Dalam pengenalan mengenai peralatan laboratoriun maupun bahan yang praktikum, dibahas :
- Nama alat/bahan
- Bagian-bagian alat
- Kelengkapan alat
- Spesifikasi alat/bahan
- Batas kemampuan alat
- Kegunaan alat/bahan
1. Daftar alat/bahan praktik fisika
No | Kode Alat | Nama | Keterangan |
1 | KAL.41.00 | Meter Dasar | Dilengkapi dengan shunt dan multiplier, digunakan sebagai galvanometer, ammeter atau voltmeter. |
2 | KAL.45 | Multitester | Alat ukur serba guna |
3 | KAL.60 | Catu Daya | Untuk menghasilkan arus litrik dengan tegangan rendah, AC atau DC |
4 | KAL.67/04 | Pemegang Baterai | Untuk baterai ukuran UMI |
5 | KAL.69/04 | Pemegang Bola Lampu | Untuk lampu Mes E10 |
6 | KAL.70/025 | Bola Lampu Mes. E10; 2,5 V - 0,3 A | |
7 | KAL.70/035 | Bola Lampu Mes. E10; 3,5 V - 0,3 A | |
8 | KAL.700/065 | Bola Lampu Mes. E10; 6,3 V - 0,2 A | |
9 | KAL.79/010 | Jepit buaya | Sebagai penghubung terminal |
10 | KAL.85/100 | Kabel kawat, hitam | |
11 | KAL.85/020 | Kabel kawat, merah | |
12 | KAL.88/250 | Kawat konstanta | Digunakan sebagai hambatan atau termokopel |
13 | KAL.90/250 | Kawat nikrom | Digunakan sebagai hambatan atau elemen pemanas |
14 | KAL.92/100 | Kawat Sekering | Untuk pembatas arus |
15 | KAL.94/500 | Kawat tembaga | Untuk membuat kumparan |
16 | KAL.96 | Saklar tipe pisau | Untuk menyambung dan memutuskan arus |
17 | KAL.98/010 | Steker tumpuk, hitam | |
18 | KAL.98/020 | Steker tumpuk, merah | |
19 | KAL.99/010 | Kabel dengan steker tumpuk, hitam | |
20 | KAL.99/020 | Kabel dengan steker tumpuk, merah | |
21 | KEK.15 | Elektrode | Pelat Cu dan Zn. Untuk eksperimen elektrolisis atau elemen Volta |
22 | KHD.21 | Hidrometer, 0,70 - 1,00x0,01 | Untuk mengukur massa jenis zat cair |
23 | KHD.22 | Hidrometer, 0,70 - 1,50x0,01 | Untuk mengukur massa jenis zat cair |
24 | KKA.55 | Kaki tiga | Sebagai penyangga untuk memanasi cawan arau labu |
25 | KKA.64/100 | Kasa | Dari baja anti karat, sebagai alas untuk memanaskan cawan atau labu |
26 | KKW.71 | Stopwatch | Untuk mengukur waktu |
27 | KMD.50 | Model molekul | Untuk menunjukkan ikatan-ikatan dalam molekul |
28 | KMS.15 | Mistar, panjang 1 m lebar 25 mm | |
29 | KNE.23 | Neraca, beban geser 311 g | |
30 | KCP.40 | Pemotong pipa kaca | Berbentuk pisau |
31 | KPK.87 | Penjepit G | Untuk menjepit benda pada papan |
32 | KPL.16/500 | Plastisin | Lilin mainan |
33 | KPP.24/005 | Pipa plastik, diameter 5 mm | |
34 | KPP.24/008 | Pipa plastik, diameter 8 mm | |
35 | KPP.75/010 | Pipet ukur | Untuk memindahkan atau mengambil zat cair dalam jumlah yang dapat diukur |
36 | KSL.32/050 | Silinder ukur plastik, 50 x 1 m3 | |
37 | KSL.32/100 | Silinder ukur plastik, 100 x 1 m3 | |
38 | KSL.40/010 | Silinder ukur kaca, 10 x 0,2 m3 | |
39 | KSL.40/025 | Silinder ukur kaca, 25x 0,5 m3 | |
40 | KSL.40/1000 | Silinder ukur kaca, 1000 x 10 m3 | |
41 | KTE.14 | Termometer tak berskala | Untuk eksperimen membuat termometer |
42 | KTE.40 | Termometer air raksa | |
43 | KTE.58 | Termometer badan | Untuk mengukur suhu badan |
44 | KTE.70 | Termometer dinding, isi alkohol | |
45 | KTE.76 | Termometer maks dan min | Untuk mengetahui suhu maksimum dan minimum pada suatu periode |
46 | FME.27.00 | Beban bercelah pada penggantung, set | Untuk eksperimen gaya |
47 | FME.27.01/001 | Beban bercelah cadangan FME.27.00; 50 g | |
48 | FME.27.02/050 | Beban 50 g | |
49 | FME.27.04/010 | Beban 20 g | |
50 | FME.31.00 | Beban 10 g | |
51 | FME.31.10/001 | Beban bercelah besi, set, penggantung 1 kg, dan beban 5 x 1 kg | |
52 | FME.31.02/002 | Beban | |
53 | FME.37 | Katrol satu roda | Untuk percobaan pesawat sederhana |
54 | FME.40 | Katrol dua roda | Untuk percobaan pesawat sederhana |
55 | FME.43 | Katrol meja berpenjepit | Untuk percobaan gaya dan gerak berubah beraturan |
56 | FME.50.00 | Kit tuas, set dilengkapi dengan pelat bujur sangkar logam | |
57 | FME.50.01/005 | Pelat bujur sangkar logam, pelengkap FME.50.00 | |
58 | FME.60 | Kereta dinamika | Untuk percobaan gaya, gerak, dan momentum |
59 | FME.66 | Pengetik waktu | Untuk mencatat waktu dan jarak tempuh benda |
60 | FME.69 | Pita kertas, kelengkapan FME.66 | |
