Apakah Kecerdasan Itu?

Apakah Kecerdasan Itu?

Howard Gardner (Sumber : hu.wikipedia.org)

Dalam teori Multiple Intelligence yang dikemukakan oleh Howard Gardner terdapat delapan jenis kecerdasan, yaitu :
1.    Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan linguistik berhubungan dengan keahlian menggunakan kata-kata/kalimat yang efektif. Misalnya ditemukan pada juru dongeng, penulis,  editor, orator maupun wartawan.

2.    Kecerdasan Matematis-Logis
Kecerdasan Matematis-Logis berhubungan dengan keahlian  menggunakan angka dan melakukan penalaran. Ditemukan misalnya pada akuntan, ilmuwan, programer, ahli matematika dan ahli logika.

3.    Kecerdasan Spasial
Kecerdasan Spasial; berhubungan keahlian dalam menangkap dunia spasial-visual serta menggambarkannya kembali. Ditemukan misalnya pada seniman, penemu, pemburu, pramuka, arsitek dan sebagainya.

4.    Kecerdasan Kinestetis-Jasmani.
Kecerdasan kinestetis-jasmani berhubungan dengan keahlian menggunakan tubuh untuk mengekspersikan ide/peraasaan dan ketrampilan membuat sesuatu. Ditemukan misalnya pada aktor film, penari, atlet, pemating, dokter bedah dan lainnya.

5.    Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musikal berhubungan dengan cara menangani bentuk-bentuk musik, seperti mempersepsi, membedakan, menggubah sampai mengekspresikan. Ditemukan misalnya pada penyanyi, penikmat musik, komposer maupun kritikus musik.

6.    Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan Interpersonal berhubungan dengan kemampuan memahami suasana hati, maksud, maupun perasaan orang lain. Kemampuan ini dapat dilihat pada konselor maupun pemimpin politik.

7.    Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal berhubungan dengan kemampuan memahami diri sendiri. Ditemukan misalnya pada psikoterapis dan pemimpin agama.

8.    Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan naturalis berhubungan dengan mengenali dan mengklasifikasi berbagai spesies hewan maupun tumbuhan. Ditemukan misalnya pada peneliti, ahli biologi maupu aktivis lingkungan.

Yang perlu disadari adalah setiap orang memiliki kedelapan kecerdasan itu. Dan kecerdasan tersebut bukan harga mati. Kecerdasan pada setiap orang sangat mungkin untuk tumbuh dan berkembang.

Tes IQ yang mungkin pernah kita lakukan hanyalah menggambarkan sedikit dari kecerdasan yang dimiliki manusia, khususnya untuk menguji kemampuan verbal dan logis matematis.

Menurut Gardner, kecerdasan berkaitan dengan   (1) memecahkan masalah dan (2) menciptakan produk di lingkungan yang kondusif dan alamiah.

Ingat bahwa kedelapan kecerdasan tersebut mempunyai tingkat yang sama. Tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah.

Penelitian oleh pakar accelerated learning (pembelajaran yang dipercepat) menunjukkan bahwa bila semua kecerdasan itu ditumbuhkan dan dikembangkan akan meningkatkan efektivitas dan hasil pembelajaran.

Catatan : kedelapan kecerdasan tersebut terus bertambah, misalnya sudah muncul istilah kecerdasan eksistensial.

Sumber :
Armstrong, Thomas. 2003. Sekolah Para Juara : Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan. Bandung : Kaifa
Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategi : Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Channel Youtube

Postingan Acak

Total Tayangan Halaman

Pengikut