Home » , , » Hama dan Penyakit pada Tumbuhan

Hama dan Penyakit pada Tumbuhan

Hama dan Penyakit pada Tumbuhan

Hama dan penyakit merupakan istilah yang berbeda. Hama disebabkan oleh organisme seperti tikus, wereng, walang sangit, tungau dan ulat. Sedangkan penyakit disebabkan infeksi jamur, bakteri, virus maupun alga.

Berikut adalah berbagai hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan.
Hama
Hama tumbuhan merupakan organisme yang menyerang tumbuhan sehingga pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan tersebut terganggu. Hama yang menyerang tumbuhan pada umunya adalah hewan. Misalnya dari kelompok hewan menyusui (kera, tikus, gajah), dari kelompok serangga (walang sangit, wereng, belalang, kumbang, dan kutu daun, maupun dari kelompok burung (burung pipit, manyar dan gelatik).

Di antara hewan-hewan tersebut yang paling banyak menyerang organ tumbuhan adalah serangga.
Misalnya walang sangit yang menyerang biji padi yang masih mudah dan lunak. Akibatnya biji padi menjadi kosong, kadang-kadang berisi tetapi isinya tidak sempurna.
Ulat pengerek yang merupakan fase metamorfosis dari kupu-kupu Scirpophaga innonata menggerek dan merusak batang kemudian menyerbu titik tumbuh padi yang sedang disemai. Ulat tersebut dapat berpindah dau satu batang ke batang yang lain. Serangan ulat pada pucuk daun menyebabkan daun baru tidak akan terbentuk dan pucuk daun menjadi kuning dan akhirnya mati.

Berikut berbagai hewan yang berpotensi sebagai hama di Indonesia.

1. Tupai (Callosciurus natatus) menyerang buah kelapa.
2. Burung gereja (Passer montanus, Oates menyerang padi dan biji rumput-rumputan lain.
3. Codot (Cynopterus spinx, Vahl) menyerang buah dan sari buah.
4. Kepik hijau (Nesara viridula, L) menyerang tanaman palawija (mengisap cairan).
5. Kumbang cula (Xyloptrupes gideon. L) menyerang pucuk batang kelapa.
6. Kumbang kelapa (Oryctes rhinoceros, L) menyerang pucuk batang kelapa atau daun muda.
7. Lalat buah menyerang buah-buahan.
8. Penggerek batang jeagung (Pyrausta nubilalis, Huber) menyerang batang dan biji jagung.
9. Ulat penggerek beras (Dichocrocis punctiferalis, Guen) menyerang bji padi/beras.
10. Ulat daun pisang (Erionota thrax, L) menyerang daun pisang.
11. Wereng cokelat (Nephotettix virescens) menyerang tanaman padi.
12. Tikus menyerang batang dan daun muda tanaman padi.
13. Belalang menyerang tanaman jagung.

Penyakit tumbuhan
Penyakit pada tumbuhan dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, virus, dan alga.
a. Jamur
1) Penyakit pada padi disebabkan oleh jamur Pyricularia oryzae menyebabkan ruas-ruas batang menjadi mudah patah dan tanaman padi akhrinya mati. Jamur Magnaporthe grisea menyebabkan daun padi menguning.

2) Penyakit embun tepung disebabkan oleh jamur Peronospora parasitica. Jamur ini kadang-kadnag menyerang biji yang sedang berkecambah sehingga biji menjadi keropos dan akhirnya mati. Jamur ini kadang-kadang menyerang daun pertama pada kecambah sehingga daun menjadi kerdil. Tumbuhan kerdil ini dapat tumbuh terus tetapi daun-daunnya terdapat bercak-bercak hitam.

3) Penyakit rebah kecambah yang disebabkan oleh serangan cendawan/jamur Phytolium sp. atau Rhizoctonia solani. Penyakit ini menyebabkan leher akar tanaman yang baru tumbuh (sedang berkecambah) menjadi busuk.  Jamur yang menyerang akan menyebabkan leher akar mengecil sehingga akar tidak mampu menopang batang. Batang tanaman menjadi busuk dan kering. Akhirnya tanaman yang baru akan rebah.

b. Bakteri
Misalnya penyakit yang menyerang pembuluh tapis batang jeruk (citrus vein phloem degenaration atau CVPD). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Serratia marcesecens. Gejala penyakit ini adalah daun menjadi kecil dan berwarna kuning, buah menjadi kuning, sehingga lama-lama akan mati. Penyakit CVPD yang belum parah dapat diberikan antibiotik terramycin.

c. Virus
Misalnya virusTMV (tobacco mozaik virus)  yang menyerang daun tembakau. Virus ini menyerang permukaan atas daun tembakau.  Daun tembakau tampak bercak-bercak putih yang mengakibatkan daun tembakau bermutu rendah sehingga tidak laku dijual. Virus juga dapat menyerang jeruk melalui perantara serangga.

d. Alga (ganggang)
Tumbuhan yang diserang alga/ganggang antara lain jeruk, jambu biji dan rambutan. Bagian tumbuhan yang diserang alga/ganggang biasanya bagian daun. Ditandai dengan adanya bercak pada daun, kemudian permukaannya tumbuh rambut berwarna cokelat kemerahan.

e. Gulma
Gulma merupakan tumbuhan pengganggu tanaman budi daya. Gulma bersaing dengan tanaman utama dalam mendapatkan unsur har yang diperlukan untuk pertumbuhannya. Contoh gulma adalah teki ladang (Cyperus rotundus), alang-lang (Imperatus cylindrica) dan daun sendok.

Sumber :
Keumalasari, Dwi. 2014. Suju Sukses Juara Olimpiade Biologi. Jakarta : PT Grasindo
Sumarwan, Sumarwati dan Kusmayadi. 2004. Sains Biologi SMP Jilid 2A Kelas VIII Semester 1. Jakarta : Erlangga

Sumber gambar :
http://pplbkp3baebunta.blogspot.co.id/2014/06/hama-walang-sangit-dan-pengendaliannya.html


Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Channel Youtube

Postingan Acak

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Pengikut