61 | FSP.18 | Kubus material, 5 buah (alumunium, tembaga, kuningan, besi, plastik/kayu) | |
62 | FSP.26/005 | Dinamometer, 0 - 5x0,1 N | |
63 | FSP.26/010 | Dinamometer, 0 - 10x0,1 N | |
64 | FSP.26/100 | Dinamometer, 0 - 100x5 N | |
65 | FSC.13 | Penyelam kartesian | Untuk memperlihatkan pemindahan tekanan oleh zat cair |
66 | FSC.16.00 | Pesawat Hartl | Untuk menunjukkan tekanan zat cair pada kedalaman yang berbeda |
67 | FSC.35 | Pompa isap | Untuk memperlihatkan cara kerja pompa isap |
68 | FSC.38 | Pompa tekan | Untuk memperlihatkan cara kerja pompa tekan |
69 | FSG.12 | Barometer aneroid | Untuk menunjukkan tekanan udara |
70 | FSG.20 | Alat hukum Boyle | Untuk menunjukkan hubungan antara volume dan tekanan gas pada tempat tertutup |
71 | FSG.26 | Manometer terbuka | Untuk mengukur tekanan gas dalam ruang tertutup |
72 | FGE.16.00 | Sonometer | Untuk menunjukkan ketergantungan tinggi bunyi oada bahan, panjang, tebal dan tegangan senar |
73 | FGE.21 | Garputala | Digunakan dalam eksperimen bunyi |
74 | FGE.22 | Garputala, terpasang pada kotak suara | Untuk menujukkan layangan bunyi |
75 | FGE.35 | Slinki | Untuk menunjukkan berbagai jenis gelombang |
76 | FPT.13.00 | Bangku optik | Untuk percobaan optik |
77 | FPT.19.00 | Kotak cahaya, set | Untuk eksperimen mengenai pemantulan, pembiasan, dan pencampuran warna |
78 | FPT.19.01/012 | Bola lampu, 12 V -24W filamen vertikal untuk FPT.19.00 | |
79 | FPT.30 | Cermin datar | Untuk membuktikan hukum pemantulan cahaya |
80 | FPT.33/015 | Cermin cekung, f = 150 mm | |
81 | FPT.33/030 | Cermin cekung, f = 300 mm | |
82 | FPT.36/015 | Cermin cembung, f = 150 | |
83 | FPT.40 | Balok kaca | Untuk eksperimen pembiasan cahaya |
84 | FPT.50 | Prisma siku-siku (900x450x450) | Untuk eksperimen pembiasan cahaya |
85 | FPT.55 | Prima sama sisi | Untuk eksperimen pembiasan cahaya |
86 | FPT.60/50 | Lensa bikonveks, f = 50 mm, diameter 50 mm | |
87 | FPT.60/150 | Lensa bikonveks, f = 50 mm, diameter 50 mm | |
88 | FPT.60/500 | Lensa bikonveks, f = 50 mm, diameter 50 mm | |
89 | FPT.70/100 | Lensa bikonveks, f = 50 mm, diameter 50 mm | |
90 | FPT.80/100 | Lensa bikonveks, f = 50 mm, diameter 50 mm | |
91 | FCA.15 | Sel matahari | Untuk menunjukkan pengaruh cahaya/matahari yang dapat menghasilkan arus listrik |
92 | FCA.18 | Spektroskop | Untuk mengamati spektrum |
93 | FCA.48.00 | Cakram warna | Untuk menunjukkan perpaduan tujuh warna menjadi warna putih |
94 | FPA.15 | Alat konduksi kalor | Untuk eksperimen perambatan panas |
95 | FPA.21 | Alat konveksi dalam zat cair | Untuk menunjukkan aliran panas pada zat cair |
96 | FPA.34.00 | Alat muai zat cair | Untuk menunjukkan pengaruh kalor terhadap volum zat cair |
97 | FPA.34.01/003 | Bola kaca, cadangan FPA.34.00 | |
98 | FPA.38.00 | Alat muai panjang | Untuk menunjukkan pengaruh kalor terhadap panjang logam |
99 | FPA.38.01/003 | Batang logam, cadangan untuk FPA.38.00 | |
100 | FPA.45 | Bimetal | Untuk menunjukkan perbedaan pemuaian dua macam logam |
101 | FPA.70 | Mesin uap | Untuk menunjukkan prinsip kerja mesin uap |
102 | FLS.31/010 | Hambatan geser/Rheostat, 2 - 10 ohm, 4 A | |
103 | FLS.31/0102 | Hambatan geser/Rheostat, 10 - 100 ohm, 2 A | |
104 | FLS.49/050 | Hambatan tetap, 50 ohm | |
105 | FLS.49/100 | Hambatan tetap, 100 ohm | |
106 | FMA.21 | Magnet batang, berpasangan | |
107 | FMA.35 | Magnet bentuk U, alnico | |
108 | FMA.45 | Botol penabur lada | Untuk menaburkan serbuk besi dalam percobaan melihat garis gaya magnet |
109 | FMA.48 | Kompas pemetaan | Untuk pemetaan garis-garis magnet |
110 | FMA.58 | Kompas magnetik | Untuk mengetahui arah mata angin |
111 | FEM.15 | Bel listrik | Untuk menunjukkan prinsip kerja bel listrik |
112 | FEM.35 | Kumparan Faraday | Untuk eksperimen elektromagnet |
113 | FEM.40 | Motor listrik | Untuk menunjukkan prinsip kerja motor listrik |
114 | FEM.48/020 | Kumparan kawat tembaga, lilitan 300 | |
115 | FEM.48/050 | Kumparan kawat tembaga, lilitan 1200 | |
116 | FAL.40 | Osilator audio | Untuk memperlihatkan perubahan frekuensi yang diterima oleh pengamat apabila sumber bunyi mendekat atau menjauh |
