Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
-
Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional
[image: Buku Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional]
Emotional Intelligence - Daniel GolemanBuku ...
Berikut adalah materi yang perlu dipelajari untuk menyiapkan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester (Penilaian Tengah Semester) Gasal Kelas VIII
1. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya
2. berdasarkan contoh didalam kehidupan sehari-hari.
3. Menentukan arah dan resultan gaya dari beberapa gaya yang segaris.
4. Menentukan pengaruh suatu gaya
5. Menyebutkan contoh gaya gesek
6. menentukan faktor yang mempengaruhi gaya gesek
7. Menentukan perbedaan massa dan berat
8. Mengidentifikasi pengaruh gaya gravitasi
9. Menjelaskan contoh penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari
10. Menghitung besaran pada Hukum II Newton jika variabel lain di ketahui
11. Menjelaskan contoh penerapan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari
12. Menentukan gambar benda yang mempunyai variabel besaran terbesar/terkecil pada penerapan hukum newton.
13. Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi atau perubahan bentuk energi dari alat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
14. Menentukan besaran usaha jika varibel-variabel lain diketahui.
15. Menghitung besaran energi potensial jika variabel-variabel lain diketahui
16. Menghitung besaran energi kinetik jika varibel-variabel lain diketahui.
17. Menghitung variabel daya jika variabel-variabel lain diketahui
18. Menentukan perbandingan salah satu besaran dalam suatu energi.
19. Menentukan pengaruh kedudukan suatu benda
20. Mengidentifikasi kelompok atom, ion, atau molekul dari beberapa gambar kimia yang disajikan.
21. Menentukan komponen variabel dalam suatu isotop atom tertentu
22. Menghubungkan produk kimia sehari-hari dengan konsep atom, ion, dan molekul
23. Mengidentifikasi beberapa molekul unsur atau molekul senyawa.
24. Mengidentifikasi jenis pertumbuhan dan perkembangan
25. Mengidentifikasi faktor-faktor dalam proses yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup.
26. Menentukan Urutan perkembangan sel telur setelah dibuahi
27. Menentukan faktor yang berpengaruh dalam perkecambahan biji.
28. Menentukan faktor internal dalam pertumbuhan tumbuhan.
29. Mengidentifikasi fase-fase dalam suatu metagenesis.
30. Menjelaskan bagan pergiliran keturunan
31. Menentukan Siklus perkembangan manusia
32. Mengidentifikasi organ yang paling penting pada masa pertumbuhan manusia
33. Menjelaskan ciri-ciri perkembangan pada remaja
34. Menyebutkan ciri-ciri perkembangan wanita.
35. Menentukan bentuk-bentuk tulang
36. Mentukan macam-macam otot
37. Mengidentifikasi cara kerja suatu otot
38. Menentukan arah sendi pada manusia
39. Mengidentifikasi kelainan pada tulang akibat cara duduk yang salah
40. Menyebutkan tulang pembentuk rangka manusia
Arsyad Riyadi September 15, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
1. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya
2. berdasarkan contoh didalam kehidupan sehari-hari.
3. Menentukan arah dan resultan gaya dari beberapa gaya yang segaris.
4. Menentukan pengaruh suatu gaya
5. Menyebutkan contoh gaya gesek
6. menentukan faktor yang mempengaruhi gaya gesek
7. Menentukan perbedaan massa dan berat
8. Mengidentifikasi pengaruh gaya gravitasi
9. Menjelaskan contoh penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari
10. Menghitung besaran pada Hukum II Newton jika variabel lain di ketahui
11. Menjelaskan contoh penerapan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari
12. Menentukan gambar benda yang mempunyai variabel besaran terbesar/terkecil pada penerapan hukum newton.
13. Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi atau perubahan bentuk energi dari alat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
