Sabtu, 11 Agustus 2012

PENGERTIAN SUHU

Pengertian Suhu


Pada siang hari yang terik, kita merasakan kepanasan akibat sengatan sinar matahari. Demikian juga pada malam hari, kita akan merasa kedinginan  dan menggunakan selimut untuk memberi kehangatan.
Untuk mengukur besarnya panas atau dingin yang kita rasakan, diperlukan suatu besaran, yang disebut besaran suhu. Besaran suhu ini dapat diartikan sebagai suatu besaran yang digunakan untuk menyatakan ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda.

Indra kita  bisa merasakan adanya panas atau dingin suatu benda. Tetapi apakah indera kita tersebut dapat digunakan untuk mengukur suhu?
Mungkin ada yang menjawab ya atau tidak?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lakukan kegiatan berikut.
Sediakan 3 buah baskom, yang masing-masing diisi dengan air panas, air ledeng dan air es. Masukkan tangan kanan ke air yang panas dan tangan satunya ke air es. Kemudian, masukkan kedua tangan tersebut ke dalam baskom yang berisi air dingin. Apa yang dirasakan?

Bagi tangan kanan air es tersebut terasa lebih sejuk sedangkan bagi tangan kiri akan terasa lebih hangat. Manakah yang benar?
Dari kegiatan tersebut, dapat diambil kesimpulan kalau tangan (indra) tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu suatu benda.

Selain itu jangkauan tangan kita pun terbatas. Jika suhu benda (misal air) dikenakan ke tangan kita, maka dipastikan tangan akan terbakar. Demikian juga, kita juga tidak akan bertahan pada suhu yang sangat dingin.

Masih ingat kematian Jack dalam film “Titanic”? Dia yang mendorong tubuh kekasihnya, Rose,  yang berada di atas papan akibat kapal yang dinaiki mereka tenggelam. Kapal besar dan sangat mewah yang diperkirakan sangat kuat ternyata tidak bertahan setelah menabrak gunung es. Jack yang berada di dalam air, tidak bisa bertahan akibat peredaran darah tidak lancar dan akhirnya membeku. Kekuatan cinta Jack terhadap Rose tidak bisa mengalahkan dinginnya samudra Atlantik.
titanic-plank
Kematian Jack akibat dinginnya air laut

Alat Ukur Suhu
lab-thermometer
Termometer
Dengan berbagai keterbatasan indra manusia untuk merasakan panas dan dinginnya suatu benda maka diperlukan alat yang dapat diandalkan. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu dengan tepat dan menyatakannya dengan angka disebut termometer.




Termometer yang digunakan harus memenuhi sifat-sifat berikut :
- skalanya mudah dibaca
- aman untuk digunakan
- kepekaan  pengukurannya
- lebar jangkauan yang suhu yang mampu diukur
Salah satu jenis termometer adalah termometer  yang pipa kaca yang di dalamnya diberi cairan, misalnya air raksa. Termometer yang dibuat juga mempunyai  skala, yaitu Celcius, Reamur, Fahrenheit atau Kelvin.



Referensi :
Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika 2 A untuk Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
Referensi gambar :
http://crushable.com/entertainment/titanic-physics-plank-jack-rose-sunk-370/
http://baihaqi-viking.blogspot.com/2011/07/termometer.html

1 komentar:

  1. Masukkan tangan kanan ke air yang panas dan tangan satunya ke air es. Kemudian, masukkan kedua tangan tersebut ke dalam baskom yang berisi air dingin. Apa yang dirasakan?

    Bagi tangan kanan air es tersebut terasa lebih sejuk sedangkan bagi tangan kiri akan terasa lebih hangat. Manakah yang benar?
    Dari kegiatan tersebut, dapat diambil kesimpulan kalau tangan (indra) tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu suatu benda.

    ucapan salah. tangan kiri setelah dari es masuk dalam air ledeng jadi hangat itu betul..tangan kanan setelah dari air pans masuk dalam air ledeng jadi sejuk itu betul juga..coba kalo kegiatan sebelumnya dihilangkan..pasti suhu air terasa sama tidak ada perbedaan bagi kedua tangan

    BalasHapus