117 | VSF.16 | Slaid, spektrum, 35 mm | Untuk memperlihatkan spektrum emisi yang kontinyu dan garis dan spektrum absorpsi |
118 | VSF.18 | Slaid, struktur atom, 35 mm | Untuk memperlihatkan contoh model-model struktur atom |
119 | FME.51.00 | Kit mekanika | Untuk eksperimen mekanika |
120 | FPA.12.00 | Kit Panas | Untuk eksperimen panas |
121 | FSP.11.00 | Kit Hidrostatika | Untuk eksperimen hidrostatika |
122 | FPT.16.00 | Kit Optika | Untuk eksperimen optika |
123 | FLS.20.00 | Kit Listrik | Untuk eksperimen listrik |
124 | KPK.61 | Perkakas elektronik, set | Untuk pemeliharaan alat elektronik |
125 | KPK.78 | Obeng tukang arloji ( 5 obeng) | |
126 | KPK.92 | Pemotong kaca | Untuk memotong lembaran kaca |
127 | KPK.94 | Pisau pemotong | |
128 | KPK.97 | Timah Solder |
|
Sumber : aboutlabkes.wordpress.com |
b. Alat-alat dari kaca (gelas)
c. Bahan Kimia
d. Listrik
e. Silinder (tabung) gas
f. Hewan Percobaan
g. Mikroorganisme
h. Api
2. Terkena cairan korosif
3. Tertelan zat yang beracun
4. Pingsan
5. Terkena kejutan listrik
6. Gigitan hewan percobaan
7. Kemasukan bakteri patogen
2. Terdapat lorong-lorong yang cukup lebar
3. Tidak ada alat-alat yang menonjol ke lorong-lorong
4. Laboratorium memiliki lemari asap
5. Ventilasi cukup
6. Ada dua pintu keluar dan dapat dikunci dengan baik
7. Pipa air, pipa gas, dan kabel listrik dalam keadaan baik dan teratur pemasangannya
8. Menggunakan kabel listrik yang besarnya sesuai dengan arus yang melaluinya
9. Stop kontak tidak tersembunyi dan mudah diraih
10. Terjadinya fasilitas air yang cukup
11. Tersedianya tempat yang cukup untuk menyimpan alat dan bahan
12. Tersedianya kotak P3K dan alat/bahan untuk memadamkan kebakaran
Untuk penjelasan secara mendetail mengenai keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium sekolah, khususnya laboratorium IPA akan dibahas pada postingan yang akan datang.
Melalui buku ini, kita diajak untuk memahami ilmu-ilmu pengetahuan (fisika, kimia, biologi dan astronomi) secara mendasar. Permainan-permaian yang didemontrasikan dalam buku ini didasarkan pada hukum alam yang berlaku. Tentunya dasar pengetahuan akan terpahami dengan baik, jika kita sendiri yang mempraktekannya.
Ada 200 percobaan dalam buku tersebut yang terbagi dalam
- Dari dunia astronomi
- Percobaan dengan tumbuhan
- Kimia dalam rumah tangga
- Percobaan dengan arus listrik
- Bermain dengan listrik statis
- Percobaan dengan kemagnetan
- Tekanan dan aliran udara
- Percobaan dengan panas
- Mengatsir dan menguap
- Dingin dan es
- Berbagai permainan dengan zat cair
- Benda terapung dan gaya apung
- Titik berat dan gaya berat
- Permainan gaya teknik
- Kelembaman benda
- Bermain dengan bunyi dan nada
- Percobaan dengan cahaya
- Indera kita tertipu
Misalkan lagi pada percobaan mengenai tekanan dan aliran udara. Cukup menggunakan sapu tangan, gelas dan air dalam baskom. Untuk membuat roket udara cukup menggunakan botol plastik dan tutupnya, sedotan plastik, plastisin dan jerami. Untuk membuktikan adanya tekanan udara lawan berat angin cukup menggunakan corong, botol, jerami dan air.
Meskipun dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana, tetapi percobaan yang dilakukan pada buku bermain dengan pengetahuan ini sangat bagus menghantarkan bagi siapapun yang melakukan praktek agar dapat menguasai dasar-dasar sains dengan baik.
Selamat mencoba.
Ringkasan materi magnet ini, dibagi menjadi 2 bagian yaitu Kemangnetan dan Induksi Elektromagnet.
Kemagnetan1. Dua kutub magnet yang sejenis tolak menolak, sedangkan kutub yang tidak sejenis tarik-menarik
2. Cara membuat magnet
a. menggosok
b. menggunakan arus listik (elektromagnet)
c. induksi (mendekatkan magnet tanpa menyentuh)
3. Medan magnet adalah ruang di sekitar suatu magnet di mana magnet lain atau benda lain yang mudah dipengaruhi magnet akan mengalami gaya magnetik jika diletakkan dalam ruang tersebut.
4. Kemagnetan bumi
Kutub utara dari magnet batang imajiner terletak di dekat kutub selatan geografi dan kutub selatan dari magnet batang imajiner terletak di dekat kutub utara geografi.
Sudut yang terbentuk antara utara-selatan geografi dengan utara-selatan kompas disebut dudut deklinasi.