14. Menentukan besaran usaha jika varibel-variabel lain diketahui.
15. Menghitung besaran energi potensial jika variabel-variabel lain diketahui
16. Menghitung besaran energi kinetik jika varibel-variabel lain diketahui.
17. Menghitung variabel daya jika variabel-variabel lain diketahui
18. Menentukan perbandingan salah satu besaran dalam suatu energi.
19. Menentukan pengaruh kedudukan suatu benda
20. Mengidentifikasi kelompok atom, ion, atau molekul dari beberapa gambar kimia yang disajikan.
21. Menentukan komponen variabel dalam suatu isotop atom tertentu
22. Menghubungkan produk kimia sehari-hari dengan konsep atom, ion, dan molekul
23. Mengidentifikasi beberapa molekul unsur atau molekul senyawa.
24. Mengidentifikasi jenis pertumbuhan dan perkembangan
25. Mengidentifikasi faktor-faktor dalam proses yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup.
26. Menentukan Urutan perkembangan sel telur setelah dibuahi
27. Menentukan faktor yang berpengaruh dalam perkecambahan biji.
28. Menentukan faktor internal dalam pertumbuhan tumbuhan.
29. Mengidentifikasi fase-fase dalam suatu metagenesis.
30. Menjelaskan bagan pergiliran keturunan
31. Menentukan Siklus perkembangan manusia
32. Mengidentifikasi organ yang paling penting pada masa pertumbuhan manusia
33. Menjelaskan ciri-ciri perkembangan pada remaja
34. Menyebutkan ciri-ciri perkembangan wanita.
35. Menentukan bentuk-bentuk tulang
36. Mentukan macam-macam otot
37. Mengidentifikasi cara kerja suatu otot
38. Menentukan arah sendi pada manusia
39. Mengidentifikasi kelainan pada tulang akibat cara duduk yang salah
40. Menyebutkan tulang pembentuk rangka manusia
Arsyad Riyadi September 15, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Penilaian Tengah Semester (sebelumnya bernama Ulangan Tengah Semester) akan dilaksakan mulai tanggal 19 September 2016. Untuk mata pelajaran IPA Kelas IX, silahkan pelajari materi berikut.
Uraian materinya menyusul ya...
1. Menentukan jenis muatan pada suatu benda, setelah digosok
2. Menentukan gaya interaksi antara dua benda bermuatan listrik
3. Menentukan besaran fisika pada hukum Coulomb
4. Menentukan arah garis gaya medan listrik
5. Menentukan muatan listrik benda yang menginduksi dengan benda yang terinduksi
6. Menjelaskan induksi listrik pada elektroskop
7. Menentukan cara kerja penangkal petir
8. Menentukan arah aliran arus dan elektron
9. Menentukan besarnya kuat arus
10. Menentukan Pemasangan alat ukur listrik pada rangkaian
11. Memberi contoh bahan konduktor / isolator
12. Menentukan hubungan antara V, I dan R
13. Mengukur kuat arus dengan alat ukur
14. Menentukan arus yang mengalir pada percabangan
15. Menyebutkan faktor yangmempengaruhi hambatan kawat
16. Menentukan besar hambatan kawat
17. Menentukan hambatan pengganti pada rangkaian seri-paralel
18. Menyebutkan contoh sumber arus DC
19. Menyebutkan bagian-bagian pada elemen kering
20. Menjelaskan perubahan yang terjadi pada kutub positif dan kutub negatif pada aki yang digunakan
21. Menentukan tegangan jepit
22. Menentukan fungsi bagian-bagian ginjal
23. Menentukan zat-zat yang terkandung pada urine
24. Menentukan letak terbentuknya hasil filtrasi pada proses pembentukan urin
25. Menentukan tahap-tahap pembentukan urine
26. Menentukan faktor yang mempengaruhi produksi urin
27. Menentukan fungsi bagian dari kulit
28. Menentukan kelainan / gangguan pada sistem ekskresi
29. Menunjukkan bagian kulit yang mempunyai fungsi tertentu
30. Menentukan fungsi hati pada manusia
31. Menentukan tujuan perkembangbiakan pada mahluk hidup
32. Menentukan fungsi organ reproduksi pria
33. Menentukan fungsi organ reproduksi wanita
34. Menentukan fungsi organ reproduksi wanita pada saat hamil
35. Menentukan tahap-tahap perkembangan embrio dalam kandungan
36. Menyebutkan fungsi hormon sexual
37. Menentukan kelainan / gangguan pada sistem reproduksi
38. Menunjukkan nama organ-organ reproduksi beserta fungsinya
Kembali pada Rabu - Jumat (24/8 - 26/8) saya diberi kesempatan mengikuti Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah bersama USAID. Sama dengan pelatihan sebelumnya, pelatihan saat ini juga diikuti oleh guru senior, komite dan kepala sekolah. Setelah mengajar kurang lebih 11 tahun, saya akhirnya mendapat kesempatan menjadi guru senior...(lumayan).
