Home » , » Metodologi Pembelajaran Fisika : Konstruktivitik dan Menyenangkan

Metodologi Pembelajaran Fisika : Konstruktivitik dan Menyenangkan

Tulisan ini merupakan ringkasan dari buku karangan Paul Suparno yang berjudul Metodologi Pembelajaran Fisika : Konstruktivistik dan Menyenangkan.

PENDAHULUAN
Kritik terhadap guru fisika baru adalah mereka kurang kompeten sebagai guru, yaitu (1) kurang menguasai bahan fisika, dan (2) kurang mampu mengajarkan bahan itu kepada siswa dengan tepat, menarik, dan efektif.
Unsur yang terpenting dalam pembelajaran yang baik adalah (1) siswa yang belajar, (2) guru yang mengajar, (3) bahan pelajaran, dan (4) hubungan antara guru dan siswa.

Mempersiapkan diri menjadi guru fisika yang profesional
1.    Penguasaan bahan fisika
2.    Mengerti tujuan pengajaran fisika
3.    Guru dapat mengorganisasi pengajaran fisika
4.    Mengerti situasi siswa
5.    Guru dapat berkomunikasi dengan siswa
6.    Guru menguasai berbagai metode

LANDASAN  TEORI PEMBELAJARAN FISIKA
1.    Filsafat konstruktivisme
2.    Teori intelegensi majemuk atau multiple intelligences
3.    Teori perkembangan kognitif Piaget
4.    Doing sciences
5.    Less is more
6.    Guru fisika sebagai pengajar dan pendidik yang demokratis
7.    Perkembangan teknologi informasi / komputer

BEBERAPA METODE PEMBELAJARAN FISIKA
Metode pembelajaran yang dipilih dipengaruhi oleh filsafat konstruktivisme, teori kecerdasan majemuk, tingkat perkembangan kognitif seseorang, relasi guru dan siswa yang lebih dialogis. Metode diurutkan  yang sangat kontruktivis sampai yang cukup konstruktivis. Metode itu antara lain adalah :
1.    Inquiry (penyelidikan)
2.    Dicovery
3.    Eksperimen atau laboratorium
4.    Simulasi – role play
5.    Fisika aneh – Fun – Misteri
6.    Permainan – games
7.    Model anomaly
8.    Model Galileo
9.    Problem solving
10.   Problem composing
11.   Model POE
12.   Kuis
13.   Simulasi komputer
14.   Internet – e-learning
15.   Video, CDROM, film
16.   Karya wisata (field trip)
17.   Pasar malam – pasar raya
18.   Lingkungan hidup
19.   Hand-on activities
20.   Model proyek
21.   Diskusi kelompok
22.   Debat
23.   Cooperative learning (belajar bersama)
24.   Peer tutoring
25.   Demontrasi
26.   Peta konsep
27.   Analogi – bridging analogi
28.   Permainan kartu
29.   Pembelajaran reflektif
30.   Ceramah siswa aktif
31.   Kegiatan penunjang lain
a.    Seminar fisika
b.    Pameran karya fisika
c.    Lomba fisika – olimpiade fisika
d.    Majalah dinding – jurnal fisika

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

21 Post a Comment:

  1. by. anndri kavifa

    assalamulaikum . maaf untuk LANDASAN TEORI PEMBELAJARAN FISIKA tidak ada pembahasan nya...?

    email : assifa.andriana@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Waalaikum salam Wr.Wb
    Terima kasih atas apresiasinya..
    Kami akan coba menuliskan (baca meringkas) secara bertahap beberapa landasan teori dalam pembelajaran fisika

    BalasHapus
  3. tu pengarangnya siapa?
    ada ga bukunya digramed?

    BalasHapus
  4. Paul Suparno..ada di sampul buku tersebut
    Mungkin buku tersebut sudah gak beredar lagi..wong saya belinya sudah agak lama

    BalasHapus
  5. tolong dong upload bukunya saya butuh banget tp gak tau nyari bukunya di mana sekitar jakarta

    BalasHapus
  6. Wah upload buku gak berani..melanggar hak cipta..

    BalasHapus
  7. iya tapi buku udah saya cari disekitar jakarta gak ada mas??

    BalasHapus
  8. Kalau gak salah Paul Suparno mengeluarkan buku yang hampir sama, tapi membahas tentang IPA.
    ---Seandainya dekat sebenarnya bisa main ke rumah..
    Gimana enaknya?

    BalasHapus
  9. bisa gak tolong scan bukunya tolong kirim ke e-mail saya nishacliquers@ymail.com,, yg saya butuhin..
    - Couver,
    - ISBN, tahun terbit buku
    - daftar isi dan
    - materi tentang hands on activity yang paling aku butuhin metodenya mas??
    aku udah cari2 yang buku mas punya udah gak ada lagi padahal terbitan 2007.. Tolong bantu saya, soalnya judul proposal saya metode itu mas??
    tolong di bales ya mas??

    BalasHapus
  10. Purbalingga...
    Untuk Landasan teori pembelajaran fisika gak ada yang dibutuhkan?

    BalasHapus
  11. Jauh amat mas??
    yang aku butuhkan teori tentang Hand-on activities aja mas.. Mohon bantuannya ya mas ^_^
    sebelumnya makasih ^_^

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Mas arsyad tolong scanin buku itu 1 buku buat saya skripsi mas

    BalasHapus
  14. pak itu buku terbitan tahun berapa yah?
    aku pinjem tapi gak ada sampulnya.
    maksih

    BalasHapus
  15. MAs arsyad, saya juga butuh buku ini. Bisa gak mnta tolong juga scan atau copy buku ini buat saya, saya btuh banget

    BalasHapus
  16. Kemaring2 aku nemu di gramedia..buku tersebut edisi terbarunya

    BalasHapus
  17. @mbak romi dari pada melangggar hak cipta nge scan 1 buku nya romo paul mending demi kelancaran skripsinya mbak kalo buku nya ndak terbit lagi ,,langsung ketemu dengan penulisnya saja,,,beliau dosen saya,,,,romo paul suparno kan tinggal di Yogya,sekalian bisa di beri ide,,bisa jadi,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Edisi yang baru saya sudah beli.

      Hapus
    2. Mas kalo yg edisi revisi nya ada nggak pembahasan model peo

      Hapus
    3. Mas kalo yg edisi revisi nya ada nggak pembahasan model peo

      Hapus

Channel Youtube

Postingan Acak

Total Tayangan Halaman

Pengikut