung, Indonesia
NO
|
NAMA BESARAN
|
SATUAN dalam SI
|
ALAT UKUR
|
1
|
volume
|
m3
|
Gelas ukur
|
2
|
Massa jenis
|
kg/m3
|
Hidrometer
|
3
|
Kecepatan
|
m/s
|
Velocimeter
|
4
|
Kelajuan
|
m/s
|
Spedometer
|
5
|
Gaya
|
N, kg m/s2
|
Neraca pegas atau dinamometer
|
6
|
Berat
|
N
|
Neraca pegas atau dinamometer
|
7
|
Tekanan
|
Pa, N/m2
|
Barometer atau manometer
|
8.
|
Energi
|
J, kg m2/s2
|
Membaca alat ukur
a. Pengukuran Panjang
Panjang pensil = 12 cm
Panjang = 5,7 cm + 0,04 cm = 5,74 cm
Panjang = 1,5 mm + 0,18 ml = 1, 68 mm
b. Pengukuran massa
Hasil pengukuran = 300 g + 40 g + 6 g = 346 g
massa batu = 5 kg + 100 g + 10 g
= 500 g +100 g + 10 g
= 5110 g
= 5,11 kg
c. Pengukuran volume
Volume batu = 40 ml – 20 ml = 20 m
V batu = volume air yang tumpah = 30 ml
Soal Besaran, Satuan, dan Pengukuran
1. Perhatikan tabel berikut!
Siswa | Besaran | Nilai | Satuan | Alat Ukur |
A | Panjang | 20 | Cm | Mistar |
B | Kuat arus listrik | 2 | A | Amperemeter |
C | Suhu | 37 | K | Hidrometer |
D | Massa | 15 | Kg | Neraca sama lengan |
Pendapat yang benar disampaikan oleh siswa mengenai besaran pokok, dan satuan dalam SI adalah ....
A. C dan D
B. A dan C
C. A dan B
D. B dan D
2. Perhatikan tabel berikut!
No | Besaran Fisika (P) | Satuan (Q) | Alat Ukur (R) |
1 | Massa jenis | Km/jam | Termometer |
2 | Suhu | Ampere | Hidrometer |
3 | Kelajuan | Celcius | Voltmeter |
4 | Kuat arus | Kg/m3 | spedometer |
Pasangan besaran turunan, satuan dalam SI dan alat ukur yang sesuai adalah ....
A. P4, Q2 dan R3
B. P3, Q1 dan R4
C. P2, Q3 dan R1
D. P1, Q4 dan R2
3. Perhatikan tabel berikut ini !
No | Besaran Fisika | Satuan | Alat ukur |
1. | Panjang | cm | mistar |
2. | Massa | kilogram | neraca |
3. | Waktu | sekon | stopwatch |
4. | Suhu | kelvin | termometer |
Besaran pokok, satuan dalam SI dengan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
4. Perhatikan tabel berikut!
No | Besaran Fisika (X) | Satuan (Y) | Alat Ukur (Z) |
1 | Tekanan | Kilogram | Stopwatch |
2 | Waktu | Pascal | Termometer |
3 | Berat | Kelvin | Neraca |
4 | Suhu | Menit | manometer |
Pasangan besaran, satuan dalam SI, dan alat ukur yang sesuai adalah ....
Besaran Pokok | Besaran Turunan | |
A | X1, Y2 dan Z4 | X4, Y3 dan Z2 |
B | X2, Y4 dan Z1 | X3, Y1 dan Z3 |
C | X4, Y3, dan Z2 | X1, Y2 dan Z4 |
D | X3, Y1 dan Z3 | X2, Y4 dan Z1 |
5. Perhatikan tabel berikut !
No | Besaran Fisika | Satuan | Alat ukur |
1. | P | cm | Jangka sorong |
2. | Massa | Q | Neraca lengan |
3. | Waktu | sekon | R |
4. | S | m³ | Gelas ukur |
Untuk melengkapi data dalam tabel tersebut dengan satuan dalam Sistem Internasional (SI), maka P, Q, R dan S secara berurutan adalah ….
A. volume, kilogram, dinamometer, luas
B. panjang, newton, stopwatch, volume
C. volume, Newton, dinamometer, luas
D. panjang, kilogram, stopwatch, volume
6. Batu sebesar 6 kg dari bumi dibawa oleh seorang Astronot ke bulan. Setelah di bulan ditimbang. Ternyata hasil pengukurannya menunjukkan 10 newton. Dari peristiwa ini, empat orang siswa memberikan pendapat terhadap besaran dan satuan serta alat ukur yang tepat kemudian disajikan dalam tabel sebagai berikut :
Siswa | Pendapat | Alat Ukur | ||
Besaran | Nilai | Satuan | ||
P | Berat | 10 | Newton | dinamometer |
Q | Massa | 10 | Newton | Neraca lengan |
R | Massa | 6 | Kg | Neraca lengan |
S | berat | 6 | kg | dinamometer |
Pendapat yang benar disampaikan oleh siswa….
A. P dan S
B. Q dan S
C. P dan R
D. Q dan R
7. Perhatikan tabel berikut ini !
No | Besaran Fisika | Satuan | Alat ukur |
1. | Panjang | m | mistar |
2. | Kelajuan | m/s | speedometer |
3. | Suhu | kelvin | termometer |
4. | Massa jenis | kg/m3 | hidrometer |
Besaran pokok dan besaran turunan dengan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....
A. 1, 2 dan 3, 4
B. 1, 3 dan 2, 4
C. 3, 4 dan 1, 2
D. 2, 4 dan 1, 3