Sesuai jadwal, kegiatan pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah ini dilaksanakan dari pagi hingga sore.
Topik yang diberikan pada pelatihan kedua ini adalah sebagai berikut.
Hari Pertama
Persiapan dan Pembukaan
Gambaran Umum Monitoring Program USAID PRIORITAS
Kaji Ulang Kemajuan Sekolah
Pembahasan RTL Pembelajaran
Hari Kedua
Mengembangkan Budaya Baca
Mendengar Aktif
Peran KS dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran
Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran
Arsyad Riyadi Agustus 27, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Sesuai jadwal, kegiatan pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah ini dilaksanakan dari pagi hingga sore.
Topik yang diberikan pada pelatihan kedua ini adalah sebagai berikut.
Hari Pertama
Persiapan dan Pembukaan
Gambaran Umum Monitoring Program USAID PRIORITAS
Kaji Ulang Kemajuan Sekolah
Pembahasan RTL Pembelajaran
Hari Kedua
Mengembangkan Budaya Baca
Mendengar Aktif
Peran KS dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran
Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran
Peran Komite dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran
Hari Ketiga
Perencanaan Sekolah
Sikap dan Tindakan Pemangku Kewajiban terhadap Peningkatan Mutu Sekolah
RTL
Penutupan dan Administrasi
Peserta pelatihan dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2 sekolah yang melibatkan guru, kepala sekolah, dan komite.
Serasa seperti menjadi murid kembali. Belajar...diskusi...menonton...mendengarkan cerita...kunjung karya...memberi komentar...presentasi...hingga akhirnya menempel hasil kerja kelompok. Tuntas bukan? Aktif...student oriented lah pokoknya.
Ya..di hari pertama ini membahas seputar kemajuan sekolah. Khususnya setelah mengikuti pelatihan dari USAID, yaitu CTL bagi guru dan MBS bagi guru senior, kepala sekolah dan komite. Kegiatan terakhir mengkaji RTL yang dibuat oleh guru-guru peserta pelatihan CTL.
Semangat selalu. Selalu Belajar. Lupakan jadi guru kalau tidak mau belajar.
Hari Ketiga
Perencanaan Sekolah
Sikap dan Tindakan Pemangku Kewajiban terhadap Peningkatan Mutu Sekolah
RTL
Penutupan dan Administrasi
Peserta pelatihan dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2 sekolah yang melibatkan guru, kepala sekolah, dan komite.
Serasa seperti menjadi murid kembali. Belajar...diskusi...menonton...mendengarkan cerita...kunjung karya...memberi komentar...presentasi...hingga akhirnya menempel hasil kerja kelompok. Tuntas bukan? Aktif...student oriented lah pokoknya.
Ya..di hari pertama ini membahas seputar kemajuan sekolah. Khususnya setelah mengikuti pelatihan dari USAID, yaitu CTL bagi guru dan MBS bagi guru senior, kepala sekolah dan komite. Kegiatan terakhir mengkaji RTL yang dibuat oleh guru-guru peserta pelatihan CTL.
Semangat selalu. Selalu Belajar. Lupakan jadi guru kalau tidak mau belajar.
