Home » , , , » Prediksi Ujian Nasional IPA Fisika SMP Tahun 2015 (Bagian 2)

Prediksi Ujian Nasional IPA Fisika SMP Tahun 2015 (Bagian 2)

Prediksi Ujian Nasional IPA Fisika SMP Tahun 2015 (Bagian 2)

Prediksi Ujian Nasional IPA bagi SMP tahun 2015 bulan Mei besok didasarkan pada analisa bedah SKL yang telah dikeluarkan BSNP, bedah SKL UN, maupun dengan menganalisa soal-soal tahun sebelumnya, khususnya tahun 2013 dan 2014.
Pada postingan sebelumnya, telah dijabarkan prediksi ujian nasional IPA Fisika SMP untuk materi besaran dan pengukuran, zat dan kalor serta dasar-dasar mekanika. Dipredikisikan untuk besaran dan pengukuran ada 3 point/soal, konsep zat dan kalor ada 3 point/soal sedangkan untuk dasar-dasar mekanika ada 7 point/soal.
Sekarang kita lanjutkan saja, predsiksi ujian nasional IPA Fisika SMP Tahun 2015 untuk materi getarang-gelombang-bunyi, optik dan alat optik, listrik magnet, serta tata surya.
4. Getaran, gelombang dan Bunyi
a. Getaran dan gelombang
Pada soal UN IPA tahun 2014, yang dikeluarkan adalah menentukan banyaknya getaran dari suatu bandul. Dalam tahun ini, harus juga disiapkan materi gelombangnya. Kalau membaca indikator, yaitu menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang, jelas yang dikehendaki adalah soal mengenai hitungan. Kalau materi gelombang, baik gelombang tranversal maupun longitudinal pahamilah hubungan antara panjang gelombang, cepat rambat gelombang dan frekuensi atau periodenya. Untuk memahami panjang gelombang kita harus paham juga pengertian 1 gelombang, yang terdiri dari 1 bukit 1 lembah maupun 1 rapatan 1 regangan.
b. Bunyi
Untuk materi bunyi, tentunya kita harus memahami sifat-sifat bunyi serta penerapannya. Misalnya, bunyi ditimbulkan oleh benda yang bergetar, bunyi dapat dipantulkan, bunyi dalam perambatannya memerlukan medium, bunyi dalam perambatannya memerlukan waktu dan selanjutnya.
Selain itu, kita juga harus memahami manfaat pemantulan bunyi. mIsalnya untuk mengukur kedalaman air laut, menentukan cepat rambat bunyi, menyelidiki lapisan bumi dan lain-lain
5. Cahaya dan dan Alat Optik
Pada soal UN IPA tahun 2014, yang dikeluarkan adalah mencari kekuatan lensa untuk cacat mata hipermetropi atau rabun dekat. Bagaimana dengan tahun ini. Berhubung ada 2 materi yaitu satunya cahaya/optik, serta alat optik ya tidak boleh tidak kita harus menyiapkan kedua jenis materi ini.
a. Sifat bayangan pada cermin atau lensa
Untuk menentukan sifat bayangan pada cermin dan lensa, ada beberapa jenis soal yang mungkin. Misalnya melalui gambar, diberikan sebuah benda yang diletakkan pada posisi tertentu dalam cermin. Kemudian ditanyakan sifat bayangan yang terjadi (lihat gambar berikut).
bayangan pada cermin dan lensa
Atau juga dengan memberikan data-data. Misalnya sebuah benda diletakkan 20 cm di depan cermin cekung yang jarak fokusnya 30 cm. Tentukan sifat bayangannya?
b. Menentukan kekuatan lensa yang dibutuhkan atau jenis cacat mata pada seseorang.
Misalnya ada seseorang yang dapat melihat jelas pada jarak 50 cm. Tentukan cacat mata yang dialami orang tersebut dan kekuatan lensa yang dibutuhkan?
Atau ada gambar mata (tentunya dalam bentuk skema), dengan bayangannya berada di depan atau di belakang retina. Ditanyakan cacat mata yang dialami.
6. Listrik dan Magnet
a. Listrik statis
Untuk materi listrik statis, kita perlu mempelajari cara membuat benda bermuatan, misalnya kaca yang digosok dengan kain sutra atau plastik yang digosok dengan kain wol.
Atau ada beberapa benda yang digantung dengan berbagai muatan. Diketahui salah satu muatan, kemudian ditanyakan muatan-muatan yang lain.
b. Rangkaian listrik
Dalam mengerjakan soal rangkaian, kita pahami dulu rangkaian seri atau paralel, hukum ohm maupun hukum Kirchoof. Bentuk soal yang muncul bisa sebatas penerapan hukum I Kirchoof maupun sudah menggabungkan konsep rangkaian seri/paralel, hukum ohm maupun hukum Kirchoof.
c. Energi dan daya listrik
Kalau pada soal UN IPA Tahun 2014, yang ditanyakan adalah mencari banyaknya energi selama 1 bulan.
Rumus dasar energi maupun daya juga harus dikuasai dengan baik.
Seperti hubungan :
energi dan daya listrik
Atau ketika mencari hubungan antara daya P1 dan P2 dengan hambatan R tetap, sehingga diperoleh :
image
Atau :
image
d. Pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan
Pada soal IPA SMP tahun 2014, soal yang dikeluarkan adalah mengenai cara pembuatan magnet dengan kombinasi cara elektromagnet maupun induksi. Tentunya yang ditanyakan kutub-kutub magnet yang lain.
e. Induksi elektromagnetik atau transformator
Pada soal IPA SMP tahun 2014, soal yang dikeluarkan adalah mencari salah satu variabel dari rumus transformator. Diketahui jumlah lilitan primer dan lilitan sekundernya, serta salah satu tegangannya, ditanyakan tegangan yang lain.
Ingat untuk transformator ideal, berlaku :
Untuk prediksi Ujian Nasional IPA SMP tahun 2015 ini, kita harus menyiapkan diri jika misalnya yang ditanyakan mengenai elektromagnetik. Misalnya cara meningkatkan besarnya ggl induksi.
Untuk transformator, selain bisa menerapakan hubungan antara jumlah lilitan, tegangan dan kuat arus, konsep dasar transformator juga harus dikuasai. Bagaimana ciri-ciri transformator step up maupun step down. Bentuk soalnya bisa dalam bentuk tabel, yang berisi data mengenai jumlah jumlah lilitan/tegangan/kuat arus baik pada kumparan primer maupun sekundernya. Kemudian ditanyakan manakah yang termasuk transformator step up atau step down.
7. Ciri-ciri tata surya atau peredaran bumi – bulan
Pada UN IPA SMP tahun 2014 yang dikeluarkan adalah mengenai akibat rotasi bumi. Untuk UN tahun 2015, mungkin juga yang dikeluarkan mengenai akibat revolusi bumi.
Tentunya banyak kemungkinan soal untuk tahun ini. Misalnya ciri-ciri planet tertentu maupun benda langit lainnya (komet, asteroid, meteorid, maupun satelit). Di samping itu, pelajari juga mengenai terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan, baik melalui deskripsi maupun skema/gambar.

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Channel Youtube

Postingan Acak

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Pengikut