Sudut yang terbentuk antara medan magnetik (garis gaya magnet) dengan arah horizontal permukaan bumi disebut sudut inklinasi.
5. Percobaan Oersted
a. Di sekitar penghantar kawat berarus listrik terdapat medan magnet
b. Arah medan magnet bergantung pada arah arus listrik yang mengalir dalam kumparan
Menentukan arah induksi magnet : jika tangan kanan menggenggam penghantar lurus, ibu jari menunjukkan arah arus dan lipatan keempat jari lainnya menunjukkan arah induksi magnet.
6. Elektromagnetik :
Untuk memperkuat elektromagnetik :
- mengganti inti elektomagnetik dengan bahan yang lebih bersifat magnet
- memperbanyak lilitan kumparan
- memperbesar kuat arus
Manfaat :
- Mengangkat rongsokan besi-baja
- bel listrik
- relai magnetik
- pesawat telepon
7. Gaya Lorentz adalah gaya yang dialami penghantar berarus listrik dalam medan magnet.
Besarnya gaya Lorentz
F = B i l
F = gaya Lorentz (N)
B = medan magnet (wb/m2)
i = kuat arus listrik (A)
l = panjang kawat (m)
Arah gaya Lorentz : jika tangan kanan dibuka, ibu jari menunjukkan arah arus i, keempat jari menunjukkan arah medan magnetik B dan arah keluar dari telapak tangan menunjukkan arah F.
Penerapan : motor listrik dan galvanometer
Induksi Elektromagnetik
1. Induksi elektromagnetik disebabkan oleh perubahan jumlah garis gaya magnet yang dicakup dalam kumparan.2. Besarnya GGL induksi dipengaruhi oleh :
a. jumlah lilitan
b. kuat medan magnet yang digunakan
c. mempercepat gerak magnet
Dirumuskan dengan :
ε = ggl iduksi (volt)
N = jumlah lilitan
Φ = perubahan jumlah garis gaya magnet (Wb)
Δt = selang waktu (s)
3. Generator : mengubah energi kinetik menjadi energi gerak
Prinsip kerja : menghasilkan arus listrik dengan cara memutar kumparan di antara celah kutub utara-selatan sebuah magnet.
a. generator arus bolak-balik (AC atau alternator) : terdapat dua cincin luncur
b. generator arus searah (DC) : terdapat satu cincin belah (komutator)
Generator dalam prakteknya memiliki kumparan yang diam (stator) dan magnet yang bergerak (rotor).
Cara memperbesar ggl induksi pada generator :
a. menggunakan magnet yang lebih kuat
b. memakai kumparan dengan lilitan lebih banyak
c. melilit kumparan pada besi lunak
d. memutar kumparan lebih cepat
4. Transformator : mengubah besarnya tegangan AC (bolak-balik)
a. Transformator step-up (penaik tegangan)
VS > VP, NS > NP, IS < IP
b. Transformator step-down (penurun tegangan)
VS < VP, NS < NP, IS > IP
Berlaku :
untuk transformator ideal (ρ=1), berlaku
VP,S = tegangan primer, sekunder (V)
NP,S = jumlah lilitan primer, sekunder
IP,S = arus primer, sekunder (A)
PP,S = daya primer, sekunder (W)
ρ = efisiensi transformator
5. Transmisi listrik jarak jauh
a. dengan sistem tegangan rendah/kuat arus besar
Keuntungan : mengurangi tingkat bahaya
Kerugian :
- efisiensi penyaluran daya rendah : semakin besar arus yang lewat semakin besar energi listrik yang hilang menjadi energi kalor (W = I2Rt)
- tidak ekonomis : membutuhkan kabel yang lebih besar karena energi panas yang timbul besar
b. dengan sistem tegangan tinggi/kuat arus rendah
Keuntungan :
- efisiensi penyaluran daya tinggi : kuat arus yang kecil menyebabkan energi panasnya kecil
- lebih ekonomis : kawat yang dibutuhkan relatif kecil karena arus kecil.
Kelemahan : tingkat bahaya tinggi Arsyad Riyadi Februari 26, 2015 New Google SEO Bandung, Indonesia
Berikut adalah silabus OSN IPA Tahun 2015 berdasarkan buku panduan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Tahun 2014. Materi dari silabus ini merupakan penyempurnaan dari materi silabus tahun sebelumnya.
1. Pengukuran
Pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi serta pentingnya perumusan satuan terstandar dalam pengukuran :
1) Besaran pokok dan besaran turunan.
2) Satuan pokok dan satuan turunan.
3) Sistem satuan
4) Standar satuan
5) Konversi satuan
Klik materinya di sini.
2. Zat dan kalor
Zat serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari :
1) Zat dan wujudnya :
a) Wujud zat dan perubahan wujud zat.
b) Titik lebur dan titik beku, titik didih dan titik embun, titik sublim.
2) Atom, unsur, molekul dan senyawa.
3) Larutan, campuran, asam, basa dan garam.
4) Zat aditif dan adiktif/ psikotropika.
5) Perubahan fisika :
a) Kalor dan perubahan temperatur (kalor jenis dan kapasitas kalor).
b) Kalor dan perubahan wujud (kalor laten, evaporasi).
c) Pemuaian
6) Perubahan kimia
a) Konsep reaksi kimia sederhana .
b) Kimia dalam kehidupan sehari-hari.