Arsyad Riyadi Agustus 27, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Ujian Nasional SMP Tahun 2016 telah berlalu. Meskipin demikian, baru sekarang, saya mencoba mereviewnya. Tepatnya mengingat-ingat antara apa yang selama ini diajarkan dengan soal yang keluar dalam UN IPA tahun 2016.
(Catatan : saya baru melihat 1 paket soal secara acak)
Soal No 1.
Diberikan gambar stopwatch dan ditanyakan waktu yang ditunjukkan dalam stopwatch tersebut dalam satuan detik. Dalam soal ini, siswa bisa menjadi salah karena tidak memperhatikan perbedaan antara jarum menit dan jarum detik.
Soal No.2
Soal no. 2 ini seharusnya dengan mudah dapat dikerjakan oleh siswa. Diberikan tabel volume, bentuk, gaya antar partikel dan jarak antar partikel. Ditanyakan sifat-sifat kayu yang tepat.
Soal No. 3
Soal no. 3 ini seharusnya bisa dikerjakan dengan baik. Meskipun perlu hati-hati.
Diketahui tabel tentang benda, massa dan volume kemudian ditanyakan posisi yang benar dari benda tersebut ketika dimasukkan ke dalam zat cair.
Soal No. 4
Soal no. 4 ini mengenai asam, basa dan garam. Diberikan perubahan warna lima lakmus dalam sebuah tabel. Kemudian ditanyakan larutan-larutan yang bersifat asam. (Paket soal yang lain belum dicek lo).
Soal No. 5
Ditanyakan gas-gas yang menyebabkan karat pada kaleng. Ya lumayan mudah sebenarnya. Sayang sekali, saya sendiri jarang menekankan materi tentang hal ini. Meskipun beberapa kali sering mengatakan kalau udara menyebabkan logam menjadi berkarat.
Soal No. 6
Diberikan empat buah pernyataan. Kemudian diminta memilih peristiwa yang menunjukkan perubahan kimia.
Soal No. 7
Diberikan nama bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian ditanyakan fungsi bahan kimia tersebut. Bahan kimia yang dikeluarkan pada paket soal yang saya pegang sekarang adalah fungsi senyawa sulfonat dalam deterjen.
Soal No. 8
Diberikan empat buah pernyataan dan ditanyakan efek dari kafein.
Soal No. 9
Diberikan gambar alat indikator muai panjang (Alat Muschenbroek) sebelum dan sesudah dipanaskan serta tabel koefisien muai panjang beberapa logam. Kemudian ditanyakan posisi logam yang benar berdasarkan gambar dan data pada tabel.
Soal No. 10
Diberikan tabel hubungan antara jarak dan waktu tempuh dari 2 buah benda. Selanjutnya ditanyakan jenis gerak yang terjadi pada benda 1 dan benda 2.
Kalau melihat kesepuluh soal tersebut. Nampak ada perbedaan antara soal UN IPA tahun 2016 dengan tahun-tahun sebelumnya.
Pertama, urutan SKL yang berbeda. Dari soal no 1 - 10 di atas dibedakan menjadi soal IPA Fisika dan Kimia. Dengan soal no.1 - 3 merupakan soal IPA Fisika, dan soal no. 4 - 8 merupakan soal tentang IPA Kimia. Baru pada soal no. 8 - 10 kembali ke IPA Fisika.
Kedua, sampai soal ke sepuluh ini belum ada satu pun soal yang menggunakan rumus (soal perhitungan). Soal no.1 tentang pengukuran lebih banyak ke pembacaan alat ukur bukan ke penghitungan.
Arsyad Riyadi Agustus 19, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
(Catatan : saya baru melihat 1 paket soal secara acak)
Soal No 1.
Diberikan gambar stopwatch dan ditanyakan waktu yang ditunjukkan dalam stopwatch tersebut dalam satuan detik. Dalam soal ini, siswa bisa menjadi salah karena tidak memperhatikan perbedaan antara jarum menit dan jarum detik.
Soal No.2
Soal no. 2 ini seharusnya dengan mudah dapat dikerjakan oleh siswa. Diberikan tabel volume, bentuk, gaya antar partikel dan jarak antar partikel. Ditanyakan sifat-sifat kayu yang tepat.
