Home » , , » Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika (Bagian 1)

Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika (Bagian 1)

Catatan ini saya ambil dari buku "Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika" karangan Paul Suparno, dosen pendidikan fisika dan rektor USD Yogyakarta (tahun 2005).

1. Gerak
Kebanyakan siswa secara spontan mengatakan bahwa sebuah benda yang massanya lebih besar jatuh lebih cepat daripada benda yang ringan pada peristiwa gerak jatuh bebas. Padahal, menurut prinsip fisika, kedua benda tersebut akan jatuh dengan percepatan yang sama dan waktu yang ditempuh hingga menyentuh lantai pun sama (bila tidak ada unsur lain yang mempengaruhi).


2. Vektor
Banyak siswa yang menjumlahkn vektor seperti menjumlahkan bilangan biasa tanpa memperhatikan sudut dan arahnya.

3. Gaya, Massa dan, Berat
Banyak siswa yang menganggap berat sama dengan massa, sehingga menuliskan satuan berat pun dengan kilogram.
Siswa juga beranggapan bahwa setiap gaya akan menyebabkan benda bergerak. Akibatnya, mereka berpikiran bahwa jika tidak ada gerak sama sekali maka tidak ada gaya yang bekerja.
Misalnya, seseorang yang mendorong lemari yang sangat berat sehingga lemari tidak bergeser. Apakah berarti tidak ada gaya yang bekerja padanya?

4. Hukum Newton
Banyak siswa beranggapan bahwa, gaya aksi dan reaksi dalam hukum III Newton bekerja pada benda yang sama.
Banyak siswa yang memahami bahwa suatu benda yang diam di atas meja, tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut.
Banyak siswa yang berpendapat bahwa besarnya gaya gesekan hanya dipengaruhi oleh kekasaran permukaan itu. Tetapi sebenarnya ada unsur lain yang mempengaruhi, yaitu massa benda itu sendiri dan gaya yang bekerja pada benda tersebut.

5. Kerja, Kekekalan Energi, dan Momentum
Banyak siswa yang berpendapat bahwa jika suatu benda diberi gaya, tetapi benda tersebut tetap diam dikatakan pada benda tersebut terjadi kerja (usaha).
Siswa sulit memahami mengapa jika seseorang mendorong mobil sekuat tenaga, bahkan sampai berkeringat, ia tidak melakukan kerja. Mereka berpikir, jika seseorang melakukan aktifitas dengan suatu energi, ia membuat suatu kerja.
Siswa juga sulit memahami bahwa pada benda yang diam tidak mempunyai energi. Padahal dalam fisika, ada energi potensial yang terjadi pada benda karena kedudukannya.
Banyak siswa SMA menganggap bahwa jika ada dua mobil yang bertumbukan, kedua mobil akan berhenti karena kecepatan totalnya menjadi nol.

6. Mekanika Fluida
Banyak siswa beranggapan bahwa suatu benda tenggelam di air karena benda lebih berat daripada air.

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

16 Post a Comment:

  1. Setuju,Pak.
    Hal di atas sering saya temui di kelas.
    Alangkah senangnya, jika kita bisa berbagi cara menangani miskonsepsi2 seperti itu.
    Ditunggu tulisan bagian 2 dst.

    Dari:
    ~Catatan Pengajar Muda~
    http://ayip7miftah.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. Thx kunjungannya..
    Untuk yang lain bisa buka ..
    http://arsyadriyadi.blogspot.com/2011/09/miskonsepsi-dan-perubahan-konsep_26.html
    http://arsyadriyadi.blogspot.com/2011/10/miskonsepsi-dalam-fisika.html
    http://arsyadriyadi.blogspot.com/2011/10/miskonsepsi-dan-perubahan-konsep.html

    BalasHapus
  3. Saya beli di Purwokerto..tapi sudah agak lama..bertahun2 yang lalu

    BalasHapus
  4. Salam pak, kebetulan sya ingin menulis thesis dgn subjek judul miskonsepsi, kiranya bisa dibantu pak, bukunya klau bisa sy beli atau dikopikan?

    BalasHapus
  5. Sayang cuma punya 1 buat referensi...
    Kalo dikopikan melanggar hak cipta ndak ya? (Moga sih tidak..karena bukan dibisniskan)

    BalasHapus
  6. Salam, pak. Kebetulan skripsi saya terkait miskonsepsi juga. Boleh saya beli bukunya/ fotokopi bukunya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Gramedia Purwokerto saya lihat masih ada dalam cetakan yang baru.
      Kalo kesulitan, bisa saya bantu. Ganti biaya buku dan ongkos pengiriman dari Purbalingga.

      Hapus
    2. Tadi saya sudah ke gramedia solo tetapi sudah tidak ada stok. petugasnya bilang kalo di gramedia purwokerto masih ada. boleh minta tolong, pak. saya benar2 butuh buku itu. biaya buku + ongkir akan saya ganti. Kalo misal di gramedia sudah tidak ada saya boleh fotokopi buku bapak yaa? terimakasih
      saya boleh minta nomornya biar mudah menghubungi dan mengkonfirmasi bapak. saya anak uns jurusan pendidikan matematika angkatan 2012 pak

      Hapus
    3. Aku ke gramed tadi malam...masih ada. Konfirm ke 082136214703 (WA)...

      Hapus
    4. Selamat pagi Pak Arsyad, saya minta tolong belikan buku Miskonsepsi fisika ini. untuk biaya buku dan ongkir saya kirim ke rekening Bapak. Mohon bantuannya ya pak, untuk kelancaran Tesis saya.

      Hapus
    5. Konfirm ke 082136214703 (SMS/WA) ==> nama dan alamat lengkap

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Permisi Pak, mau info bahwa Buku "Miskonsepsi & Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika" ini masih tersedia di toko buku bekas online Aksiku dan ini linknya: http://www.aksiku.com/2016/05/miskonsepsi-perubahan-konsep-dalam.html

    Yang berminat silahkan kunjungi kami selagi masih ada. Stock hanya 1.

    Terima kasih.
    Salam,
    Djefi

    BalasHapus
  9. Maaf pak kira-kira dimana sayabisa mendapat buku ini ya? di toko online rata-rata habis

    BalasHapus

Channel Youtube

Postingan Acak

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Pengikut