7) Perpindahan kalor :
a) Konduksi
b) Konveksi
c) Radiasi
3. Energi
Konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, metabolisme, pencernaan makanan dan homeostasis :
1) Konsep usaha, energi dan daya
2) Usaha
3) Energi kinetik
4) Energi potensial
5) Hubungan usaha dan perubahan energi mekanik
6) Metabolisme (Respirasi, fotosintesis)
7) Pencernaan makanan
8) Homeostasis
4. Gerak dan Gaya
Gerak dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, serta penerapannya pada gerak
makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari:
1) Besaran-besaran gerak
2) Gerak lurus
3) Gerak melingkar
4) Gerak parabola
5) Hukum-hukum Newton tentang gerak
6) Pesawat sederhana
7) Sistem gerak pada makhluk hidup
5. Tekanan
Tekanan pada zat cair serta penerapannya pada kehidupan sehari-hari, tekanan darah, difusi
pada peristiwa respirasi dan tekanan osmosis:
1) Tekanan hidrostatis
2) Prinsip Pascal
3) Prinsip Archimedes
4) Tegangan permukaan
5) Sistem peredaran darah
6) Sistem pernafasan
7) Sistem transport pada tumbuhan
6. Getaran, gelombang dan Bunyi
Konsep getaran, gelombang, bunyi, serta penerapannya dalam sistem pendengaran, sistem sonar
pada hewan, dan dalam kehidupan sehari-hari:
1) Getaran
2) Gelombang (mekanik)
3) Bunyi
4) Pendengaran
5) Sistem sonar hewan
7. Cahaya dan Optika
Sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia,
proses pembentukan bayangan pada mata serangga, serta prinsip kerja alat optik:
1) Cahaya
2) Optik geometrik
3) Optik fisik
4) Alat-alat optik
8. Listrik Magnet
Konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif, konsep medan magnet, dan induksi elektromagnetik.
1) Elektrostatika
a) Gejala elektrifikasi
b) Muatan listrik
c) Hukum Coulomb
2) Konduktor, isolator, dan semikonduktor
3) Sumber gaya gerak listrik (ggl) primer dan sekunder
4) Arus dan hambatan listrik
5) Rangkaian sederhana arus searah (rangkaian satu simpal)
6) Rangkaian hambatan seri dan paralel
7) Hukum I dan II Kirchhoff
8) Energi dan daya listrik
9) Magnet dan sifat-sifatnya
10) Medan magnet di sekitar penghantar berarus listrik
11) Gaya magnet pada muatan yang bergerak dalam medan magnet
12) Gaya magnet pada penghantar berarus yang berada dalam medan magnet
13) Ggl induksi
14) Transformator
9. IPBA
Struktur bumi, fenomena gempa bumi, gunung api, dan sistem planet dalam tata surya
1) Sistem tata surya
2) Matahari, Bumi, dan Bulan
3) Litosfir dan Atmosfir
10. Ciri makhluk hidup
1) Asal usul makhluk hidup
2) Ciri-ciri makhluk hidup
3) Perbedaan makhluk hidup dan benda mati
4) Pengukuran pada makhluk hidup
11. Keanekaragaman dan pengelompokkan Makhluk Hidup
1) Dasar-dasar klasifikasi
2) Keanekaragaman tingkat gen, spesies, ekosistem
3) Lima dunia makhluk hidup (Regnum)
4) Penyebab terjadinya keanekaragaman mahkluk hidup
5) Usaha-usaha dan pentingnya pelestarian
12. Organisasi kehidupan
1) Struktur (bagian utama dan ,fungsi organel) dan fungsi sel
2) Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan (Eukariota), serta sel bakteri (Prokariota)
3) Konsep tingkatan organisasi kehidupan (sel-jaringan-organ-sistem organ-individu)
13. Ekologi
1) Konsep spesies, populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer.
2) Peran dan saling ketergantungan organisme dalam ekosistem.
3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan makhluk hidup
4) Siklus biogeokimia
5) Peranan organisme tanah
6) Pengukuran kesuburan tanah
7) Habitat dan adaptasi makhluk hidup
8) Konsep seleksi alam
9) Konsep pencemaran lingkungan dan usaha-usaha penanggulangannya
10) Hubungan kepadatan manusia terhadap kebutuhan air bersih, udara bersih, pangan, lahan.
11) Pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap kerusakan lingkungan
12) Pemanasan global dan dampak bagi ekosistem
13) Pentingnya tanah dan organisme yang hidup di tanah untuk keberlanjutan kehidupan
14. Struktur dan fungsi tumbuhan
1) Sel, jaringan dan organ pada tumbuhan
2) Struktur serta fungsi organ tubuh tumbuhan
3) Pemanfaatan prinsip tekanan pada fisiologi tumbuhan
4) Difusi dan osmosis
5) Jenis hama dan penyakit yang umum menyerang tumbuhan
15. Sistem Ekskresi
1) Sel, jaringan, dan organ yang membentuk sistem ekskresi (struktur dan fungsinya)
2) Sistem ekskresi pada manusia
3) Sistem ekskresi pada hewan vertebrata dan invertebrata
4) Mekanisme pengaturan suhu tubuh
5) Kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi manusia
6) Keterkaitan sistem ekskresi dengan sistem yang lainnya
16. Sistem Saraf dan Indera
1) Sel, jaringan, dan organ yang membentuk sistem saraf dan indera (struktur dan fungsinya)
2) Sistem saraf dan indera pada manusia
3) Sistem saraf dan indera pada hewan vertebrata dan invertebrata
4) Kelainan dan penyakit pada sistem saraf dan indera manusia
5) Keterkaiatan sistem saraf dan indera dengan sistem yang lainnya
17. Reproduksi Hewan dan Tumbuhan
1) Sel, jaringan, dan organ yang membentuk sistem reproduksi (struktur dan fungsinya)
2) Sistem reproduksi dan hormon-hormon spesifik yang terlibat
3) Fungsi reproduksi
4) Hubungan reproduksi dan pertumbuhan populasi
5) Penyakit yang berhubungan dengan reproduksi dan upaya pencegahannya
6) Keterkaitan sistem reproduksi dengan sistem yang lainnya.