Soal No. 3
Soal no. 3 ini seharusnya bisa dikerjakan dengan baik. Meskipun perlu hati-hati.
Diketahui tabel tentang benda, massa dan volume kemudian ditanyakan posisi yang benar dari benda tersebut ketika dimasukkan ke dalam zat cair.
Soal No. 4
Soal no. 4 ini mengenai asam, basa dan garam. Diberikan perubahan warna lima lakmus dalam sebuah tabel. Kemudian ditanyakan larutan-larutan yang bersifat asam. (Paket soal yang lain belum dicek lo).
Soal No. 5
Ditanyakan gas-gas yang menyebabkan karat pada kaleng. Ya lumayan mudah sebenarnya. Sayang sekali, saya sendiri jarang menekankan materi tentang hal ini. Meskipun beberapa kali sering mengatakan kalau udara menyebabkan logam menjadi berkarat.
Soal No. 6
Diberikan empat buah pernyataan. Kemudian diminta memilih peristiwa yang menunjukkan perubahan kimia.
Soal No. 7
Diberikan nama bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian ditanyakan fungsi bahan kimia tersebut. Bahan kimia yang dikeluarkan pada paket soal yang saya pegang sekarang adalah fungsi senyawa sulfonat dalam deterjen.
Soal No. 8
Diberikan empat buah pernyataan dan ditanyakan efek dari kafein.
Soal No. 9
Diberikan gambar alat indikator muai panjang (Alat Muschenbroek) sebelum dan sesudah dipanaskan serta tabel koefisien muai panjang beberapa logam. Kemudian ditanyakan posisi logam yang benar berdasarkan gambar dan data pada tabel.
Soal No. 10
Diberikan tabel hubungan antara jarak dan waktu tempuh dari 2 buah benda. Selanjutnya ditanyakan jenis gerak yang terjadi pada benda 1 dan benda 2.
Kalau melihat kesepuluh soal tersebut. Nampak ada perbedaan antara soal UN IPA tahun 2016 dengan tahun-tahun sebelumnya.
Pertama, urutan SKL yang berbeda. Dari soal no 1 - 10 di atas dibedakan menjadi soal IPA Fisika dan Kimia. Dengan soal no.1 - 3 merupakan soal IPA Fisika, dan soal no. 4 - 8 merupakan soal tentang IPA Kimia. Baru pada soal no. 8 - 10 kembali ke IPA Fisika.
Kedua, sampai soal ke sepuluh ini belum ada satu pun soal yang menggunakan rumus (soal perhitungan). Soal no.1 tentang pengukuran lebih banyak ke pembacaan alat ukur bukan ke penghitungan.
Arsyad Riyadi Agustus 19, 2016 New Google SEO Bandung, Indonesia
Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan makhluk tak hidup. Selain itu juga dibedakan ciri-ciri makhluk hidup antara hewan dan tumbuhan.
Ciri-ciri makhluk hidup
1. Memiliki sel
Sel merupakan unit terkecil penyusun tubuh.
2. Bernapas/respirasi
Bernapas merupakan proses pengambilan oksigen dari udara serta melepaskan karbon dioksida dan uap air ke udara melalui alat pernapasan.
Tumbuhan melakukan pernapasan melalui stomata (pada daun) dan lentisel (pada batang). Hewan sendiri memiliki alat pernapasan berbeda-beda berupa paru-paru/insang/permukaan kulit/sistem trakea. Paru-paru, misalnya pada mamalia. Insang, misalnya pada ikan. Permukaan tanah, misalnya pada cacing tanah. Sistem trakea pada serangga.
3. Nutrisi/makan
Berdasarkan cara memperoleh makanannya, ada organisme heterotrof dan autotrof. Organisme heterotrof adalah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, misalnya pada hewan dan manusia. Sedangkan organisme autotrof merupakan organisme yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis (pada tumbuhan).
