PENYELIDIKAN IPA

Penyelidikan IPA



Tahukah kalian apakah benda yang ada di atas?
Ya. Itulah adalah lup. Sebuah benda yang digunakan untuk mengamati benda-benda kecil agar nampak menjadi besar. Mengapa kalian harus melakukan pengamatan? Tentunya karena sesuatu yang ingin kalian ketahui atau ingin melakukan penyelidikan. 
Setelah mempelajari materi ini diharapkan kalian dapat :
  1. menjelaskan tiga komponen ketrampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan
  2. dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA
  3. dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA
Ada 3 ketrampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA, yaitu 
1. Pengamatan
2. Inferensi
3. Komunikasi

Pengamatan
Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data atau informasi yang dibutuhkan. Dalam pengamatan itu, kalian bisa menggunakan panca indera termasuk menggunakan alat ukur yang sesuai. Tentunya, menggunakan panca indera semata tidaklah cukup. Misalnya untuk mengukur panjang meja. Tentunya akan lebih akurat hasil pengukurannya jika menggunakan mistar/penggaris dibandingkan menggunakan tangan.

Inferensi
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, maka kalian bisa membuat penjelasan baik berupa pola-pola atau gubungan antar aspek yang diamati dan membuat perkiraan.

Komunikasi
Berdasarkan hasil penyelidikan yang telah dilakukan, kalian dapat mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tulisan. Data yang disajikan bisa berupa tabel, grafik, bagan, atau gambar yang relevan

Ketiga ketrampilan tersebut menjadi dasar bagi kalian agar dapat mengetahui bagaimana mengumpulkan fakta dan menghubungan fakta-fakta untuk membuat penafsiran atau kesimpulan. Sekali lagi dasarnya adalah fakta bukan perkiraan atau perasaan.

Ketrampilan tersebut bukan saja dipakai dalam pembelajaran sains/IPA tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan ketrampilan tersebut kalian bisa menyaring berbagai informasi yang berbagai bentuk sehingga bisa terhindar dari berbagai bohong atau hoax.

Untuk lebih jelasnya lakukan kegiatan berikut.
Kegiatan 1
Amatilah diri kalian di depan cermin. Bisa juga mengamati adik, kakak, orang tua, atau teman kalian. Amati dan catat ciri-ciri fisiknya seperti tinggi tubuh, warna kulit, bentuk muka, bentuk hidung, jenis rambut dan jenisnya.
Kalian tidak boleh melakukan penafsiran seperti sifatnya yang dianggap tamak, kasar, dan sebagainya. Bukankah sikap tersebut tidak dapat terukur, apalagi dari sudut pelajaran IPA.

Kegiatan 2
Kalian mungkin pernah mengalami bajumu terkena noda tinta atau baju orang lain. Langkah-langkah apa yang dapat dilakukan untuk membuang noda tinta atau mengurangi noda tersebut?

Kegiatan 3
Carilah tulisan, gambar, video ataupun lainnya baik di majalah, surat kabar, tv atau youtube mengenai berbagai permasalahan lingkungan. Misalnya pencemaran air, kebakaran hutan, pencemaran tanah, banyaknya nyamuk, dan sebagainya. Ulaslah bagaimana cara mengatasi berbagai permasalahan lingkungan tersebut.

Kegiatan 4
Amati berbagai fenomena seperti gerhana matahari, penyebaran virus korona, perkembangan teknologi virtual reality, dan lainnya. Berikan ulasan tentang fenomena tersebut sebanyak 1 - 2 lembar.

Selamat belajar 

Komentar

Postingan Acak

Paling Banyak Dibaca

Resultan Gaya

Menentukan Waktu berdasarkan Perbedaan Letak Bujur

Gerak Lurus Beraturan (GLB)