18. Pewarisan sifat
1) Konsep materi genetik (genom, kromosom, DNA, dan gen)
2) Konsep resesif, dominan, dan intermediet (dominansi tak lengkap)
3) Prinsip dasar persilangan menurut hukum Mendel
4) Penyakit genetik
5) Penerapan pewarisan sifat pada pemuliaan makhluk hidup
19. Bioteknologi
1) Konsep bioteknologi dan cabang-cabang ilmu biologi yang berperan di dalamnya
2) Produk bioteknologi konvensional dan modern yang ramah lingkungan
3) Manfaat dan dampak bioteknologi
4) GMO (genetically modified organisms)
5) Aplikasi teknologi reproduksi
6) Aplikasi bioteknologi pada sektor pangan
20. Forensik
1) Penerapan sains untuk pengungkapan kasus kriminal
2) Sidik jari
3) Identifikasi dalam forensik
4) Penentuan jenis kelamin
5) Tanda-tanda kematian
6) Jenis-jenis kematian
7) Penyebab dan cara kematian
8) Perkiraan waktu kematian korban
9) Pemeriksaan korban kriminalitas
10) Pengambilan sampel
Keterangan : untuk Ilmu Pengetahuan Alam
1. Untuk seleksi kabupaten/kota materi 1 sampai dengan 16
2. Untuk seleksi tingkat provinsi materi 1 sampai dengan 19
3. Untuk seleksi tingkat nasional materi 1 sampai dengan 20
Download Silabus OSN SMP Tahun 2015.
Arsyad Riyadi Februari 25, 2015 New Google SEO Bandung, Indonesia
Berikut adalah ringkasan materi listrik, yang terdiri dari listrik statis dan listrik dinamis.
Listrik Statis1. Atom terdiri dari inti atom (nukleon) dan elektron (muatan negatif) yang mengelilinginya. Inti atom terdiri dari proton (bermuatan positif) dan neutron (tak bermuatan).
2. Atom bermuatan positif jika kekurangan elektron (jumlah elektron < jumlah proton)
Atom bermuatan negatif jika kelebihan elektron (jumlah elektron > jumlah proton)
Atom bermuatan netral jika jumlah proton = jumlah elektron
3. Cara memberi muatan listrik
a. dengan digosok
Misalnya penggaris plastik yang digosok dengan kain wol akan bermuatan negatif karena elektron dari kain wol pindah ke penggaris.
Batang kaca yang digosok dengan sutra akan bermuatan positif karena elektron dari kaca pindah ke sutra.
b. dengan metode konduksi
Misalnya, dengan menyentuhkan batang bermuatan positif ke ujung logam
c. dengan cara induksi
4. Sifat muatan listrik
Muatan yang sejenis tolak-menolak dan muatan yang tidak sejenis tarik-manarik.
5. Hukum Coulumb :
q = muatan listrik (C)
r = jarak kedua muatan listrik (m)
k = 9.109 N m2/C2
6. Medan listrik adalah daerah di sekitar suatu benda bermuatan listrik di mana benda bermuatan listrik lain yang berada di ruangannya akan mengalami gaya listrik.
7. Induksi listrik adalah pemisahan muatan listrik di dalam suatu penghantar karena penghantar didekati oleh (tanpa menyentuh) benda bermuatan listrik
8. Elektroskop digunakan untuk mengetahui suatu benda bermuatan listrik atau tidak
Elektroskop negatif, jika didekati benda negatif daunnya akan mekar.
Elektroskop negatif, jika didekati benda positif daunnya akan menguncup.
9. Suatu benda yang bermuatan listrik negatif jika dihubungkan ke bumi akan netral karena eklektron dari benda mengalir ke bumi.
Suatu benda yang bermuatan listrik positif jika dihubungkan ke bumi akan netral karena eklektron dari bumi mengalir ke benda.
10. Pada konduktor berongga, muatan listrik hanya tersebar pada bagian luarnya.
Muatan paling rapat terdapat pada bagian permukaan luar konduktor yang paling runcing.
Listrik dinamis
1. Beda potensial listrikatau W = V Q
V = beda potensial (Volt)
W = energi (Joule)
Q = muatan (Coulomb)
2. Sumber arus listrik
a. Elemen Volta
Anoda : pelat tembaga (Cu)
Katoda : pelat seng (Zn)
Lar. elektrolit : asam sulfat encer (H2SO4)
Terjadi polarisasi, yaitu menempelnya gelembung-gelembung gas hidrogen di sekitar pelat tembaga
b. Akumulator
Anoda : timbal dioksida (PbO2)
Katoda : timbal (Pb)
Larutanelektrolit : asam sulfat encer (H2SO4)
Pada saat dipakai terjadi perubahan energi kimia menjadi energi listrik.
Pada saat diisi terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia.
c. Batu baterai
Anoda : batang karbon (C)
Katoda : pelat seng (Zn)
Larutan elektrolit : pasta amonium klorida (NH4Cl)
Depolarisator : campuran mangan dioksida dan serbuk karbon
3. Untuk mengukur tegangan listrik digunakan voltmeter yang dipasang secara paralel dan untuk mengukur kuat arus listrik digunakan amperemeter yang dipasang secara seri.
4. Gaya gerak listrik (GGL) adalah beda potensial antara kutub-kutub sumber arus listrik ketika tidak mengalirkan arus listrik (saklar terbuka)
Tegangan jepit adalah beda potensial antara kutub-kutub sumber arus listrik ketika mengalirkan arus listrik (saklar tertutup)
Tegangan jepit < ggl
5. Arus listrik didefinisikan sebagai aliran muatan listrik positif (arus konvensional) yang mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah.
