Jarak dan Perpindahan

Jarak dan Perpindahan

Jarak dan perpindahan mempunyai definisi yang berbeda.
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memperhatikan arah.
Perpindahan adalah panjang lintasan yang ditempuh benda beserta dengan arah geraknya.
Perpindahan dirumuskan dengan posisi akhir - posisi mula-mula.

Untuk lebih memahami perbedaan antara jarak dan perpindahan, jalankan  animasi berikut.
Sebuah benda yang bergerak dari A dan B dengan dua lintasan yang berbeda.
Contoh :
Seseorang berjalan ke kanan sejauh 200 m, kemudian berbalik arah sejauh 100 m (lihat gambar). Tentukan jarak dan perpindahannya?
jarak, perpindahan, gerakJarak = jarak AB + jarak BC = 200 + 100 = 300 m
Perpindahan = perpindahan AB + perpindahan BC
= 200 - 100 = 100 m

Latihan Soal :
1. Seseorang berlari mengelilingi lapangan berbentuk setengah lingkaran, yang diameternya 140 m. (lihat gambar)
Tentukan jarak dan perpindahannya?
jarak, perpindahan, gerak
2. Seseorang berlari ke arah timur  sejauh 400 m, kemudian belok ke utara sejauh 300 m.
Tentukan jarak dan perpindahannya?
jarak, perpindahan, gerak







Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

7 Post a Comment:

  1. makasih ya :) blog ini sangat bermanfaat untuk saya..karena senin tanggal 29 April ini saya akan ulangan fisika mengenai jarak dan perpindahan...dengan blog ini sangat membantu saya belajar karena buku saya kurang lengkap,terimakasih...

    BalasHapus
  2. makasih bang atas materi nya

    BalasHapus
  3. materinya membantu saya :) terimakasihh

    BalasHapus
  4. terimakasih atas materinya. Saya merasa terbantu

    BalasHapus
  5. hubungan jarak dan perpindahan dinyatakan dengan apa??

    BalasHapus

Channel Youtube

Postingan Acak

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Pengikut