Home » , » Pengantar Teori Relativitas Einstein (1)

Pengantar Teori Relativitas Einstein (1)

Apa itu relativitas?
Banyak orang yang mengakui jika Einstein itu jenius. Teori Relativitas adalah salah satu gagasan yang menunjukkan kejeniusannya.
Teori ini mampu memutarbalikkan pendapat/keyakinan masyarakat awam. Dari pemuluran waktu, penyusutan panjang, penambahan massa sampai hubungan antara massa energi yang dahsyat.
image
Di sini kita akan mempelajari teori relativitas khusus. Disebut "khusus", karena merupakan penyederhanaan dari teori relativitas umum yang sudah melibatkan pengaruh gravitasi dan  percepatan.
Gerak adalah Relatif
Bagaimana kita  harus menjelaskan kepada seorang anak kecil yang berada dalam mobil yang sedang melaju dengan kencang. Dia menganggap jika pohon, rumah, dan gedung-gedung di luar bergerak begitu cepat?
Sama halnya, dalam sejarah ilmu pengetahuan. Ribuan tahun yang lalu orang menganggap jika matahari, bumi, bulan dan benda-benda langit yang lain bergerak mengelilingi bumi. Hal ini yang mendasari munculnya teori Geosentris oleh Ptolemius.
Teori ini terus diakui, sampai akhirnya Copernicus (1532) mengajukan teori Heliosentris (matahari sebagai pusat tata surya).
image
Dalam teori relativitas, pandangan yang bertentangan tersebut sebenarnya tidak perlu. Karena keduanya, pada dasarnya ekuivalen satu sama lain.

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Channel Youtube

Postingan Acak

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Pengikut