Aliran elektron (muatan listrik negatif) mengalir dari potensial rendah ke potensial tinggi.
6. Arus listrik mengalir karena adanya beda potensial.
Besarnya kuat arus listrik :
I = kuat arus listrik (A)
q = muatan (C)
t = selang waktu (s)
7. Hambatan listrik pada kawat penghantar
a. sebanding dengan hambat jenis kawat (ρ)
b. sebanding dengan panjang kawat (l)
c. berbanding terbalik dengan luas penampang kawat (A)
8. Hukum Ohm :
V = I R atau
V = tegangan (Volt)
I = kuat arus listrik (A)
R = hambatan (ohm atau W)
9. Hukum I Kirchoff : ΣImasuk = ΣIkeluar
10. Rangkaian seri resistor (pembagi tegangan)
· I = I1 = I2 = I3
· V = V1 + V2 + V3
· RS = R1 + R2 + …
· untuk n hambatan yang sama berlaku :
RS = n R
11. Rangkaian paralel resistor (pembagi arus)
· V = V1 = V2 = V3
· I = I1 + I2 + I3
·
· untuk n hambatan yang sama :
· untuk dua buah hambatan :
12. GGL dan tegangan jepit :
Vjepit = ε - I r = IR
ε = ggl, r = hambatan dalam
13. Gabungan sumber tegangan :
a. Gabungan seri :
εs = ε1 + ε2 + ε3; rs = r1 + r2 + r3
b. Gabungan paralel :
εp = ε1 = ε2 = ε3
14. Energi dan daya listrik
W = energi listrik (J)
V = tegangan (V)
I = kuat arus listrik (A)
t = waktu (s)
R = hambatan (ohm atau W)
15. Hambatan peralatan listrik
dengan R tetap berlaku
16. Besarnya biaya rekening yang harus dibayarkan ditentukan oleh besarnya energi yang digunakan.
satuan :
1 kwH (kilowatt hour) = 3.600.000 J
Demikianlah ringkasan materi listrik, khususnya untuk tingkat SMP. Semoga bermanfaat.
Arsyad Riyadi Februari 25, 2015 New Google SEO Bandung, Indonesia
Dalam buku tersebut, pembelajaran fisika dapat dibagi menjadi 6 bagian, yaitu :
1. Mekanika klasik
2. Relativitas
3. Termodinamika
4. Elektromagnet
5. Optik
6. Mekanika Kuantum
Pada mekanika dipelajari materi sebagai berikut :
- Fisika dan pengukurannya
- Gerak dalam 1 Dimensi
- Vektor
- Gerak dalam 2 Dimensi
- Hukum-Hukum tentang Gerak
- Gerak Melingkar dan Penerapan Hukum Newton
- Energi dan Perpindahannya
- Energi Potensial
- Momentum Linier dan Tumbukan
- Rotasi Benda Tegar
- Momentum Angular
- Kesetimbangan Statik dan Elastisitas
- Gravitasi Umum
- Mekanika Fluida
- Gerak Osilasi/Getaran
- Gelombang
- Gelombang Bunyi
- Superposisi dan Gelombang Berdiri
- Suhu
- Panas dan Hukum I Termodinamika
- Teori Kinetik Gas
- Mesin Pemanas, Entropi dan Hukum II Termodinamika
- Medan Listrik
- Hukum Gauss
- Potensial Listrik
- Kapasitansi dan Dielektrik
- Kuat Arus dan Hambatan Listrik
- Arus Searah
- Medan Magnet
- Sumber Medan Magnet
- Hukum Faraday
- Induktasi
- Arus Bolak-Balik
- Gelombang Elektromagnetik
Pada Cahaya dan Optik dipelajari materi sebagai berikut :
- Asal-Usul Cahaya dan Hukum Optik Geometri
- Formasi Image
- Interferensi Gelombang Cahaya
- Pola Difraksi dan Polarisasi
Pada Fisika Modern, dipelajari materi sebagai berikut :
Relativitas
Wow, ternyata fisika dasar cakupannya sangat banyak dan kompleks, Kabar baiknya, hal tersebut bisa dipelajari. Banyak sumber dan sudah ada dasar-dasar yang diberikan saat belajar di tingkat sekolah menengah atas, sekolah menengah pertama bahkan sekolah dasar. Hanya masalah waktu dan pertimbangan kebutuhan serta kesesuaian perkembangan intelektual, sehingga materi fisika itu terus dipelajari dan dikembangkan.
Semangat belajar Fisika ya?
Arsyad Riyadi Februari 25, 2015 New Google SEO Bandung, Indonesia
Materi tekanan meliputi tekanan pada zat padat, zat cair dan gas.
Persamaaan tekanan :
F = gaya (newton);
A = luas bidang tekan (m2)
P = tekanan (Pascal atau N/m2)
Bejana Berhubungan
Berlaku persamaan :
ρ1 h1 = ρ2 h2
Tekanan Hidrostatis
P = ρ g h
P = tekanan hidrostatis (N/m2)
ρ = massa jenis zat cair (kg/m3)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
h = kedalaman (m)
Hukum Pascal
Berlaku :
F1 = gaya yang bekerja pada bidang 1 (N)
F2 = gaya yang bekerja pada bidang 2 (N)
A1 = gaya yang bekerja pada bidang 1 (m2)
A2 = gaya yang bekerja pada bidang 1 (m2)
Hukum Archimedes
“Benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mendapatkan gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan.”
