BELAJAR IS FUN

BELAJAR IS FUN



Belajar is fun - foto koleksi penulis

Asumsi Dasar
  • Anda memiliki kekuatan pikiran yang luar biasa
  • Otak Anda bisa sekelas otaknya ilmuwan, seperti Einstein maupun Hawking.
  • Keahlian bisa dicapai melalui latihan yang terus diulang-ulang
  • Belajar berarti menciptakan pengetahuan secara aktif, bukan pasif mengumpulkan informasi
  • Bukan sendiri tetapi kerja sama sesama pembelajar akan meningkatkan hasil belajar
  • Kegagalan akan menjadi jalan menuju keberhasilan
Mengenal 8 Kecerdasan

-    Logis matematis
-    Linguistik
-    Interpersonal
-    Intrapersonal
-    Musikal
-    Naturalis
-    Spasial
-    Kinestetis

Kenali Modalitas Belajar Anda
Visual : belajar dengan cara melihat
Auditorial : belajar dengan cara mendengar
Kinestetik : belajar dengan aktif bergerak maupun menyentuh
Ciptakan AMBAK = Apa Manfaatnya Bagi Ku
Segala sesuatu yang akan dikerjakan harus bermanfaat atau Anda tidak mau melakukannya.

Ketrampilan dalam belajar
1. Membaca
Halangan dalam membaca
  • Membaca itu sulit
  • Tidak boleh menggunakan jari
  • Mengeja kata per kata
  • Baca pelan-pelan untuk memahami isinya
Kiat-kiat untuk Membaca
  • Siapkan diri
  • Minimalkan gangguan
  • Duduk dengan tegak
  • Luangkan waktu lebih dulu untuk menenangkan pikiran
  • Gunakan jari tangan atau penunjuk yang lain
  • Lihat sekilas buku/bahan bacaan Anda sebelum mulai membaca
2. Mencatat
Cara Membuat Peta Pikiran
  • Buat lingkaran di tengah-tengah kertas sebagai gagasan utama
  • Tambahkan satu cabang dari pusat untuk tiap gagasan kunci (gunakan berbagai warna)
  • Tuliskan kata kunci (boleh juga frase) pada tiap cabang. Kembangkan untuk menambah detailnya
  • Tambahkan gambar, simbol atau ilustrasi lain
  • Gunakan huruf kapital
  • Gagasan penting ditulis dengan huruf besar
  • Buatlah semenarik mungkin peta pikiran Anda
  • Garis bawahi kata-kata kunci dan tebali
  • Berani untuk berkreasi
  • Gunakan bentuk acak 
  • Buat peta pikiran secara horizontal
3. Menghafal
Teknik Asosiasi
Akronim dan Kalimat-Kalimat Kreatif

Memainkan Violin Bisa Memunculkan Jalinan Suara Unik Namun (Pasti)
Memainkan Volley Ball Membuat Jantung Sehat Untuk Nenek (Peot)
Merkurius Venus Bumi  Mars Jupiter  Saturnus Uranus Neptunus Pluto

Tikus Suka Makan Termos Es
Troposfer  Strafosfer MesosferTermosfer Eksosfer

Bagaimana Mempelajari Buku Teks
1.   Cari gambaran besarnya dulu
-    baca judul, kata pengantar maupun pendahuluan
-    amati daftar isinya
-    awali dari bab pertama dan baca sekilas buku itu
-    pada akhir bab, baca ringkasannya
2.  Mulai dari bab yang dibutuhkan
3.  Bangun informasi sesuai kebutuhan
4.  Libatkan emosi

Mengatur Waktu Belajar
1.    Tetapkan sasaran yang SMART
Sasaran dibuat sesuai waktu yang tersedia
2.    Tetapkan waktu belajar sesua kebutuhan
3.    Manfaatkan sisa waktu
4.    Buatlah kalender belajar
5.    Rutin dalam belajar
6.    Laksanakan sekarang
MENUNDA = MASALAH
  • Buang alasan untuk menunda
  • Gunakan kalimat positif
  • Bagilah sasaran besar menjadi bagian-bagiannya
  • Tetapkan prioritas
  • Terorganisir
Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Singkirkan yang lain.
  • Buatlah komitmen
  • Rayakan kemenangan
Menguji
  • Buat peta belajar
  • Belajar bersama
  • Mengajar/memberitahu

Sekali Lagi Mengenai Belajar
  • Temukan manfaat
  • Beri pujian untuk diri sendiri
  • Buat tempat yang nyaman untuk belajar
  • Pahami gaya belajarmu
  • Gunakan peta pikiran maupun catatan : TS
  • Anggap menulis sebagai aktivitas yang menyenangkan
  • Pahami kecepatan membacamu
  • Selalu berpikir kreatif
  • Ingat-ingat untuk selalu mengingat

Sumber Bacaan
De Porter, Bobbi. 1992. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Terjemahan). Bandung : Kaifa
Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategi : Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Armstrong, Thomas. 2003. Sekolah Para Juara : Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan (Terjemahan). Bandung : Kaifa
Madden, Thomas L. 2002. F.I.R.E – U.P Your Learning : an Accelerated Learning Action Guide (Terjemahan). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook : Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan (Terjemahan). Bandung : Kaifa

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Channel Youtube

Postingan Acak

Total Tayangan Halaman

Pengikut