4. Adaptasi
Adaptasi merupakan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya agar dapat bertahan hidup. Misalnya penyesuaian diri makhluk hidup melalui bentuk dan struktur fungsinya (misalnya berbagai jenis paruh dan kaki pada hewan) yang disebut sebagai adaptasi morfologi. Penyesuaian makhluk hidup melalui fungsi kerja alat tubuh (misalnya peningkatan detak jantung setelah olahraga) disebut dengan adaptasi fisiologi. Penyesuaian makhluk hidup melalui aktivitas atau tingkah laku (misalnya kerbau berkubang ketika hari panas) disebut adaptasi tingkah laku.
5. Berkembang biak/reproduksi
Berkembang biak jelas bertujuan untuk melangsungkan keturunannya. Ada dua jenis, yaitu perkembangbiakan secara kawin/generatif dan perkembangan secara tidak kawin/vegetatif.
6. Tumbuh dan berkembang
Tumbuh merupakan perubahan ukuran tubuh akibat bertambahnya jumlah sel dan volume sel. Pertumbuhan ini bersifat irreversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula). Berkembang adalah proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif.
7. Mengeluarkan zat sisa/ekskresi
Ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh. Misalnya ginjal mengeluarkan urine, kulit mengeluarkan keringat, hati menghasilkan empedu dan paru-paru mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.
8. Iritabilitas dan gerak
Iritabilitas merupakan kemampuan makhluk hidup dalam menanggapi rangsang. Misalnya tanaman petai cina akan mengatup karena adanya rangsang gelap.
9. Regulasi
Sistem regulasi berhubungan erat dengan kerja saraf dan hormon.
Sistem regulasi berhubungan erat dengan kerja saraf dan hormon.
10. Transportasi/pengangkutan
Sistem transportasi berhubungan dengan pengangkutan zat-zat tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya adanya floem (pengangkut hasil fotosintesis) dan xilem (pengangkut air dan mineral) pada tumbuhan.
Perbedaan ciri hewan dan Tumbuhan
Sebagai makhluk hidup, tumbuhan dan hewan memiliki ciri-ciri yang berbeda
1. Cara memperoleh makanan
Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri sedangkan hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri. Bahan makanan tumbuhan membutuhkan karbon dioksida, air dan cahaya. Sedangkan makanan pada hewan berupa bahan organik seperti karbohidrat, protein, lemak dan lain-lain.
2. Cara bergerak
Tumbuhan dapat bergerak secara terbatas. Gerak pada tumbuhan berupa gerak endonom (tidak dipengaruhi oleh faktor luar) maupun gerak etionom (dipengaruhui rangsang luar). Gerak etionom bisa berupa gerak nasti (arah gerak tidak ditentukan arah rangsang), gerak tropisme (arah gerak dipengaruhi oleh arah rangsang) dan gerak taksis (berpindah tempat). Pada hewan geraknya lebih aktif dan lebih leluasa.
Gerakan pada tumbuhan berkaitan erat dengan pertumbuhan (misalnya melilitnya sulur pada ujung batang tanaman). Gerak pada hewan dikendalikan oleh saraf serta menggunakan alat gerak berupa otot dan rangka.
Perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup/mati
Makhluk hidup dapat dibedakan dari makhluk tak hidup/mati berdasarkan ciri-ciri berikut.
1. Metabolisme
2. Iritabilitas
3. Reproduksi
4. Pertumbuhan dan perkembangan
Sumber :
Mubarok, Ibnul dkk. 2013. Maestro Olimpiade Biologi SMP Seri A. Erlangga
Keumalasari, Dewi. 2014. Suju Sukses Juara Olimpiade Biologi SMP/Mts. Gramedia
Arsyad Riyadi
Agustus 18, 2016
New Google SEO
Bandung, IndonesiaSumber :
Mubarok, Ibnul dkk. 2013. Maestro Olimpiade Biologi SMP Seri A. Erlangga
Keumalasari, Dewi. 2014. Suju Sukses Juara Olimpiade Biologi SMP/Mts. Gramedia