FA = ρc g Vc
FA = WU - WA
FA = besar gaya ke atas (N)
ρc = massa jenis zat cair (kg/m3)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
VC = volume benda yang tercelup ke dalam air (m3)
WU = berat benda di udara(N)
WA = berat benda di air (N)
Tekanan Udara
Tekanan udara di permukaan laut rata-rata 1 atm atau 76 cm Hg. Setiap kenaikan 100 m, tekanan udara turun sebesar 1 cm Hg.
Berikut contoh prediksi soal UN IPA SMP tahun 2015 untuk tekanan.
1. Sebuah balok bermassa 120 kg terletak di atas tanah seperti gambar berikut!
Tekanan balok terhadap tanah jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 adalah ….
A. 125 Pa
B. 250 Pa
C. 1250 Pa
D. 2500 Pa
2. Perhatikan gambar berikut !
Jika percepatan gravitasi di tempat ini sebesar 10 N/kg, maka tekanan hidrostatis tepat mulut ikan tersebut sebesar….
A. 2500 N/m²
B. 3500 N/m²
C. 6000 N/m²
D. 8500 N/m²
3. Perhatikan gambar berikut!
Alat pengangkat hidrolik pada gambar memiliki pengisap, masing-masing dengan luas A1 = 10 cm² dan A2 = 2000 cm². Berat mobil yang akan diangkat 15000 N. Berapa besar gaya F yang harus diberikan pada pengisap kecil ….
A. 7,5 N
B. 50 N
C. 75 N
D. 125 N
4. Sebuah bejana berhubungan diisi air dan minyak seperti pada gambar berikut !
Massa jenis air 1 gr/cm³ dan massa jenis minyak 0,9 gr/cm³, serta ketinggian air 18 cm. Tentukan nilai x!
A. 9 cm
B. 10 cm
C. 18 cm
D. 20 cm
5. Berat benda di udara 20 N ketika dicelupkan ke dalam air mengalami gaya ke atas sebesar 2 N, berat benda sekarang adalah …..
A. 22 N
B. 20 N
C. 18 N
D. 10 N
Untuk sementara kami sajikan 5 soal terlebih dahulu yang bisa dijadikan acuan/prediksi untuk menghadapi UN IPA SMP 2015, khususnya materi tekanan. Selamat belajar.
Arsyad Riyadi Februari 24, 2015 New Google SEO Bandung, Indonesia
Kisi-kisi Soal UN SMP 2015 mengenai usaha, energi, dan pesawat sederhana ini didasarkan pada kompetensi dan indikator ujian nasional IPA tahun 2015.
a. Usaha dan Energi
Terkait dengan usaha dan energi, kita harus memahami konsep usaha dan energi.
Usaha yang dirumuskan dengan gaya dikalikan dengan perpindahan (W = F .s), bisa saja yang ditanyakan mencari nilai usaha, gaya maupun jarak yang ditempuh.
Rumus energi yang dicari bisa dalam bentuk energi potensial (EP = m g h) maupun energi kinetik (EK = ½ m v2).
Soal mengenai energi potensial, bisa saja membandingkan energi potensial dua benda yang berbeda massa maupun ketinggiannya.
b. Pesawat Sederhana
Pada soal UN tahun 2014, yang dikeluarkan adalah mengenai keuntungan mekanis dari bidang katrol.
Untuk soal UN tahun 2015, sangat dimungkinkan yang ditanyakan besaran-besaran pada tuas. Misalnya mencari berat benda, besar kuasa, panjang lengan kuasa, panjang lengan beban maupun keuntungan mekanisnya.
Sedangkan untuk bidang miring, bisa saja yang ditanyakan kuasa minimal yang dibutuhkan, berat beban, tinggi, panjang bidang miring maupun keuntungan mekanisnya.
Berikut contoh prediksi soal UN IPA SMP tahun 2015 untuk materi usaha, energi, dan pesawat sederhana :
1. Perhatikan gaya-gaya yang bekerja pada benda. Gaya-gaya ini mengakibatkan benda berpindah ke kanan. Usaha sebesar 100 J dilakukan oleh gaya pada ....
2. Perhatikan gambar berikut ini!
Besar usaha yang dilakukan adalah ...
A. 100 J
B. 200 J
C. 300 J
D. 400 J
3. Benda A dan B memiliki massa yang sama bergerak dengan kecepatan 1 m/s dan 3 m/s. Perbandingan energi kinetik benda A dan B adalah ....
A. 1 : 3
B. 1 : 9
C. 3 : 1
D. 9 : 1
4. Perhatikan gambar berikut!
Jika massa A dan B masing-masing 4 kg dan 2 kg, serta ketinggian masing-masing 6 cm dan 8 cm. Berapa perbandingan energi potensial benda B dibandingkan benda A?
A. 2 : 3
B. 3 : 2
C. 3 : 8
D. 8 : 3
5. Perhatikan pesawat sederhana berikut ini.
Diketahui panjang AB = 2/3 BC Jika kuasa di titik C adalah 30 N, maka besarnya beban maksimum di titik A yang dapat terangkat sehingga posisi AC setimbang adalah ….
A. 30 N
B. 45 N
C. 50 N
D. 90 N
6. Perhatikan gambar berikut !
Gaya yang diperlukan untuk mendorong beban pada sistem di atas adalah ....
A. 500 N
B. 1000 N
C. 2.000 N
D. 2.500 N
Untuk sementara kami sajikan 6 soal terlebih dahulu yang bisa dijadikan acuan/prediksi untuk menghadapi UN IPA SMP 2015, khususnya materi usaha, energi, dan pesawat sederhana. Selamat belajar.
Arsyad Riyadi Februari 23, 2015 New Google SEO Bandung, Indonesia