Home » , , » Pasang Surut Air laut

Pasang Surut Air laut

Pasang Surut Air laut


Pantai Laguna Lembu Purwo Mirit Kebumen
Hati-hati main di pantai makin siang laut semakin pasang
Pengertian Pasang Surut
Pasang surut dapat diartikan sebagai peristiwa naik dan turunnya permukaan air laut.

Penyebab Pasang Surut
Penyebab utama pasang surut air laut adalah gravitasi bulan. Gravitasi matahari juga mempengaruhi peristiwa pasang surut. Meskipun matahari jauh lebih besar dari pada bulan, tetapi matahari berada pada jarak yang sangat jauh dari bumi (150 000 000 km). Bandingkan jarak bumi – bulan yaitu sekitar 385 000 km.


Perhatikan gambar berikut.
Pasang surut air laut
Pasang surut air laut
Perhatikan titik A
Titik A berjarak paling dekat dengan bulan. Hal ini menyebabkan posisi A mengalami gaya tarik bulan yang paling besar, akibatnya air tertarik di bulan. Pada saat ini terjadi pasang di A.

Posisi B, yang terletak berlawanan dengan posisi A, akan mengalami gaya tarik bulan yang paling lemah. Akibatnya air di posisi B bergerak menjauh B yang menyebabkan posisi B mengalami pasang.


Bagaimana dengan posisi C dan D?
Daerah C dan C mengalami surut karena airnya ditarik ke A dan B.
Dalam satu hari (24 jam) suatu tempat akan mengalami dua kali pasang (posisi A dan B) serta dua kali posisi surut (posisi D dan C). Anggaplah posisi bulan tetap, sebuah tempat akan menempati posisi A – B – C – D secara berurutan. Ketika mula-mula pasang di A, kemudian mengalami surut (posisi D), pasang (posisi B) dan akhirnya surut (posisi C).

Antara pasang besar dan pasang kecil
Pasang besar dan pasang kecil keduanya sama-sama posisi pasang. Pasang besar dan kecil ini disebabkan oleh pengaruh gravitasi matahari. Pasang akibat gravitasi matahari ini hanya 5/11 kali pasang yang disebabkan gravitasi bulan. Tetapi gabungan keduanya akan memberikan pengaruh yang berbeda. Ketika posisi matahari dan bulan segaris (bulan baru atau bulan purnama) maka akan terjadi pasang kecil. Sedangkan ketika posisi matahari dan bulan saling tegak lurus (bulan kuartir awal atau kuartir akhir) akan terjadi pasang kecil. Perhatikan gambar berikut.
Pasang besar
Pasang kecil

Manfaat pasang surut air laut.
Beberapa manfaat pasang surut air laut adalah sebagai berikut.
1. Memudahkan kapal berlayar dan berlabuh. Pada saat laut pasang, di dermaga yang dangkal kapal laut dapat berlayar dan berlabuh pada saat pasang.
2. Membuat garam di tepi laut.
Ketika pasang, air laut mengisi petak-petak tempat pembuatan garam. Setelah surut, air laut yang mengandung garam tertinggal dalam petak-petak itu.
3. Persawahan pasang surut. Saat terjadi pasang, air laut ditampung di saluran-saluran sehingga air lautnya tidak menggenangi persawahan
4. Pembangkit listrik tenaga pasang surut
Beda ketinggian air saat pasang surut menghasilkan energi potensial yang dapat diubah menjadi energi untuk menggerakkan turbin


Sumber :
Kanginan, Marthen. 2003. Fisika 2000 Jilida 2A untuk SMU Kelas 2. Erlangga
Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika 1A untuk SMP Kelas VII. Erlangga

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Channel Youtube

Postingan Acak

Total Tayangan Halaman

Pengikut